uefau17.com

Politikus Gerindra Siti Nurizka Puteri Jaya Ditunjuk jadi Komisaris Utama Pupuk Sriwidjaja - Bisnis

, Jakarta PT Pupuk Sriwidjaja Palembang resmi merombak jajaran dewan komisaris. Pemegang saham menetapkan politikus Partai Gerindra, Siti Nurizka Puteri Jaya sebagai Komisaris Utama.

Pupuk Sriwidjaja (Pusri) merupakan anak usaha dari PT Pupuk Indonesia (Persero). Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan dan distribusi pupuk.

Dalam dokumen yang dilaporkan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), penunjukkan Siti Nurizka terjadi pada 10 Juni 2024. Dia sekaligus menggantikan Setya Utama yang mengundurkan diri sejak 15 Mei 2024 lalu.

Setya Utama telah menjabat Komut Pusri selama hampir 2 tahun sejak 18 Mei 2022 lalu. Saat itu, Setya menggantikan posisi Imam Apriyanto Putra.

"Mengangkat nama tersebut di bawah ini sebagai Anggota Dewan Komisaris PT Pupuk Sriwidjaja Palembang: Ibu Siti Nurizka Puteri Jaya sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen," sebagaimana dikutip, Rabu (12/6/2024).

Di parlemen, Siti Nurizka saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi III DPR RI fraksi Gerindra. Dia telah menduduki posisi di Senayan itu sejak 2022 lalu.

Selain penunjukkan Siti, Pusri Palembang juga melakukan penambahan jabatan Direktur Manajemen Risiko. Namun, belum ada nama baru yang masuk untuk menduduki posisi tersebut.

Perusahaan justru menunjuk Direktur Keuangan dan Umum Pusri, Saifullah Lasinding sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Manajemen Risiko.

"Menunjuk Bapak Saifullah Lasindrang untuk melaksanakan tugas sebagai Direktur Manajemen Risiko Perseroan dengan kekuasaan dan wewenang yang sama sebagai Direktur Manajemen Risiko Perseroan, disamping melaksanakan tugasnya sebagai Direktur Keuangan dan Umum Perseroan," seperti dikutip.

Jajaran Komisaris dan Direksi

Atas perubahan tersebut, berikut ini daftar terbaru Dewan Komisaris dan Direksi Pupuk Sriwidjaja Palembang;

Dewan Komisaris

  • Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen: Siti Nurizka Puteri Jaya
  • Komisaris Independen: Bambang Supriyambodo
  • Komisaris: Ali Jamil
  • Komisaris: Prahoro Yulijanto
  • Komisaris: Sally Salamah
  • Komisaris: Fadjar Judisiawan

Dewan Direksi

  • Direktur Utama: Bacori Khotob
  • Direktur Operasi: Filius Yuliandi
  • Direktur Keuangan dan Umum: Saifullah Lasindrang
  • Direktur Manajemen Risiko: Saifullah Lasindrang (Plt.)

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Jabatan Grace Natalie di PSI? Komisaris Baru MIND ID

Menteri BUMN Erick Thohir resmi menunjuk Grace Natalie Louisa menjadi Komisaris Holding BUMN Industri Pertambangan MIND ID. Keputusan ini diteken berbarengan dengan perombakan kursi komisaris lainnya.

"RUPS Tahunan menyetujui pengangkatan Grace Natalie Louisa sebagai Komisaris," kata Direktur Utama MIND ID, Hendri Prio Santoso dalam keterangannya, Selasa (11/6/2024).Lantas, siapa sosok Grace Natalie?

Grace Natalie Louisa kini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Seiring bergantinya sosok yang menduduki Komisaris, laman resmi MIND ID terpantau sudah memasukkan nama Grace Natalie dalam jajaran dewan komisaris perusahaan.

Dalam sisi profil, terlihay Grace merupakan Lulusan S1 jurusan Akuntansi dari Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie (IBII).

Dalam karir profesionalnya sebelum bergabung dengan PT Mineral Industri Indonesia (Persero), Grace Natalie pernah berkarir sebagai jurnalis di beberapa stasiun TV swasta dan menjabat sebagai CEO Saiful Mujani Research.

 

3 dari 3 halaman

Staf Khusus Presiden

Sebelum ditunjuk menjadi Komisaris MIND ID, Grace Natalie ternyata telah lebih dulu dipilih Presiden Jokowi sebagai Staf Khusus Presiden. Penunjukkan itu dilakukan pada 17 Mei 2024 lalu.

Pada perjalanan politiknya, Grace Natalie tercatat sebagai salah satu pendiri Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Serta, langsung menjabat menjadi Ketua Umum PSI pada periode 2014-2021, sebelum digantikan Giring Ganesha. PSI saat ini dipimpin oleh Kaesang Pangarep, anak bungsu Presiden Joko Widodo.

Pada arah politiknya, PSI kerap mendukung berbagai kebijakan yang dijalankan Presiden Jokowi. Tak berhenti disitu, PSI juga tercatat sebagai bagian dari koalisi Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat