uefau17.com

Hutama Karya Masuk Daftar Fortune 500 ASEAN, Peringkat Berapa? - Bisnis

, Jakarta Untuk pertama kalinya, Majalah Fortune merilis daftar 500 perusahaan terbesar dan terbaik di Asia Tenggara dalam edisi Fortune Southeast Asia 500 2024. PT Hutama Karya (Persero) sukses meraih peringkat ke-183 dalam daftar prestisius ini.

Dalam kategori BUMN Infrastruktur di Indonesia, Hutama Karya menempati posisi tertinggi, mengungguli perusahaan lain seperti PT Wijaya Karya (Persero) yang berada di posisi 203, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. di posisi 213, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. di peringkat 225, dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. di peringkat 237.

Adjib Al Hakim, Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, menyatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari konsistensi perusahaan dalam meningkatkan kinerja keuangan dan melakukan transformasi signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

"Pengakuan ini menunjukkan keberhasilan transformasi yang menyeluruh, mulai dari aspek keuangan hingga pengembangan bisnis dan investasi. Beberapa kontrak baru dan aksi korporasi besar, seperti kerja sama investasi pada dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera pada Juni 2023, memberikan kontribusi pendapatan yang signifikan bagi perusahaan," ujar Adjib, Jumat (21/6/2024).

Ia juga menambahkan bahwa keberhasilan ini dicapai berkat kolaborasi seluruh karyawan Hutama Karya dan dukungan dari para pemangku kepentingan.

Pada tahun 2023, Hutama Karya mencatat pendapatan sebesar USD 1,768.6 juta atau sekitar Rp 26,93 triliun, dengan laba bersih mencapai USD 120,1 juta atau Rp 1,872 triliun, meningkat 500,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Total aset perusahaan infrastruktur ini tercatat sebesar USD 11,026 juta atau Rp 169,74 triliun, dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 1.714 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Fortune 500?

Fortune 500, yang dikenal sebagai daftar tahunan dari 500 perusahaan terbaik di dunia, telah diadakan oleh Majalah Fortune sejak tahun 1955.

Pemeringkatan ini didasarkan pada laporan keuangan masing-masing perusahaan di tahun fiskal 2023 dengan pendapatan minimum USD 460,8 juta, total laba setelah pajak, dan total aset yang sudah dikonversi menjadi USD.

Menurut Executive Editor Asia, Clay Chandler, "Fortune Southeast Asia 500 mencerminkan kawasan yang dinamis dan cepat berubah, dengan ekonomi inti yang tumbuh lebih cepat dibandingkan Eropa atau Amerika Serikat. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya peran Asia Tenggara dalam ekonomi global."

 

3 dari 3 halaman

Hutama Karya Bangun Tol Trans Sumatera Berapa Km?

Dengan masuknya Hutama Karya ke dalam daftar ini, perusahaan menunjukkan sinergi luar biasa dengan visi mereka untuk menjadi pengembang infrastruktur terkemuka di Indonesia.

Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang ±1.030 km, dengan target penyelesaian Tahap I pada akhir tahun 2024.

Selain proyek jalan tol, perusahaan juga mengerjakan berbagai proyek strategis nasional lainnya yang ditargetkan selesai pada tahun ini, seperti Bendungan Bulango Ulu, Bendungan Way Apu, dan pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat