uefau17.com

Timnas Indonesia Hajar Burundi, Shi Tae-yong Puji Lini Pertahanan - Bola

, Jakarta - Timnas Indonesia mengalahkan Burundi pada pertandingan pertama FIFA match day di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (25/3/2023) malam WIB. Skuad Garuda menang 3-1.

Timnas Indonesia sempat memimpin 3-0 atas Burundi pada babak pertama lewat gol-gol Yakub Sayuri, Dendy Sulistyawan, dan Rizky Ridho. Burundi hanya dapat membalas lewat gol Pacifique Niyongabire di babak kedua.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memuji lini pertahanan anak asuhnya yang dinilai sudah cukup baik. Mereka memperlihatkan kemajuan dengan kehadiran dua pemain keturunan, yaitu Jordi Amat dan Elkan Baggott.

"Tapi saya melihat kondisi Elkan tidak 100 persen. Jadi ada beberapa kesalahan yang dilakukan Elkan di babak kedua. Tapi, kalau melihat pertandingan pertama ya oke. Tidak ada masalah," kata ahli taktik asal Korea Selatan itu usai pertandingan seperti dikutip dari Antara.

"Untuk ke depannya, kita akan mencoba mempersiapkan lebih baik lagi dari sekarang. Kita bisa melihat dan menilai bahwa pertahanan timnas sekarang tidak seperti dulu," tambah Shin Tae-yong.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Trio Bek

Kehadiran dua pemain keturunan, Jordi Amat dan Elkan Baggott, di lini pertahanan Timnas Indonesia dilengkapi dengan penampilan Rizky Ridho. Mereka bermain sebagai trio bek selama 90 menit.

Meski menilai ketiga pemain tersebut tampil cukup baik, pelatih Shin Tae-yong tidak menjamin ketiga pemain tersebut akan selalu mendapat tempat di tim asuhannya. "Untuk pertandingan hari ini memang dicoba untuk trio Ridho-Elkan-Jordi. Memang setiap pertandingan bisa beda-beda karena tergantung kondisi pemain seperti apa, dan di timnya bermain atau tidak," papar Shin Tae-yong.

"Dilihat juga kondisi pemain seperti apa. Jadi pastinya trio ini akan berubah-ubah, tidak akan ditetapkan seperti sekarang. Apalagi formasi pun bisa saja berubah, mungkin untuk hari ini kan tiga bek, bisa saja besok empat bek," lanjutnya. 

 

3 dari 3 halaman

Pertandingan Kedua

Pelatih Shin Tae-yong hanya punya waktu persiapan selama tiga hari sebelum Timnas Indonesia kembali melawan Burundi. Persiapan dalam waktu singkat tersebut diakuinya belum maksimal.

Namun, dia cukup puas karena para pemain mampu menerapkan taktik dan strategi yang dimatangkan selama pemusatan latihan. Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Burundi pada FIFA match day berikutnya yang berlangsung pada Selasa, 28 Maret 2023.

Pelatih Shin meminta anak asuhnya untuk tak menyia-nyiakan keunggulan pada pertandingan berikutnya. "Memang pada babak pertama kita cetak gol, cetak tiga gol. Dan setelah babak pertama selesai, memang persiapan dan antisipasi dari lawan sudah baik. Jadi persiapan lawan bisa dinilai telah baik. Jadi kita sendiri tidak boleh lengah untuk persiapan pertandingan berikutnya," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat