uefau17.com

Menpora Sambut Positif Gelaran Aquabike World Championship di Danau Toba - Bola

, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyambut positif penyelenggaraan Aquabike World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023.

Ajang ini menandai kali pertama Aquabike World Championship diselenggarakan di danau vulkanik terbesar dunia dengan menggandeng 4 kabupaten di Danau Toba. Ajang ini juga menghadirkan 128 atlet dari berbagai negara.

Menpora yang ditunjuk menjadi ketua penyelenggaraan ajang pun optimistis Aquabike World Championship 2023 mampu mendulang animo tinggi dari masyarakat. Perhelatan ini juga diharapkan dapat mendongkrak citra Danau Toba di kancah pariwisata mancanegara.

"Kami akan menyelenggarakan untuk pertama kalinya Kejuaraan Dunia Aquabike Jetski di Danau Toba yang melibatkan 4 kabupaten," ujar Dito saat ditemui dalam acara konferensi pers peluncuran Aquabike World Championship 2023 di Gedung Kemenko Marves, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

"Kita ketahui olahraga jetski Indonesia selalu mendapatkan predikat juara di kejuaraan, bahkan sempat (ada yang menjadi) juara dunia. Dan hadirnya (kompetisi di) Danau Toba ini akan mengundang wisata mancanegara."

"Saya yakin, melihat dari F1 Power Boat yang diselenggarakan sebelumnya, masyarakat yang awalnya tak familiar tapi karena penyelenggaraan terjadi, antusiasmenya tinggi. Jadi saya rasa potensi ini harus diraup," sambung menteri berusia 33 tahun itu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gandeng Publik Figur Olahraga

Untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Aquabike World Championship 2023, Menpora Dito Ariotedjo juga berencana menggandeng publik figur olahraga yang dari Sumatra Utara.

Langkah ini diharapkan dapat membantu mempromosikan gelaran perdana Aquabike World Championship di Danau Toba dengan lebih luas guna menjaring sebanyak-banyaknya antusiasme masyarakat.

"Kita bisa cari partner sportstaiment terutama yang berasal dari Sumut, seperti Mas Valentino Jebret untuk bantu promosi," ujar Dito Ariotedjo kepada awak media.

"Harapan kami dari Kemenpora, semoga tahun depan kita, Indonesia , udah punya tim sendiri yang ikut bertanding di Aquabike series karena saya lihat (kesepakatan kompetisi) sampai 2027 jadi peluang sangat besar, akan sangat bagus kalau ada wakil Merah Putih," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Perebutkan 4 Cup dan 2 Championship

Sekadar informasi, Aquabike World Championsip 2023 di Dana Toba nantinya akan memperebutkan 4 cup dan 2 championship sepanjang 5 hari pelaksanaan kompetisi.

Perhelatan ini diagendakan mengambil lokasi di empat kabupaten Danau Toba, mulai dari Kabupaten Karo, Dairi, Samosir, hingga beranjak ke Balige.

"Untuk detail acaranya sendiri, kita akan ada 5 hari dengan 5 kategori: ada roundabout, ski GP, freestyle, parallel slalom, endurance, dan juga ada special ski ladies, dan evening slalom," papar Maya Watono selaku Direktur Marketing and Consumer Experience InJourney.

"Terkait lokasi acara, ini memang luar biasa, dari utara ke selatan, mulai dari Karo Cup, Dairi Cup, Samosir Cup, dan Balige Cup. Jadi akan ada 4 cup yang diperebutkan dan 2 championship: endurance dan circuit championship di 4 daerah selama 5 hari," katanya lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat