uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Jutaan Orang di Afrika Rayakan Maulid Nabi Muhammad - Cek Fakta

, Jakarta- Cek Fakta mendapati klaim foto jutaan orang di Afrika merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Klaim tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 21 Oktober 2021.

Klaim foto jutaan orang di Afrika merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang diunggah berupa foto yang diambil dari sudut pandang atas pada lahan terbuka, terlihat titik titik memenuhi lahan tersebut.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"MASYA ALLAH 😍😍😍 ... Kisah Puluhan Juta Umat Islam Di Afrika Hadiri Acara Maulid Nabi Besar Muhammad S.A.W... Semoga Kita Semua Berkumpul Disurga Bersama Rasulullah Aminn Bagikan Biar Viral Sahabt 👇👇👇👇👇"

Foto tersebut merupakan bagian dari tautan artikel berjudul "MASYA ALLAH... Kisah Puluhan Juta Umat Islam Di Afrika Hadiri Acara Maulid Nabi Besar Muhammad S.A.W" yang dimuat situs bingkayanislam227.blogspot.com.

Berikut isi artikel tersebut:

"Maulid Nabi Besar Muhammad SAW kerap diperingati sebagian muslim di Indonesia setiap tahunnya. Perayaan kelahiran Rasulullah ini memang tidak dianjurkan dalam Islam, ini hanya sebuah tradisi sebagai bentuk kecintaan umat terhadap kanjeng nabi.

Tradisi memeringati maulid Nabi Muhammad SAW tidak hanya dilakukan bagi umat Islam di Indonesia. Di belahan dunia lain sejumlah negara juga melakukan hal yang sama.

MASYALLAH.. PULUHAN JUTA UMMAT ISLAM D AFRIKA HADIRI ACARA MAULID NABI BESAR MUHAMMAD SAWSabtu, 16 Oktober 2021 JAKARTA – Maulid Nabi Besar Muhammad SAW kerap diperingati sebagian muslim di Indonesia setiap tahunnya. Perayaan kelahiran Rasulullah ini memang tidak dianjurkan dalam Islam, ini hanya sebuah tradisi sebagai bentuk kecintaan umat terhadap kanjeng nabi.Tradisi memeringati maulid Nabi Muhammad SAW tidak hanya dilakukan bagi umat Islam di Indonesia. Di belahan dunia lain sejumlah negara juga melakukan hal yang sama."

Okezone merangkum sejumlah peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di berbagai dunia yang dihimpun dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Afrika Selatan memiliki tradisi sendiri. Di negara ini wanita muslim dan anak-anak di Cape Town akan memakai baju terbaik untuk mengingat kebesaran rasul.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Afrika Selatan memiliki tradisi sendiri. Di negara ini wanita muslim dan anak-anak di Cape Town akan memakai baju terbaik untuk mengingat kebesaran rasul.

Disana masyarakat yang telah menggunakan pakaian terbaiknya akan membuat upacara Rampies,Setelah itu, mereka akan membungkus potongan tersebut dalam plastik kecil atau kertas mirip permen untuk diberikan kepada pria. Selama upacara tersebut dilakukan, mereka harus mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad SAW."

Benarkah klaim foto jutaan orang di Afrika merayakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW? Simak penelusuran Cek Fakta .

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta  menelusuri klaim foto jutaan orang di Afrika merayakan Maulid Nabi Muhammad, dengan menggunakan Google Image.

Cek Fakta  menelusuri klaim foto jutaan orang di Afrika merayakan Maulid Nabi

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "مراسم باشکوه جشن میلاد پیامبر اکرم(ص) درمساجد کشورهای عربی/2" yang dimuat situs shabestan.ir, pada 15 Oktober 2014.

Artikel situs tersebut memuat sejumlah foto, salah satunya identik dengan klaim.

Cek Fakta  menelusuri klaim foto jutaan orang di Afrika merayakan Maulid Nabi

 Situs shabestan.ir mwnywbutkan, foto tersebut merupakan perayaan Maulid Nabi dengan cara yang luar biasa di Yaman.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "ตุรกี เยเมน และมุสลิมอีกหลายชาติ ร่วมเฉลิมฉลองยิ่งใหญ่วันเมาลิดุนบี" yang dimuat situs abnewstoday.com, pada 6 Januari 2015. Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan klaim.

Cek Fakta  menelusuri klaim foto jutaan orang di Afrika merayakan Maulid Nabi

Artikel situs abnewstoday.com menyebutkan, aktivis Yaman telah merilis foto dari udara perayaan Maulid Nabi yang agung dan indah dalam sejarah Sana'a Ibukota Yaman.

Kantor berita Al Alam melaporkan bahwa foto-foto ini diambil oleh para aktivis yang dekat dengan Ansarullah. Publikasi Yaman menunjukkan kehadiran besar warga Yaman. Dalam perayaan akbar yang belum pernah terjadi sebelumnya ini yang diadakan di Sana'a ibu kota yaman

Menurut kata-kata para aktivis Gambar-gambar ini ditangkap oleh helikopter yang terbang di atas lokasi perayaan.

Penelusuran isi artikel

Cek Fakta juga menelusuri isi artikel berjudul "MASYA ALLAH... Kisah Puluhan Juta Umat Islam Di Afrika Hadiri Acara Maulid Nabi Besar Muhammad S.A.W" yang dimuat situs bingkayanislam227.blogspot.com.

Dalam artikel tersebut terdapat petunjuk sumber artikel berasal dari situs Okezone.com, penelusuran dilanjutkan dengan mencari artikel Okzone.com yang dijadikan sumber.

Ditemukan artikel berjudul "Tradisi Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Berbagai Negara, Indonesia Paling Beragam" yang dimuat situs Okezone.com.

Artikel Okezone.com tersebut mengulas tentang tradisi seputar perayaan Maulid Nabi Muhammad dari sejumlah daerah dan negara.

 

Sumber:

http://shabestan.ir/detail/news/429251

https://www.abnewstoday.com/2840

https://muslim.okezone.com/read/2021/10/14/614/2486193/tradisi-perayaan-maulid-nabi-muhammad-di-berbagai-negara-indonesia-paling-beragam?page=2

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim foto jutaan orang di Afrika merayakan Maulid Nabi Muhammad tidak benar.

Foto tersebut merupakan perayaan Maulid Nabi Muhammad di Yaman, artikel yang menyertakan foto tersebut juga tidak berisi tentang jutaan orang di Afrika merayakan Maulid Nabi Muhammad, tetapi tentang tradisi perayaan Maulid Nabi Muhammad di sejumlah daerah dan negara.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat