uefau17.com

Indonesia AirAsia Buka Rute Bali - Cairns Australia, Catat Jadwalnya! - Bisnis

, Jakarta - Indonesia AirAsia tengah bersiap meluncurkan rute internasional terbaru yang menghubungkan Bali Indonesia dengan Cairns, sebuah kota di Tropical North Queensland, Australia. Rute baru Bali-Cairns mulai beroperasi 14 Agustus dengan tiket pemesanan yang sudah dibuka mulai Kamis 6 Juni 2024.

Rute penerbangan Bali-Cairns akan beroperasi dengan frekuensi terbang sebanyak 3 kali dalam seminggu yaitu pada Rabu, Jumat dan Minggu.

Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine menjelaskan, AirAsia senang dapat membuka rute terbaru ini.  Cairns menawarkan begitu banyak hal kepada jutaan tamu dari Bali dan seluruh Asia dengan pemandangan yang menakjubkan.

"Great Barrier Reef yang terkenal di dunia, salah satu dari tujuh keajaiban dunia, hutan hujan kuno, budaya unik, makanan laut lezat, dan masih banyak lagi," kata Veranita Yosephine dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (7/6/2024).

Rute internasional ketiga di 2024 ini diharapkan dapat membuka kemungkinan bagi penduduk Cairns dan kota-kota sekitarnya seperti Mackay dan Townsville, untuk terbang tidak hanya ke Bali yang menjadi favorit masyarakat Australia, tetapi juga ke lebih dari seratus destinasi dalam jaringan AirAsia Group yang luas, yaitu Indonesia, maupun Malaysia, dan Thailand.

 

"Meskipun kami memulai rute Denpasar-Cairns dengan tiga penerbangan mingguan, kami berharap kedepannya dapat meningkatkan jumlah penerbangan, sesuai permintaan," lanjut Vera.

 

Dukung Pariwisata Indonesia - Australia

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Vedi Kurnia Buana pun mendukung dibukanya rute baru Bali-Cairns.

"Kami sangat mengapresiasi upaya Indonesia AirAsia dalam mendukung pertumbuhan industri pariwisata dan memperluas konektivitas antara Indonesia dan Australia melalui penerbangan langsung yang menghubungkan Bali dengan Cairns, dua tujuan wisata favorit wisatawan Australia," tuturnya.

Pada 2023, Indonesia menyambut sekitar 1,37 juta wisatawan Australia. Angka ini menunjukkan minat besar wisatawan Australia terhadap Indonesia dan daya tarik Bali sebagai destinasi utama.

"Dengan adanya rute baru ini, kami yakin hubungan antara Indonesia dan Australia akan semakin kuat, serta membuka peluang bagi wisatawan dari Cairns untuk menjelajahi destinasi wisata lainnya di Indonesia," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tonggak Sejarah

Adapun sambutan dari Menteri Pariwisata Australia Michael Healy. Ia memuji langkah AirAsia memperluas jangkauannya ke Cairns.

The Far North tetap menjadi tujuan utama bagi pengunjung yang ingin melihat betapa banyaknya yang ditawarkan Queensland, dan sekarang dengan kedatangan Indonesia AirAsia ke Cairns, akan mendatangkan lebih banyak wisatawan dari seluruh dunia ke daerah yang sangat indah ini," kata Healy.

"Kerjasama dengan maskapai berbiaya rendah pertama di Asia ini menjadi tonggak sejarah penting lainnya yang berhasil menarik Investasi Penerbangan ke Cairns dan menunjukkan bahwa reputasi Queensland sebagai salah satu tujuan wisata pilihan di Australia sangat kuat," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Kedua Negara Catat Kunjungan Wisman dengan Jumlah Besar

Data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan, jumlah wisatawan yang datang ke Bali pada bulan Maret 2024 didominasi oleh wisatawan dari Australia dengan share sebesar 24,28 persen yaitu sebanyak 113.949 kunjungan. 

Adapun data dari Australian Bureau of Statistics yang juga menunjukkan, jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Australia sebanyak 164.9 kunjungan dan termasuk Top 10 source countries based on year ending June 2023. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat