uefau17.com

Ingin Sukses Hadapi Ketidakpastian? Melinda French Gates Bocorkan Rahasianya - Bisnis

, Jakarta - Kehidupan selalu penuh dengan perubahan, bahkan bagi seorang miliar seperti Melinda French Gates. Saat memberikan pidato kelulusan di Universitas Stanford pada Minggu lalu, French Gates, 59, berbagi pandangannya tentang transisi dan bagaimana ia menghadapinya.

“Akhir-akhir ini, saya banyak berpikir tentang transisi,” kata French Gates seperti dikutip dari CNBC.com, ditulis Sabtu (22/6/2024).

“Kamu tidak akan mencapai usia saya tanpa menavigasi berbagai macam transisi. Beberapa Anda terima dengan senang hati, beberapa anda tidak pernah duga. Beberapa kamu harapkan, dan beberapa lawan sekuat tenaga.”

Melinda French Gates telah melalui banyak perubahan signifikan dalam hidupnya.

Dia memulai karier di Microsoft, jatuh cinta, memiliki anak, dan membangun portofolio sebagai filantropis. Namun, tidak semua perubahan tersebut bersifat positif. Beberapa perubahan datang secara tiba-tiba dan mengejutkan, seperti kehilangan sahabatnya karena kanker, mengakhiri pernikahannya dengan Bill Gates, dan mundur dari perannya sebagai co-chair di Bill & Melinda Gates Foundation.

Perjalanan hidupnya yang penuh liku ini memberikan pelajaran berharga tentang bagaimana menghadapi ketidakpastian.

Bagi siapa pun yang sedang menghadapi perubahan dalam hidup dan karirnya atau ingin bersiap menghadapi ketidakpastian di masa depan, French Gates membagikan tiga pelajaran tentang bagaimana orang sukses menavigasi ketidakpastian.

Dia menekankan pentingnya keterbukaan hati, menemukan dukungan yang tepat, dan membangun jaringan kepercayaan yang kuat sebagai kunci untuk menghadapi transisi hidup dengan sukses.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Praktikkan ‘Keterbukaan Hati yang Radikal’

French Gates menasihati untuk menghadapi momen perubahan, baik yang menggembirakan, mengecewakan, atau tragis, dengan hati yang terbuka.

"Selama transisi, kita keluar dari lingkungan yang kita kenal ke ruang besar yang baru, di mana semuanya baru," katanya. "Ada dua cara untuk menghadapi ruang ini,"

Anda bisa menundukkan kepala dan fokus menemukan jarak terpendek dari satu hal yang familiar ke hal berikutnya. Atau, Anda bisa menemukan keberanian untuk bertahan di ruang liminal itu dan melihat apa yang bisa diajarkan.

Banyak orang lebih memilih untuk menundukkan kepala dan terus berjalan melalui ketidakpastian, termasuk dirinya ketika masih muda.

"Saya memiliki daftar tujuan yang ingin saya capai, dan begitu satu tujuan dicapai, saya bergegas menuju tujuan berikutnya. Itu jauh lebih mudah," kata dia.

"Tapi seiring bertambahnya usia, saya belajar nilai dari merangkul ketidakpastian."

Jika kamu kesulitan beradaptasi dengan perubahan, cobalah mengubah cara berpikir, kata psikolog klinis Kevin Antshel .

Alih-alih berkata, jika memulai pekerjaan baru ini sangat menakutkan, katakan pada diri sendiri, jika Anda tidak sabar untuk belajar dan berkembang dalam peran baru ini.

"Itulah, bagi saya, yang disebut keterbukaan hati," kata French Gates.

Temukan ‘Gelombang Kecil’ Kamu

French Gates menceritakan sebuah kisah pendek dari penulis spiritual Ram Dass: Ada dua gelombang di lautan, satu besar dan satu kecil.

Melihat gelombang lain menghantam pantai, gelombang besar menjadi khawatir, memperingatkan yang lebih kecil bahwa akhirnya sudah dekat.

Gelombang kecil meyakinkan yang besar, mengatakan, "Kamu bukan berakhir Kamu bukan gelombang. Kamu adalah air."

 Seringkali, dia tidak tahu bagaimana dia akan mengatasi pertempurannya, tetapi dia memiliki orang yang dicintai di sisinya untuk mendorongnya.

 

3 dari 4 halaman

Melihat dengan Cara Berbeda

"Di hari-hari awal karier saya, orang itu adalah seorang kolega bernama Charlotte. Dari saat saya tiba di Microsoft, saya sangat menyukai pekerjaan yang kami lakukan, tetapi seiring berjalannya waktu, saya menyadari saya tidak menyukai budaya di sana," katanya.

"Itu kasar dan agresif, dan itu bukan saya."

"Akhirnya, saya mencapai titik di mana saya berpikir mungkin saya bisa meninggalkan perusahaan. Dan seperti gelombang besar, saya pikir semuanya akan berakhir bagi saya," lanjut French Gates.

"Tapi Charlotte membantu saya melihat hal-hal dengan cara yang berbeda. Dia sedikit lebih tua dan memiliki sedikit lebih banyak pengalaman, dan dia sudah menemukan cara untuk menavigasi budaya di sana tanpa kehilangan identitasnya sendiri."

Saran Gates kepada para profesional muda yaitu kembangkan hubungan kamu. Temukan seseorang yang dapat dipercaya dan berpengetahuan untuk menjadi "gelombang kecil" kamu, dan lakukan bagian kamu dalam mendorong orang lain.

 

4 dari 4 halaman

Bangun Jaringan Kepercayaan yang Layak

Nasihat terakhir French Gates berasal dari almarhum Charlie Munger, yang selama bertahun-tahun menjabat sebagai wakil ketua Berkshire Hathaway.

"Charlie terkenal mengatakan bahwa bentuk tertinggi yang bisa dicapai peradaban adalah jaringan kepercayaan yang layak. Orang yang benar-benar dapat diandalkan, saling percaya dengan benar," katanya.

"Betapa hal yang harus diupayakan."

"Sebagai masyarakat, kita tidak selalu diatur untuk merasakan tanggung jawab terhadap orang di sebelah kita atau orang di sisi lain dari perpecahan atau perdebatan," tambah French Gates.

Namun, kita membutuhkan satu sama lain. Tidak peduli siapa anda, akan ada momen dalam perjalanan anda ketika kamu perlu dibawa atau ketika orang lain akan membutuhkan anda untuk membawa mereka."

French Gates mendesak para lulusan baru Stanford untuk menciptakan ikatan "kuat dan timbal balik" dengan orang lain, bahkan jika mereka tidak setuju pada masalah besar atau kecil.

"Kamu lulus ke dunia yang rusak, tetapi komunitaslah yang membangun kembali segalanya," katanya. "Bersama-sama adalah bagaimana kamu akan membuat hal-hal yang rusak utuh kembali."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat