uefau17.com

Profil Simon Aloysius, Anggota Dewan Pembina Gerindra Jadi Komut Pertamina Baru Pengganti Ahok - Bisnis

, Jakarta - Pemegang Saham PT Pertamina (Persero) memutuskan untuk mengubah susunan pengurus pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2024 yang berlangsung pada hari ini Senin (10/6/2024).

Dalam RUPS ini, pemegang saham memutuskan untuk mengangkat Simon Aloysius Mantiri menjadi Komisaris Utama. Posisi Simon ini menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mundur menjelang Pemilu 2024.

"Pemegang Saham telah menunjuk Bapak Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina, serta menugaskan Bapak Condro Kirono sebagai Komisaris Independen Pertamina," ujar VP Corporste Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, kepada , Senin (10/6/2024).

Penujukan Simon Aloysius Mantiri ini berdasarkan Keputusan Menteri BUMN selaku RUPS PT Pertamina (Persero) SK-128/MBU/06/2024 tanggal 10 Juni 2024.

Siapakah Simon Aloysius Mantiri?

Dikutip dari laman gerindra.id, Senin (10/6/2024), Simon Aloysius Mantiri masuk dalam daftar Dewan Pembina DPP Gerindra. Posisi Simon sebagai pembina ini bersama dengan sejumlah politisi lainnya seperti Sufmi Dasco Ahmad, Fadli Zon dan Desmond Junaidi Mahesa.

Selain itu, pada masa kampanye 2024 lalu Simon Aloysius Mantiri juga memegang posisi Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sedangkan ditulis oleh Antara, Simon Aloysius Mantiri juga tercatat sempat menjadi direktur keuangan di Agrinas atau PT Agro Industri Nasional. Perusahaan ini dibentuk oleh Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan (YPPSDP).

Agrinas memiliki peran strategis mewujudkan ketahanan pangan, ketahanan energi, dan ketahanan air lewat usaha di bidang produksi tanaman pangan, produksi perikanan, bioenergi, konservasi, distribusi pangan dan teknologi produksi pangan.

Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur PT Nusantara Energy. Didirikan pada 2012, Nusantara Energi Indonesia adalah perusahaan investasi yang berkantor pusat di Jakarta. Portofolio PT Nusantara Energy mencakup berbagai macam industri seperti jasa pertambangan, transportasi laut curah, konstruksi, energi terbarukan, dan pasokan tenaga kerja.

Simon Aloysius Mantiri merupakan lulusan School of Business and Management di Institut Teknologi Bandung.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Rombak Komisaris Pertamina

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan perombakan dalam jajaran dewan komisaris PT Pertamina (Persero). Simon Aloysius Mantiri ditunjuk menjadi Komisaris Utama.

Ketetapan tersebut merupakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Pertamina. RUPST Tahun Buku 2023 itu dilakukan pada Senin, 10 Juni 2024, hari ini.

 "Kementerian BUMN selaku pemegang saham memutuskan untuk melakukan perubahan pada susunan Dewan Komisaris Pertamina," ujar VP Corporste Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, kepada , Senin (10/6/2024).

Dalam rapat tersebut, Erick Thohir menunjuk Simon Aloysius Mantiri jadi Komisaris Utama Pertamina. Dia sekaligus menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mundur menjelang Pemilu 2024 lalu.

Pemegang saham juga menunjuk Condro Kirono sebagai Komisaris Independen.

"Pemegang Saham telah menunjuk Bapak Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina, serta menugaskan Bapak Condro Kirono sebagai Komisaris Independen Pertamina," ujar Fadjar.

3 dari 3 halaman

Susunan Dewan Komisaris Pertamina

Adapun susunan Dewan Komisaris:

  1. Komisaris Utama & Independen: Simon Aloysius Mantiri
  2. Komisaris Independen : Condro Kirono
  3. Komisaris : Heru Pambudi
  4. Komisaris : Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono,S.H., M.H., M.Tr. (Han)
  5. Komisaris Independen : Alexander Lay
  6. Komisaris Independen : Ahmad Fikri Assegaf
  7. Komisaris Independen : Iggi H. Achsien.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat