uefau17.com

Beredar Hoaks Dukungan untuk Para Capres-Cawapres, Simak Daftarnya - Cek Fakta

, Jakarta- Peredaran hoaks seputar calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) semakin beragam menjelang Pemilu 2024, kondisi ini dapat mengganggu jalannya pesta demokrasi.

Cek Fakta pun telah mengungkap sejumlah hoaks seputar capres-cawapres, setelah melakukan penelusuran pada sejumlah informasi yang beredar di media sosial. Salah satu informasi bohong yang muncul berupa dukungan terhadap capres-cawapres.

Berikut kumpulan hoaks terkini seputar dukungan pada capres-cawapres Pemilu 2024.

Poster Sri Mulyani Berikan Imbauan untuk Mencoblos Pasangan Ganjar-Mahfud

 Beredar di media sosial postingan poster dukungan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Capres - Cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 21 Januari 2024.

Dalam postingannya terdapat poster Sri Mulyani dengan narasi sebagai berikut:

"Dr Srimulyani: Sudah Gak Usah Tengok Kanan Kiri Tanggal 14 Prebuari 2024 Masuk Bilik Suara Coblos No 3 Ganjar-Mahfud"

Akun itu juga menambahkan narasi "Orang BAIK dan CERDAS (Menteri Keuangan DR SRI MULYANI)pasti pilih 03 Ganjar Mahfud...good job"

Lalu benarkah postingan poster dukungan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Capres - Cawapres, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD? Simak hasil penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video SBY Arahkan Coblos Capres-Cawapres Nomor Urut 1

Cek Fakta mendapati klaim video Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 5 Desember 2023.

Klaim video SBY arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau AMIN, menampilkan SBY berbicara "coblos nomor satu" dengan mengacungkan jari telujuk dari tangan kanannya.

Dalam video tersebut terdapat tulisan  sebagai berikut.

"salam perubahan untuk persatuan

Siap pak sy Akan Coblos No. 1"

Dalam video tersebut juga disertakan foto pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Benarkah klaim video SBY arahkan coblos pasangan capres-cawapres nomor urut 1 AMIN? Simak hasil penelusuran Cek Fakta dalam halaman berikut ini......

 

3 dari 4 halaman

Barack Obama Buka Tirai Bergambar Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar

Beredar di media sosial postingan video mantan Presiden AS, Barack Obama membuka tirai berisi gambar Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 November 2023.

Dalam postingannya terdapat video Obama sedang membuka tirai bergambar pasangan Anies dan Muhaimin disertai narasi:

"Barak Obama Ja pilih Amin apalagi rakyat Indonesia. Alhamdulillah Obama dukung Amin"

Akun itu menambahkan narasi "Barak Obama aja memilih Amin dan Anis..."

Lalu benarkah postingan video mantan Presiden AS, Barack Obama membuka tirai berisi gambar Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar? Simak dalam artikel berikut ini...

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat