uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Lagu Corona Milik Bimbo Diciptakan 30 Tahun Lalu - Cek Fakta

, Jakarta - Kabar tentang virus corona COVID-19 dari Bimbo beredar di media sosial. Bimbo dikabarkan sudah menciptakan lagu tersebut 30 tahun lalu.

Informasi ini beredar di dalam pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp sejak 10 April 2020 lalu.

Berikut narasinya:

Lagu "corona" dr Bimbo.. dulu hanya dianggap sbg lagu.. ternyata skrg terbukti.. Lagu 30 th yl jadi kenyataan sekarang, luar biasa...Subhanallah

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim tentang lagu corona dari Bimbo sudah diciptakan 30 tahun lalu.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs Google Search dengan memasukkan kata kunci "lagu corona Bimbo". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai hal tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Heboh Lagu Bimbo soal Virus Corona Diciptakan 30 Tahun Lalu, Ini Faktanya" yang ditayangkan situs pada 10 April 2020.

, Jakarta - Dunia maya dihebohkan dengan munculnya sebuah lagu yang dinyanyikan Bimbo. Lagu tersebut menceritakan mengenai virus Corona yang merebak di berbagai penjuru dunia dan juga Indonesia.

Hebohnya, dalam keterangan di lagu tersebut, Bimbo dikabarkan sudah menciptakan lagu tersebut sejak 30 tahun yang lalu. Kemunculan lagu tersebut dianggap sebagai sebuah pertanda sejak lama.

Namun, klarifikasi akhirnya muncul dari personel grup musik asal Bandung, Acil. Dalam keterangannya Acil Bimbo membenarkan lagu tersebut dinyanyikan oleh Bimbo.

“Tapi itu lagu baru. Bukan lagu yang diciptakan 30 tahun yang lalu,” ujar Acil Bimbo, seperti dikutip , Jumat (10/3/2020).

Perwakilan keluarga Bimbo juga menjelaskan bahwa lagu tersebut diciptakan oleh Syam, Acil, dan Jaka belum lama ini di studio Batu Nunggal, Bandung, Jawa Barat.

“Lagu itu memang khusus bercerita soal virus Corona,” ujarnya.

Bahkan, diceritakan bahwa Bimbo menciptakan lagu tersebut karena diminta oleh Kepala Gugus Tugas Covid-19, Doni Monardo.

“Lagu soal Corona itu diminta oleh Kepala Gugus Tugas, Doni Monardo,” katanya.

Bimbo pun berterimakasih karena lagu Virus Corona ini mendapatkan apresiasi yang tinggi setelah dilempar ke media sosial dan juga situs berbagi video, Youtube.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang lagu corona yang diciptakan Bimbo 30 tahun lalu ternyata tidak benar. Faktanya lagu bertama virus corona diciptakan Bimbo baru-baru ini. Bimbo menciptakan lagu tersebut karena diminta oleh Kepala Gugus Tugas Covid-19, Doni Monardo.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

 merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA  di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat