uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Ini Foto Pria 91 Tahun dan Istrinya yang Gagal Ibadah Haji - Cek Fakta

, Jakarta - Cek Fakta mendapati foto yang diklaim pria 91 tahun dan istrik gagal ibadah haji. Foto tersebut diunggah akun Facebook Arifin Dwi Cahyono, pada 8 Juni 2021.

Foto pria 91 tahun dan istri gagal ibadah haji menampilkan sorang lelaki dan perempuan yang telihat sudah lanjut usia sedang menunjukan KTP.

Dalam foto tersebut terdapat keterangan sebagai berikut:

"Kisah haru

Pria 91 thn menabung selama 30 thn agar bisa berhaji dengan istri...

Akhirnya cuma bisa menangis karena gagal haji"

Benarkah klaim foto pria 91 tahun dan istri gagal ibadah haji? Simak penelusuran Cek Fakta .

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim foto pria 91 tahun dan istri gagal ibadah haji, dengan menggunakan Google Image dan Yandex. Namun, tidak ditemukan situs yang memberikan keterangan yang valid terhadap foto tersebut.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Pria 91 tahun haji'. Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Kisah Romantis Pria 91 Tahun Menabung 30 Tahun Demi Berhaji dengan Istri" yang dimuat situs , pada 29 Juli 2018.

Artikel situs memuat foto yang identik dengan klaim, foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Ahmadi dan Istrinya, Sartoyah, jemaah haji asal Tambak, Banyumas berangkat haji bersama pada 2018 ini. (Foto: /Muhamad Ridlo)"

 

Cek Fakta  menelusuri  klaim foto pria 91 tahun dan istri gagal haji

 

Artikel situs menyebutkan, dalam foto tersebut adalah Ahmadi, veteran berusia 91 tahun, yang kini berprofesi sebagai penjaga makam. Pria sepuh asal Desa Gumelar Lor Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini dapat  berangkat haji dengan istri tercinta Sartoyah pada 2018.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim foto pria 91 tahun dan istri gagal ibadah haji tidak benar.

Dua orang lansia dalam foto tersebut justru telah menunaikan ibadah haji pada 2018.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

 merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA  di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat