uefau17.com

5 Klub dengan Rekor Tak Terkalahkan Paling Panjang dalam Sejarah: Nomor 1 Raja Bundesliga Musim Ini - Bola

, Jakarta Klub Jerman Bayer Leverkusen sukses mencetak sejarah di ajang Bundesliga musim ini. Mereka berhasil mengamankan mahkota Liga Jerman setelah menumpas dominasi Bayern Munchen di kampanye 2023/2024.

Kemenangan Leverkusen dalam kompetisi tersebut sekaligus menandai gelar Bundesliga perdana mereka sepanjang sejarah. Klub yang berdiri pada 1 Juli 1904 itu sudah 5 kali menjadi runner-up liga domestik, tetapi belum sekali pun finis sebagai juara.

Tak cuma mengunci predikat juara Bundesliga, Bayer Leverkusen juga berhasil mengawinkan gelar tersebut dengan trofi DFB Pokal. Mahkota kedua mereka musim ini diraih setelah menaklukkan Kaiserslautern dengan keunggulan tipis 0-1 dalam laga final, Minggu (26/5/2024).

Adalah pelatih Xabi Alonso yang jadi sosok penting di balik penampilan impresif Bayer Leverkusen sepanjang kampanye 2023/2024. Pria berusia 42 tahun mampu mengangkat derajat timnya yang sempat menduduki peringkat 17 ketika dia pertama kali ditunjuk sebagai juru taktik pada Oktober 2022 silam.

Menariknya, tangan dingin Alonso juga mampu membawa Die Werkself mencetak rekor lain di musim 2023/2024. Mereka merangsek jadi tim teratas yang mampu menorehkan catatan tidak terkalahkan paling panjang secara beruntun dalam sejarah.

Termasuk Bayer Leverkusen, ini 5 tim dengan rekor tak tersentuh kekalahan paling banyak sepanjang 191masa, sebagaimana dirangkum dari Football Transfers.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Rangers

Rangers merupakan tim asal Skotlandia yang menempati peringkat 5 dalam daftar klub dengan rekor tanpa kekalahan terpanjang dalam sejarah.

Tim berjuluk The Light Blues itu menorehkan catatan impresifnya pada era 1990-an, tepatnya di musim 1992/1993. Mereka sama sekali tak tersentuh hasil minor dalam 44 pertandingan yang membuatnya mampu meraih treble domestik.

Football Transfers mengungkap, Rangers juga tidak pernah dikalahkan lawannya di Liga Champions ketika itu. Hanya saja, mereka tetap gagal maju ke babak gugur lantaran terlalu banyak bermain imbang.

3 dari 6 halaman

4. Rijeka

Rijeka merupakan klub asal Kroasia yang turut menghuni daftar tim dengan rekor tak terkalahkan paling banyak sepanjang sejarah.

Melampaui Rangers, Rijeka pernah tak tersentuh hasil minor sama sekali dalam total 45 pertandingan. Adapun catatan itu diraih pada musim 2016/2017.

4 dari 6 halaman

3. Dinamo Zagreb

Dinamo Zagreb ada di level yang sama dengan Rijeka. Mereka juga mencatatkan rekor tidak terkalahkan dalam 45 laga secara berturut-turut.

Capaian itu membuat Dinamo Zagreb juga berhak mengatasi Rangers dalam daftar klub dengan catatan tanpa kekalahan paling banyak sepanjang sejarah.

Melansir laporan Football Transfers, rekor tak terkalahkan Dinamo Zagreb diraih sepanjang periode November 2014 hingga September 2015 silam, ketika mereka berada di bawah asuhan pelatih Zoran Mamic.

5 dari 6 halaman

2. Benfica

Benfica menempati peringkat 2 klub dengan rekor tidak terkalahkan paling panjang dalam sejarah. Hanya saja, capaian impresif itu dicatatkan sudah cukup lama oleh tim Portugal, yakni pada era 1960-an.

Football Transfers mencatat Benfica sama sekali tidak menelan hasil minor dalam 48 pertandingan sejak Desember 1963 hingga Februari 1965 di bawah asuhan pelatih Eusebio.

Mereka pun sempat menduduki puncak daftar untuk waktu yang amat lama, yakni 59 tahun, sebelum Bayer Leverkusen akhirnya sanggup mematahkan torehan impresif tersebut di musim 2023/2024.

6 dari 6 halaman

1. Bayer Leverkusen

Bayer Leverkusen memang tampil begitu impresif sepanjang kampanye 2023/2024. Mereka keluar sebagai juara Bundesliga usai menang dalam 28 pertandingan dan imbang 6 kali tanpa satu pun kekalahan sejak awal musim.

Skuad racikan Xabi Alonso pun langsung menyalip Benfica setelah menorehkan rekor tak terkalahkan dalam total 51 laga di berbagai ajang. Atalanta jadi pelaku yang memutus catatan gemilang Leverkusen, setelah menekuk raja Jerman dalam final Liga Europa, Kamis (23/5/2024) lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat