uefau17.com

[Cek Fakta] Air Terjun Sedudo di Nganjuk Berubah Jadi Aliran Pasir? - Cek Fakta

, Jakarta - Sebuah video yang menampilkan air terjun Sedudo di Nganjuk, Jawa Timur yang berwarna hitam viral di media sosial.

Dalam video berdurasi satu menit 37 detik itu, terlihat seorang anggota polisi berdiri membelakangi air terjun sambil merekam menggunakan telepon genggamnya.

Kemudian, anggota polisi tersebut berjalan mundur dan mendekat ke arah air terjun, dan ternyata air terjun Sedudo itu berwarna hitam.

Fenomena itu akhirnya menjadi perbincangan warganet. Mereka di antaranya menduga bahwa air terjun Sedudo berubah menjadi pasir.

Misalnya sebagaimana yang diunggah oleh akun facebook beranama Ahmad Nawawie dan Tommy Nugraha pada Rabu 14 November 2018. Dalam unggahannya, mereka menampilkan video anggota polisi yang merekam kondisi air terjun Sedudo.

"Air terjun Sedudo Nganjuk Jawa Timur,berubah jadi Pasir terjun,astafirullahal ajiim...Allahu Akbar... pertanda datang dari Allah aza wa Jalla...," tulis Ahmad Nawawie dalam unggahannya.

"#FENOMENA Air terjun sedudo nganjuk berubah menjadi pasir..," tulis Tommy Nugraha.

Video yang diunggah Ahmad Nawawie telah 1.590 kali dibagikan dan diisi 20 komentar warganet. Sementara unggahan Tommy Nugraha dikomentari 191 warganet dan dibagikan sebanyak 2.015 kali. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta

Ternyata air terjun Sedodo tidak pernah berubah menjadi pasir. Air yang berwarna hitam itu dipicu oleh material abu bekas kebakaran hutan saat musim kemarau sebelumnya.

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho lewat akun twitternya @Sutopo_PN.

"Berubahnya warna hitam air terjun Sedudo di Nganjuk Jawa Timur bukan aliran pasir. Tetapi material abu bekas kebakaran hutan saat kemarau sebelumnya," tulis Sutopo dalam akun twitter @Sutopo_PN, Rabu 14 November 2108.

Menurut Sutopo, peristiwa air terjun Sedudo berubah warna menjadi hitam ini tidak lama usai hujan deras mengguyur lokasi tersebut.

"Hujan di bagian hulu menghanyutkan material kebakaran hutan sehingga debit air terjun berwarna hitam. Kejadian hanya sesaat," kata Sutopo.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Aliran air terjun Sedudo tidak berubah menjadi pasir. Warna air yang hitam di dalam video tersebut juga sama sekali tidak terkait dengan mistis.

Air yang hitam dipicu oleh material abu bekas kebakaran hutan saat musim kemarau sebelumnya. Peristiwa air terjun Sedudo berubah warna menjadi hitam ini tidak lama usai hujan deras mengguyur lokasi tersebut.

 merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA  di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat