uefau17.com

6 Kota Metropolitan RI Bangun Sistem Angkutan Umum Termutakhir - Bisnis

Pemerintah bakal secara khusus memprioritaskan pengembangkan sistem angkutan umum di enam kota metropolitan di seluruh Indonesia. Upaya ini dibuat untuk menekan penggunaan atau kepemilikan kendaraan pribadai di kota-kota besar atau metropolitan.

"Presiden secara khusus memberikan prioritas kepada pengembangan sistem angkutan umum di enam kota metropolitan," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa dalam Pembukaan Sidang Paripurna DPD, di Komplek DPR, Jakarta, Selasa (19/11/2013)

Selain Jabodetabek, lima kota metropolitan yang akan disasar pemerintah adalah Bandung Raya, Mebidangro, Gerbang Kertasusila, Sarbagita dan Mamminasata.

Berikut adalah skema pengembangan moda transportasi umum terbaru yang akan dibangun di enam kota metropolitan di Indonesia:

1. Metropolitan Jabodetabek

Pengembangan angkutan umum, seperti pembangunan mass rapid transit, monorel, jaringan kereta api commuter dan jalur lingkar Jabodetabek, penambahan armada dan sterilisasi jalur busway Transjakarta, dan pemberlakuan sistem ERP dan penertiban parkir on street, pembangunan ruas jalan tol.

2. Metropolitan Bandung Raya

Pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road, jalan tol Soreang-Koja, ruas Cileunyi-Sumedang-Dawuan, jalur ganda dan elektrifikasi Padalarang-Cimahi-Bandung-Cicalengka, reaktivasi jalur kereta api Cikudapateuh-Soreang-Ciwidey dan pengembangan Trans Metro Bandung 6 koridor.

3. Metropolitan Mebidangro (Medan, Binjai, Dali Serdang dan Karo)

Pembangunan MRT di Mebidangro 9 koridor RT, kereta api komuter, transfer poin untuk angkutan pemadu moda, angkutan pesisir pantai, jalan tol Trans Sumatera

4. Metropolitan Gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan)

Pengembanga jaringan kereta api, rencana induk angkutan massal kota Surabaya, infrstruktur jalan, jalan tol tengah kota Surabaya, penyelesaian Middle Eastern ring road, peningkatan jalan akses menuju kawasan industri Gresik dan penanganan beberapa simpang strategis

5. Metropolitan Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan)

Pengembangan bus rapid transit 2 koridor dan pembangunan jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa

6. Metropolitan Mammanisata (Makssar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar)

Pengembangan angkutan massal perkotaan BRT, pembatasan lalu lintas pada ruas utama, dan peningkatan kaspitas jaringan jalan serta pengembangan angkutan umum massal meliputi BRT 11 koridor. (Fik/Shd)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat