uefau17.com

Safee Sali Pensiun, Momok Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 Sadar Tidak Kompetitif Lagi - Bola

, Jakarta Legenda sepak bola Malaysia, Safee Sali gantung sepatu. Pria yang kini berusia 39 tahun itu memutuskan pensiun dari lapangan hijau setelah berkarier selama 19 tahun di level klub maupun timnas Malaysia. 

Lewat jumpa pers yang berlangsung di Malaysia, Selasa (21/2/2023) dan ditayangkan langsung melalui akun Youtube Astro Arena, Safee tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada klub-klub yang pernah diperkuatnya dan tentunya timnas Malaysia yang pernah menjuarai Piala AFF 2010 bersama dirinya. 

"Saya rasa sekarang adalah masa yang terbaik untuk saya buat pengumuman pensiun, karena saya merasakan, walaupun saya tidak punya cedera serius. Saya tidak mampu lagi bersaing secara kompetitif dengan pemain-pemain lain, terutamanya di bagian serangan," kata Safee Sali. 

"Saya rasa saya kini bisa move on ke babak baru dalam kehidupan saya. Sebab setelah ini saya ingin fokus kepada apa yang ingin saya lakukan. Terutama kepada akar rumput pemain-pemain muda (Malaysia)."

Safee Sali mengawali karier profesionalnya pada tahun 2003 lalu bersama Kuala Lumpur FA. Dia kemudian berpindah-pindah klub dan sempat memperkuat kesebelasan asal Indonesia, Pelita Jaya 2010-2013. 

Bagi pecinta sepak bola Indonesia, nama Safee Sali tidak akan bisa dilepaskan dari momen pilu Piala AFF 2010 lalu. Saat itu, asa timnas Indonesia yang ditangani oleh Alfred Riedl dan diperkuat pemain-pemain terbaik Tanah Air untuk meraih gelar juara yang sudah di depan mata, sirna oleh ketajaman Safee. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momok Timnas di Piala AFF 2010

Sepanjang turnamen ini, Indonesia tercatat hanya menelan satu kekalahan saja. Bahkan di babak penyisihan sebelumnya, Tim Merah Putih berhasil menggulung Malaysia dengan skor telak 5-1.

Trofi yang sudah di depan mata melayang setelah Malaysia berhasil memetik kemenangan 3-0 di leg pertama babak final yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Malaysia pada 26 Desember 2010. Dalam laga ini, Safee yang menjadi ujung tombak Harimau Malaya mampu menorehkan dua gol (61 dan 72). Sementara satu gol lagi yang bersarang ke gawang Markus Horison kala itu dicetak Ashaari menit 68. 

Pada leg kedua, Indonesia berhasil berbalik unggul atas Malaysia. Namun skor 2-1 yang didapat tim Merah Putih di Stadion Utama Gelora Bung Karno 3 hari kemudian, gagal membendung Malaysia jadi juara. Harimau Malaya pun berhak atas trofi juara setelah unggul agregat 4-2 atas Indonesia. Dalam duel ini, Safee Sali juga berhasil mencetak gol. Sedangkan dua gol Indonesia dicetak M Nasuha dan M Ridwan. 

 

3 dari 4 halaman

Jumlah Caps Safee Sali

Selain membawa pulang trofi Piala AFF 2010, Safee berhasil merebut sepatu emas pada turnamen ini. Dia jadi top skor dengan koleksi 5 gol mengungguli dua pemain Indonesia M Ridwan dan Christian Gonzales. 

Sepanjang kariernya, Safee telah memperkuat timnas Malaysia sebanyak 76 kali dengan torehan 137 gol. 

 

4 dari 4 halaman

Fokus ke Usia Muda

Selepas pensiun, Safee rencananya bakal fokus pada pembinaan usia muda. Dia mengaku telah memiliki sejumlah program yang bakal dijalankan setelah meninggalkan kompetisi profesional dan timnas Malaysia. 

"Saya ada rencana membuka akademi sepak bola sendiri dan punya lapangan senidir. Ini adalah rencana saya ke depan. Saya juga bakal jadi pundit bersama Astro Arena. Jadi saya tidak akan meninggalkan industri sepak bola. Saya akan tetap memberi masukan-masukan yang pernah saya pelajari," bebernya. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat