uefau17.com

Deretan Informasi Palsu Mengatasi Keterlambatan Bicara pada Anak - Cek Fakta

, Jakarta - Sejumlah informasi palsu atau hoaks soal cara mengatasi keterlambatan bicara pada anak beredar di media sosial.

Satu di antaranya memijat wajah dan telinga bisa yang diklaim mengatasi keterlambatan bicara pada anak. Klaim tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Mei 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah sebuah video berisi tata cara memijat wajah dan telinga yang diklaim bermanfaat mengatasi keterlambatan bicara pada anak.

Video berdurasi 1 menit 39 detik itu, memperlihatkan seorang anak tengah dipijat di bagian wajahnya. Mulai dari dagu, hidung, pipi, hingga bagian telinga.

"Bagi yg punya anak

speech delay

atau mengalami keterlambatan berbicara..

silahkan di coba

pelan2 yah," tulis salah satu akun Facebook.

Video yang diunggah akun Facebook tersebut telah 3 juta kali ditonton dan mendapat 47 komentar warganet.

Namun setelah ditelusuri, klaim memijat wajah dan telinga bisa mengatasi keterlambatan bicara pada anak ternyata tidak benar. Faktanya, hal tersebut hanya mitos belaka dan tidak bisa mengatasi keterlambatan bicara pada anak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terapi Pijat Telinga Tidak Bisa Mengatasi Keterlambatan Bicara pada Anak

Klaim tentang terapi pijat telinga dapat mengatasi keterlambatan bicara pada anak beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan salah satu akun Facebook pada 3 Mei 2019 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar telinga anak yang tengah dipijat. Gambar tersebut kemudian ditambahkan narasi berisi tata cara memijat telinga untuk mengatasi keterlambatan bicara pada anak.

"Assalamu'alaikum

Yang Punya Anak Keterlambatan Ngomong Ini Terapinya.

-Di Tekuk Telinga Sebelah Kanan 8×

-Di Pijat Dari Atas Ke Bawah 8×.... lanjut Di Pijat Dari bawah Ke Atas 8×

-Di Tarik Ke Belakang 8×-Tekan Tengahnya 8×

-Tekuk Bagian Luarnya Masukkan Ke Dalam 8×

↪️Untuk telinga sebelah kiri-Nya begitu juga... lakukan secara rutin... Gk ada proses yang instan 🙏🙏😊Semoga bermanfaat untuk kita semua

Silahkan d coba 🙏," tulis salah satu akun Facebook.

Setelah ditelusuri, klaim tentang terapi pijat telinga dapat mengatasi keterlambatan bicara pada anak ternyata tidak benar. Tidak ada penelitian mengenai terapi pijat telinga dapat mengatasi keterlambatan bicara pada anak.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat