uefau17.com

Piala Dunia U-17 2023: Jepang Hajar Senegal, Cuma Jadi Peringkat 3 Terbaik - Bola

, Jakarta Wakil Asia Jepang tampil gemilang di laga terakhir Grup D Piala Dunia U-17 2023. Bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jepang mampu menang 2-0 atas wakil Afrika Senegal, Jumat (17/11/2023) sore WIB.

Kemenangan ini memastikan Jepang lolos ke babak perempat final Piala Dunia U-17 2023. Namun Jepang harus puas hanya finis di posisi tiga klasemen Grup D. Mereka kalah selisih gol dari Argentina dan Senegal.

Argentina menjadi juara Grup D usai menang telak 4-0 atas Polandia di laga lainnya. Senegal meski kalah masih unggul selisih gol dari Jepang sehingga menjadi runner-up.

Namun karena mengoleksi enam poin di Grup D, Jepang tak terbendung menjadi peringkat tiga terbaik di Piala Dunia U-17 2023 sehingga berhak juga ke perempat final. Total 4 peringkat tiga terbaik yang bisa lolos ke 16 besar. Andai menang 3-0 Jepang yang finis di urutan dua.

Sebelum laga dimulai, posisi Jepang untuk menjadi salah satu peringkat tiga terbaik sebenarnya sudah hampir pasti aman berkat koleksi poin tiga dengan kemenangan 1-0 atas Polandia. Namun Jepang masih punya kesempatan lolos sebagai juara atau runner-up jika menang besar melawan Senegal.

Senegal sebenarnya tampil sangat baik di babak pertama. Mereka lebih menguasai jalannya pertandingan dan melahirkan banyak peluang emas dibandingkan Jepang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peluang-Peluang Senegal di Babak Pertama

Peluang emas sudah didapat Senegal di menit kelima melalui tendangan jarak jauh Guy Lima. Sayangnya bola masih meleset dari gawang Jepang.

Kemudian pada menit 14, pemain andalan Senegal Amara Diouf memaksa kiper Jepang Wataru Goto jatuh bangun mengamankan bola lewat tendangan jarak jauhnya.

Sesaat sebelum jeda, Senegal hampir mencetak gol lewat pemain pengganti Yaya Dieme. Sepakan Yaya dari sudut sempit masih bisa dimentahkan oleh Goto.

3 dari 3 halaman

Dua Gol Takaoka di Babak Kedua

Jepang bangkit di babak kedua. Mereka tampil lebih baik. Hasilnya Jepang mampu membuat gol pada menit 62. Pemain pengganti Rento Takaoka menjebol gawang Senegal setelah menuntaskan umpan dari Shotaro Shibata.

Tertinggal 0-1, Senegal mencoba mengempur Jepang habis-habisan demi mencari gol penyeimbang secepatnya. Namun pertahanan Jepang cukup tangguh untuk ditembus.

Di saat sedang berusaha mengurung Jepang, malapetaka menimpa Senegal di menit 72. Kiper Serigne Diouf membuat blunder fatal. Saat menguasai bola di depan gawang, bola di kaki Serigne Diouf bisa dicuri Takaoka. Dengan mudah Takaoka menceploskan bola ke gawang kosong.

Pada sisa pertandingan kedua tim silih berganti melancarkan serangan. Namun tidak ada gol lagi yang tercipta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat