uefau17.com

Top 3: Daftar Orang Terkaya Indonesia 2023 Versi Forbes, Duitnya Bikin Geleng-Geleng - Bisnis

, Jakarta Forbes telah merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2023. Tercatat, harta gabungan orang terkaya Indonesia 2023 menembus rekor USD 252 miliar, naik 40% dari USD 180 miliar pada tahun lalu.

Dilaporkan, separuh taipan dalam daftar tersebut menjadi lebih kaya dibandingkan tahun lalu. Hartono bersaudara, yaitu R. Budi & Michael Hartono masih menduduki puncak orang terkaya di Indonesia.

Daftar orang terkaya Indonesia ini menjadi berita yang banyak dibaca. Berikut daftarnya per Jumat (8/12/2023):

1. Kenalkan, 50 Orang Terkaya Indonesia 2023 Versi Forbes

Forbes telah merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2023. Tercatat, harta gabungan orang terkaya Indonesia 2023 menembus rekor USD 252 miliar, naik 40% dari USD 180 miliar pada tahun lalu.

Dilaporkan, separuh taipan dalam daftar tersebut menjadi lebih kaya dibandingkan tahun lalu. Hartono bersaudara, yaitu R. Budi & Michael Hartono masih menduduki puncak orang terkaya di Indonesia.

Dilansir dari Forbes, Kamis (7/12/2023), adapun posisi berikutnya dipegang pemilik perusahaan petrokimia dan energi milik Prajogo Pangestu yang paling meraih keuntungan terbesar tahun ini baik dalam dolar maupun persentase.

Dengan peningkatan kekayaan bersih lebih dari delapan kali lipat menjadi USD 43,7 miliar, dari uUSD 5,1 miliar pada tahun lalu meningkat ke posisi kedua untuk pertama kalinya.

Baca berita selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Asik, Rekrutmen CPNS dan PPPK Bakal Digelar 3 Bulan Sekali

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tengah merancang adanya proses rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti CPNS dan PPPPK tiap tiga bulan sekali, berbeda dengan sebelumnya dimana perekrutan dilakukan satu sampai dua tahun sekali.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa jarak yang singkat dari setiap rekrutmen ini mengacu pada tujuh agenda reformasi dan transformasi sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN.

“Pertama, transformasi rekrutmen dan jabatan ASN, jadi ke depan rekrutmen tidak ritual dua atau satu tahunan, karena tiap tiga bulan akan ada rekrutmen ASN,” kata dia dikutip dari Antara, Kamis (7/12/2023).

Ia mencontohkan kondisi sebelumnya, yaitu misalnya Januari dilakukan pensiun dan dua tahun kemudian baru dilakukan perekrutan ASN, maka yang terjadi adalah pengangkatan tenaga honorer.  

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Tiket LRT Jabodebek Dapat Subsidi, Segini Tarif Terbarunya

LRT Jabodebek mendapatkan porsi subsidi angkutan yang tak kecil, mencapai hampir Rp 120 miliar di 2023. Pemberian subsidi ke LRT Jabodebek ini didalurkan melalui skema public services obligation (PSO) dari Kementerian Perhubungan kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Ketentuan subsidi PSO itu tertuang dalam Penandatanganan Kontrak Subsidi Penyelenggaraan Kereta Api Ringan (LRT) Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi Tahun 2023.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menuturkan, sebagai salah satu upaya dalam mendorong terjadinya pergeseran ini, Pemerintah telah memberikan beragam insentif untuk menarik minat Masyarakat, seperti pada LRT Jabodebek.

“Khusus untuk LRT Jabodebek saja, kami menganggarkan dana Kewajiban Pelayanan Publik (Public Service Obligation/PSO) sebesar Rp 119.793.951.000,00 (hampir Rp 120 miliar) pada 2023,” ucap Risal, mengutip keterangan resmi, Kamis (7/12/2023).

Baca artikel selengkapnya di sini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat