uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Megawati Resmi Pasangkan Ganjar dengan Mahfud MD - Cek Fakta

, Jakarta - Video yang diklaim Megawati Soekarnoputri resmi menduetkan Ganjar Pranowo dengan Menko Polhukam Mahfud MD sebagai pasangan bakal capres-cawapres pada Pilpres 2024 beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 16 September 2023.

Video berdurasi 11 menit 5 detik itu menampilkan gambar thumbnail beberapa tokoh politik, di antaranya Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Partai Perindo Harry Tanoesoedibjo, Ganjar Pranowo, dan Mahfud Md.

Dalam gambar itu Ganjar mengenakan kemeja PDIP sedangkan Mahfud memakai setelan jas berwarna hitam. Keduanya tampak mengenakan kalung bunga, seakan-akan telah diresmikan sebagai pasangan capres-cawapres.

"BREAKING NEWS!!

TIDAK MAU JADI TUMBAL POLITIK

PDIP RESMIKAN PASANGAN GANJAR-MAHFUD MD DI PILPRES 2024," demikian narasi dalam video tersebut.

"Sah PDIP Tidak Mau Jadi Tu-mb-al Politik, Megawati Resmi Pasangkan Ganjar-Mahfud MD," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook telah 5.100 kali ditonton dan mendapat 25 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu Megawati resmi menduetkan Ganjar dengan Mahfud Md sebagai pasangan bakal capres-cawapres? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri video yang diklaim Megawati resmi menduetkan bakal capres PDIP Ganjar Pranowo dengan Menko Polhukam Mahfud MD sebagai pasangan bakal capres-cawapres pada Pilpres 2024.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar thumbnail dari video tersebut ke situs Yandex. Hasilnya terdapat beberapa gambar identik yang ditemukan di beberapa situs berita.

Misalnya saja, gambar Ganjar yang tengah mengenakan seragam PDIP dan kalung bunga. Ternyata gambar itu identik dengan gambar yang dimuat artikel berjudul "Hadiri Acara Konsolidasi PDI-P DKI, Ganjar Pranowo Diteriaki "Presiden" oleh Kader Partai" yang dimuat situs kompas.com pada 4 Juni 2023.

Berikut gambar tangkapan layarnya.

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs kompas.com.</p>

Gambar Mahfud Md yang tengah mengenakan kalung bungan juga identik dengan video berjudul "Datang ke Kemenkopolhukam, Mahfud MD Disambut dan Diberi Kalung Bunga" yang diunggah channel YouTube Tribunnews pada 24 Oktober 2019 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya.

<p>Gambar tangkapan layar video dari channel YouTube Tribunnews.</p>

Sementara gambar Hary Tanoe dan Megawati juga identik dengan video berjudul "BREAKING NEWS: Rapat Perdana Pendukung Capres Ganjar, Megawati Hadir hingga Boyong Arsjad-Andika" yang dimuat channel YouTube Tribunnews pada 13 September 2023 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya.

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Tribunnews.</p>

Di sisi lain, dalam video berdurasi 11 menit 5 detik itu tidak terlihat Megawati dan partai-partai pendukung koalisi resmi menduetkan Ganjar dengan Mahfud Md sebagai pasangan bakal capres-cawapres.

Narasi yang disampaikan narator dalam video tersebut ternyata mirip dengan artikel berjudul "Panda Nababan: Mahfud MD Penuhi 3 Syarat Kriteria Cawapres Ganjar" yang dimuat situs Indonesia.com pada 12 September 2023.

 

Referensi:

https://www.Indonesia.com/nasional/20230912075243-617-997759/panda-nababan-mahfud-md-penuhi-3-syarat-kriteria-cawapres-ganjar

https://www.youtube.com/watch?v=G-lVl_v9lCw

https://megapolitan.kompas.com/read/2023/06/04/12275051/hadiri-acara-konsolidasi-pdi-p-dki-ganjar-pranowo-diteriaki-presiden-oleh

https://www.youtube.com/watch?v=p3BMeNDGv58

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim Megawati Soekarnoputri resmi menduetkan bakal Ganjar Pranowo dengan Menko Polhukam Mahfud MD sebagai pasangan bakal capres-cawapres pada Pilpres 2024 ternyata tidak benar.

Faktanya, video tersebut merupakan hasil editan dengan menambahkan narasi seakan-akan Megawati dan partai koalisi telah resmi mendeklarasikan Ganjar dengan Mahfud MD sebagai pasangan bakal capres-cawapres. Hingga kini, PDIP dan partai koalisi lainnya masih menggodok dan menyeleksi tokoh-tokoh yang cocok mendampingi Ganjar pada Pilpres 2024.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat