uefau17.com

Harga Minyak Dunia Naik Lagi Hari Ini, Brent Dipatok USD 83,55 per Barel - Bisnis

, Jakarta Harga minyak mentah AS menutup minggu terbaiknya dalam lebih dari 4 bulan pada perdagangan Jumat (Sabtu waktu Jakarta). Hal ini karena berita ekonomi positif di dua negara ekonomi terbesar di dunia meningkatkan harapan akan permintaan minyak mentah yang lebih kuat tahun ini.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (27/1/2024), harga minyak dunia West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak bulan Maret naik 65 sen atau 0,84% menjadi USD 78,01 per barel. Sementara itu,  harga minyak Brent untuk kontrak bulan Maret diselesaikan pada USD 83,55 per barel, naik USD 1,12 atau 1,36%.

Harga minyak mentah AS membukukan minggu terbaiknya, naik 6,27%, sejak 1 September, Sedangkan minyak mentah acuan global terakhir naik 6,35% untuk minggu ini. Harga minyak WTI dan Brent masing-masing telah menguat lebih dari 8% untuk tahun ini.

Bagi konsumen, kenaikan harga minyak berarti harga yang sedikit lebih tinggi. Rata-rata nasional untuk satu galon bahan bakar berada pada USD 3,10 pada hari Jumat, naik sekitar 1 sen dari minggu lalu, menurut kelompok pengendara AAA .

Sementara itu, Analis GasBuddy Patrick de Haan menyatakan, harga gas akan terus naik hingga musim semi,

AS melaporkan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan pada kuartal keempat sebesar 3,3%, dibandingkan dengan perkiraan Wall Street sebesar 2%. Sementara itu, Tiongkok melonggarkan persyaratan cadangan banknya dalam upaya meningkatkan pertumbuhan di tengah kekhawatiran melemahnya perekonomian negara tersebut.

“Dua konsumen minyak terbesar di dunia kemungkinan memiliki permintaan yang cukup kuat tahun ini,” ungkap Manajer Portofolio di Tortoise Capital, Robert Thummel.

Potensi Permintaan Minyak

Potensi permintaan yang lebih tinggi muncul ketika pasokan minyak mentah turun di AS akibat badai musim dingin. Persediaan minyak mentah turun 9,2 juta barel pada pekan lalu karena produksi turun 1 juta barel per hari, menurut data dari Badan Informasi Energi.

Di sisi pasokan, OPEC dan sekutunya, OPEC+, tidak merencanakan perubahan apa pun terhadap pengurangan produksi minyak pada pertemuan organisasi tersebut pada hari Kamis. OPEC+ memangkas 2,2 juta barel per hari setidaknya selama kuartal pertama untuk mendukung harga minyak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gencatan Senjata di Gaza

Ada juga indikasi bahwa gencatan senjata di Gaza sedang direncanakan. Jika hal ini terjadi, hal ini dapat mengurangi risiko geopolitik di Timur Tengah yang biasanya mendorong harga minyak mentah.

Gedung Putih berencana mengirim direktur CIA William Burns untuk membantu merundingkan gencatan senjata selama dua bulan dalam perang dengan imbalan pembebasan semua sandera yang tersisa oleh Hamas, kata para pejabat yang mengetahui masalah tersebut kepada Washington Post.

Namun salah satu pejabat mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa Hamas telah menolak usulan tersebut dan menuntut gencatan senjata permanen sebagai imbalan atas para sandera.

“Israel yang keras kepala, yang menolak membahas gencatan senjata secara efektif, apalagi rencana perdamaian berkelanjutan kecuali Hamas dilenyapkan, akan memastikan gangguan pengiriman terus menerus di Laut Merah,” Tamas Varga, dari pialang minyak PVM.

 

3 dari 3 halaman

Militan Houthi

Militan Houthi di Yaman terus menargetkan pengiriman di Laut Merah meskipun ada serangan udara AS. Tiongkok telah meminta Iran untuk mengendalikan serangan Houthi atau mengambil risiko merugikan bisnis dengan Beijing, kata empat sumber Iran dan seorang diplomat yang akrab dengan Reuters .

Dugaan serangan pesawat tak berawak Ukraina terhadap terminal bahan bakar Rusia di Laut Baltik akhir pekan lalu juga menyoroti ancaman geopolitik yang sedang berlangsung terhadap pasokan bahan bakar.

“Ini memberikan bantuan yang sangat berharga untuk terobosan ke atas dari rentang perdagangan baru-baru ini dan memberikan momentum kepada mereka yang memiliki kecenderungan bullish,” kata Varga tentang serangan pesawat tak berawak tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat