uefau17.com

Kondisi Terbaru Luhut Binsar Pandjaitan Usai Sebulan Dirawat di Singapura - Bisnis

, Jakarta - Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Rachmat Kaimuddin mengungkap kondisi kesehatan terbaru Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Diketahui, Luhut saat ini tengah dirawat di salah satu rumah sakit Singapura.

Rahmat menyebut, kondisi kesehatan Menko Luhut terus mengalami kemajuan. Dia sendiri mengaku akan bertolak ke Singapura untuk menengok atasannya pada siang ini.

"Kondisinya pak Luhut terus recovering (pulih), going well (berjalan baik). Saya kebetulan mau terbang nih jenguk," ujar Rachmat kepada awak media di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Jumat (10/11/2023).

Meski begitu, Rachmat tidak menjawab pertanyaan awak media terkait kapan kemungkinan Menko Luhut untuk kembali ke Indonesia. Dia berjanji akan menyampaikan salam dari awak media kepada Menko Luhut secara langsung.

"Nanti saya sampaikan salamnya teman-teman semua, ya," pungkas Rachmat meninggalkan awak media.

Potret Terbaru Luhut Nyaris Sebulan Dirawat di Singapura: Rambutnya Kini Tampak Memutih

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, mengunggah momen saat dirinya dijenguk Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Singapura.

Luhut mengaku bahwa kondisinya kini berangsur-angsur membaik setelah hampir satu bulan menjalani masa pemulihan.

Dalam unggahan di Instagram pribadinya, Sabtu (4/11), Luhut menampilkan dirinya yang mengenakan baju berwarna abu dan rambut yang kini tampak memutih. 

Luhut memberikan hormat kepada Presiden Jokowi saat datang menjenguknya. 

"Saya juga sudah bisa menerima kunjungan Presiden Jokowi, wakil presiden, para menteri dan teman-teman terdekat. Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali." tulis Luhut Pandjaitan, dalam unggahannya. 

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menko Luhut Akhirnya Buka Suara Alasan Berobat ke Singapura

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, buka suara terkait alasannya memilih berobat ke Singapura. Diketahui, Menko Luhut masih dalam tahap pemulihan di salah satu Rumah Sakit Singapura usai mengalami permasalahan kesehatan.

Namun, dibalik itu banyak orang yang mempertanyakan kenapa Menko Luhut memilih berobat ke negeri tetangga dibandingkan di tanah air sendiri.

Untuk menanggapi hal tersebut, Luhut akhirnya membeberkan alasannya itu melalui instagram pribadinya pda Sabtu (4/11/2023).

Luhut mengungkapkan, awal mula ia dirawat di 

RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto. Kemudian, Luhut di rujut ke RS Singapura untuk mendapatkan lingkungan yang lebih baik guna pemulihannya.

"Saya menyadari banyak pertanyaan yang muncul terkait mengapa saya tidak berobat di Indonesia, malah pergi ke Singapura. Sebenarnya, pengobatan saya dimulai di RS Medistra dan RSPAD Gatot Subroto, di mana saya mendapat tindakan medis awal. Tawaran dari sahabat dan harapan keluarga agar saya mendapat lingkungan yang memungkinkan pemulihan lebih optimal, kemudian membawa saya dirujuk ke Singapura," tulis Luhut.

Menurut Luhut, menjalani pemulihan di tempat yang jauh dari rumah dinilai merupakan pilihan yang tepat lantaran proges pemulihan kesembuhannya menjadi lebih cepat.

"Rupanya menjalani pemulihan jauh dari rumah adalah pilihan yang bijak, sebagaimana terlihat dari  progress kondisi saya yang berangsur-angsur membaik sampai saat ini," ujarnya.

Luhut Dijenguk Jokowi

Adapun selama dirawat di salah satu RS di Singapura itu, Luhut mengatakan sudah dijenguk oleh  Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan menteri RI.

"Saya juga sudah bisa menerima kunjungan Presiden @jokowi (Jokowi), Wakil Presiden, para Menteri dan teman-teman terdekat. Rasanya seperti mendapat tambahan energi dan semangat untuk pulih kembali," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Luhut Beri Bocoran Soal Kapan Pulang ke Indonesia

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku kangen untuk kembali bekerja di Jakarta. Bahkan, dirinya juga memberi sinyal akan balik ke ibu kota dalam waktu dekat.

Saat ini, Menko Luhut masih dalam tahap pemulihan di salah satu Rumah Sakit Singapura usai mengalami permasalahan kesehatan.

"Doain aja ya (balik ke Jakarta), sesegera mungkin," kata Luhut melalui cuplikan video di akun instagram @luhut.pandjaitan dikutip Senin (30/10).

Meski begitu, Luhut tidak menyebut secara pasti kapan waktu kepulangannya di Jakarta. Dirinya menyebut masih akan berada di Singapura untuk proses pemulihan selama beberapa waktu ke depan sebagaimana nasehat dari sang istri.

"Saya mungkin butuh beberapa waktu. Tapi yang jelas saya akan menuruti istri saya," ucapnya.

Dia kemudian membantah kabar terkait rumor yang menyebutkan bakal mundur dari Menko Marves usai kondisi kesehatannya terganggu. Dia memastikan akan tetap loyal dan setia terhadap Presiden Jokowi.

"Saya tidak akan pernah mundur dari (kabinet) Pak Jokowi. Saya akan tetap loyal pada Pak Jokowi, sampai akhir mungkin dia sudah tidak membutuhkan saya," teganya.

Di konfirmasi secara terpisah, Juru Bicara Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Jodi Mahardi masih belum membahas pertanyaan Merdeka.com terkait update perkembangan kesehatan dan penyakit yang di idap Luhut.

Setali tiga uang, Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves, Septian Hario Seto juga belum bersedia membalas percakapan pesan serupa.

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

4 dari 4 halaman

Dokter Singapura Larang Luhut Binsar Pandjaitan Kerja Keras

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan perlu dikurangi sehingga tidak terlalu bekerja keras. Ini sesuai dengan permintaan dokter yang merawat Luhut Binsar Pandjaitan di Singapura.

Hal tersebut diungkapkan Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang juga merupakan menantu dari Luhut Binsar Pandjaitan

"Memang dari dokter, Pak Luhut diharapkan tidak terlalu bekerja keras, jadi harus agak diturunkan sementara. Itu yang perlu dilakukan oleh Pak Luhut sehingga ya lebih baik istirahat dulu," kata Maruli Simanjuntak di Istana Merdeka Jakarta dikutip dari Antara, Senin (30/10/2023).

Menurut Maruli, beban kerja Luhut perlu dievaluasi agar tidak mempengaruhi kondisi kesehatannya. Dengan evaluasi, diharapkan kesehatan diharapkan stabil nantinya.

"Mungkin yang perlu kita hitung lagi nanti, kalau di sini mungkin akhirnya jadi sekian persen sudah bekerja nanti. Ini step by step lah," katanya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat