uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Sertifikasi Dicabut MJC McDonald’s Tak Halal - Cek Fakta

, Jakarta- Cek Fakta mendapati klaim sertifikasi dicabut MJC McDonald’s tidak halal, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 31 Oktober 2023.

Unggahan klaim sertifikasi dicabut MJC McDonald’s tidak halal berupa tulisan sebagai berikut.

"Dengan dicabutnya sertifikat HALAL oleh Amerika sendiri, maka _Mc Donald menjadi tidak halal lagi_.

*AMERIKA TELAH MENCABUT SERTIFIKAT HALAL TERHADAP PRODUK2 MC DONALD*.*BERITA PENTING!!!*

*Dewan Yudisial Muslim (MJC) & IQSA telah mencabut sertifikasi dari _McDonald, KFC, dominos & Pizza Hut_*

*Menurut kajian staf dapur di Florida, Amerika, bahan2 McDonald telah memperlihatkan bukti positif mengandung bahan dr DAGING BABI yg disebut "LM10" yg digunakan di dlm mayones McDonald.*

*Para pejabat resmi McDonald AfSel telah memastikan bhw slruh bahan baku saus diimpor dr Amerika. Para pelanggan Muslim dihimbau utk tdk mengkonsumsi McDonald.*

Dewan Yudisial Muslim (MJC) & IQSA juga telah menarik sertifikasi di slruh negeri. Ini skrg jd tugas anda memberitahukan org lain."

Klaim tersebut pun menapilkan foto bertuliskan "LEMBAGA PENGKAJIAN PANGAN OBAT-OBATAN DAN KOSMETIKA MAJELIS ULAMA INDONESIA".

Benarkah klaim sertifikasi dicabut MJC McDonald’s tidak halal? Simak penelusuran Cek Fakta .

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim sertifikasi dicabut  MJC McDonald’s tidak halal, dengan mengunjungi situs resmi Muslim Judicial Council Halal Trust (MJCHT) mjchalaaltrust.co.za, halaman situs tersebut menyebutkan McDonald’s menyadang status halal.

Lembaga Pengawasan Obat-obatan, Makanan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia ( LPPOM MUI) pun telah memberikan klarifikasi terkait dicabutnya sertifikasi halal McDonald’s. Dalam tulisan berjudul "Klarifikasi Hoax MCD, KFC, Domino’s, dan Pizza Hut" yang dimuat situs Halalmui.org.

Berikut isinya:

"Assalamu’alaikum wr. wb.

Segala Puji bagi Allah SWT yang selalu memberikan Rahmat dan Lindungan-Nya dalam setiap aktivitas yang kita  kerjakan dan semoga segala kebaikan tetap bersama kita.

Menyikapi isu yang berkembang di masyarakat perihal adanya kandungan babi yaitu LM 10 di dalam mayonaise pada menu-menu restoran McDonald’s, KFC, Domino’s Pizza, dan Pizza Hut, dengan ini kami sampaikan bahwa:

1. Isu tersebut merupakan isu yang ditujukan kepada restoran McDonald, KFC, Domino’s Pizza, dan Pizza Hut di Amerika dan Afrika Selatan bukan di Indonesia. 

2. Berdasarkan hasil audit/penelusuran bahan tidak ditemukan adanya kandungan babi sehingga MUI mengeluarkan sertifikat halal/ketetapan halal dengan rincian sebagai berikut:       

             a. Restoran McDonald’s, dengan nomor Sertifikat Halal MUI ID00410000002031019 melalui pemeriksaan LPH LPPOM MUI. 

             b. Restoran KFC, dengan nomor Sertifikat Halal MUI ID00420000185770121 melalui pemeriksaan LPH LPPOM MUI.

             c. Restoran Domino’s Pizza, dengan nomor Sertifikat Halal MUI ID00420000187430621 melalui pemeriksaan LPH LPPOM MUI.

             d. Restoran Pizza Hut, dengan nomor Sertifikat Halal MUI ID00410000275770621 melalui pemeriksaan LPH LPPOM MUI."

Penelusuran juga mengarah pada tulisan berjudul "Klarifikasi McDonald’s atas isu Dewan Yudisial Muslim (MJC) dan IQSA telah mencabut sertifikasi dari McDonald's" yang dimuat situs resmi McDonald’s Indonesia mcdonalds.co.id. Situs resmi McDonald’s Indonesia menyebutkan, berita tersebut adalah hoaks, dan sudah diklarifikasi oleh lembaga terkait (MJC).

Sejak 1994 McDonald’s Indonesia dijamin kehalalannya oleh lembaga MUI yang diperpanjang setiap dua tahun sekali. Karena itu, McDonald’s Indonesia menjamin bahwa setiap produk yang disajikan dan juga bahan baku yang digunakan oleh semua restoran McDonald’s di seluruh Indonesia adalah halal.

Tulisan tersebut disertai dengan tautan tulisan berjudul "McDonald’s halaal warning a hoax" yang dimuat situs ol.co.za, dalam tulisan MJC Halaal Trust (MJCHT) mengatakan pesan tersebut hanyalah sebuah “tipuan jahat dan kehilangan kebenaran”.

“MJC Halaal Trust mengonfirmasi bahwa semua restoran McDonald’s di Afrika Selatan adalah restoran halal asli. Hal ini dilakukan sejak 1 Januari 2008. Kami telah menyelidiki dokumentasi pendukung halal dari pemasok dan operasi McDonald’s dan oleh karena itu dapat membuktikan bahwa mereka mematuhi kontrol halal dan standar kebersihan yang ketat,” kata Sheikh Achmat Sedick.

Sumber:

https://mjchalaaltrust.co.za/halal-status-mcdonalds-sa/?fbclid=IwAR11PMiJIZj9RzG73xN2fbvjOIUcUB4-XrDlTxoo-8zqGycuVF44or7a4rY

https://halalmui.org/klarifikasi-hoax-mcd-kfc-dominos-dan-pizza-hut/

https://mcdonalds.co.id/newsroom/media-statement/klarifikasi-mcdonalds-atas-isu-dewan-yudisial-muslim-mjc-dan-iqsa-telah-mencabut-sertifikasi-dari-mcdonalds

 http://www.iol.co.za/news/south-africa/western-cape/mcdonalds-halaal-warning-a-hoax-2073783

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim sertifikasi dicabut MJC McDonald’s tidak halal tidak benar.

Dokumen MJCHT menyatakan McDonald’s menyadang status halal dan berdasarkan hasil audit bahan oleh LPPOM MUI  tidak ditemukan adanya kandungan babi sehingga MUI mengeluarkan sertifikat halal.Isu tersebut merupakan isu yang ditujukan kepada restoran McDonald, KFC, Domino’s Pizza, dan Pizza Hut di Amerika dan Afrika Selatan bukan di Indonesia. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat