uefau17.com

Harga Emas Dunia Melambung ke Level Tertinggi, Jangan Kaget Dipatok Segini! - Bisnis

, Jakarta Harga emas naik ke level tertingginya dalam lebih dari dua bulan pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta). Harga emas dunia terbang tinggi meningkatnya konflik di Timur Tengah antara Israel dan Hamas Palestina membuat investor berbondong-bondong menuju logam safe-haven.

Dikutip dari CNBC, Kamis (19/10/2023), harga emas di pasar spot meningkat 1% menjadi USD 1.950,67 per ounce, setelah mencapai level tertinggi sejak 1 Agustus.

Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup melonjak 1,7% ke level USD 1.968,3.

 

“Harga emas dapat menembus USD 2.000 dalam waktu dekat jika terjadi eskalasi konflik geopolitik. Selain itu, jika The Fed menghentikan sementara kenaikan suku bunga atau mengisyaratkan kemungkinan kenaikan yang lebih rendah di masa depan akan dipandang positif,” kata Manajer Portofolio Senior Sprott Asset Management, Ryan McIntyre.

Harga emas, yang dianggap sebagai penyimpan nilai yang aman di tengah ketidakpastian politik dan keuangan, sejauh ini telah naik lebih dari 5% di bulan Oktober. Indeks saham utama Wall Street merosot di tengah penghindaran risiko.

“Harga emas akan melemah jika situasi di Timur Tengah melemah, namun saat ini pasar memperkirakan akan terjadi eskalasi lebih lanjut,” kata Jim Wyckoff, Analis Senior Kitco Metals.

Sekitar 500 warga Palestina tewas dalam ledakan di sebuah rumah sakit di Kota Gaza pada hari Selasa.

Dengan dolar Amerika Serikat (AS) yang mempertahankan tren bullish dan imbal hasil obligasi kembali meningkat, tidak diperlukan banyak upaya untuk menjatuhkan harga emas kembali, Fawad Razaqzada, analis pasar di City Index, menulis dalam sebuah catatan.

Suku Bunga The Fed

Fokus juga tertuju pada pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell yang dijadwalkan pada hari Kamis, yang dapat memberikan kejelasan mengenai jalur suku bunga The Fed setelah komentar dovish baru-baru ini dari beberapa pengambil kebijakan AS.

Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank, menyoroti dalam sebuah catatan bahwa manajer aset, yang banyak di antaranya memperdagangkan emas melalui dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), terus fokus pada kekuatan ekonomi AS, kenaikan imbal hasil obligasi, dan potensi penundaan lain pada puncaknya. tarif.

Sejalan dengan harga emas hari ini, harga perak di pasar spot naik 0,2% menjadi USD 22,87, harga platinum turun 1,4% menjadi USD 884,89 dan harga paladium turun 1% menjadi USD 1,132.61. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Emas Dunia Naik Lagi, Menanti Gencatan Senjata Hamas-Israel

Harga emas mengkonsolidasikan kenaikan pada hari Selasa karena para pedagang terus mencermati perkembangan seputar konflik Israel-Hamas, dan juga bersiap untuk isyarat jalur kenaikan suku bunga AS dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell minggu ini. Ini yang mempengaruhi harga emas.

Dikutip dari CNBC, Rabu (18/10/2023), harga emas dunia di pasar spot naik 0,1% menjadi USD 1,921.8668 per ounce pada pukul 16:19. ET, dan emas berjangka AS naik 0,05% pada USD 1,935.20.

Presiden AS Joe Biden akan melakukan kunjungan penting ke Israel pada hari Rabu ketika krisis kemanusiaan di Gaza memburuk.

Sampai ada semacam gencatan senjata atau deeskalasi, emas akan berada di atas kisaran USD 1.900, kata Everett Millman, kepala analis pasar di Gainesville Coins.

Emas Sudah Naik 4%

Emas, yang dianggap sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian politik dan keuangan, sejauh ini telah meningkat lebih dari 4% di bulan Oktober.

Namun jika tidak ada peningkatan, potensi kenaikan emas lebih lanjut kemungkinan akan tetap terbatas karena penurunan suku bunga AS mungkin terjadi lebih lambat dari perkiraan, kata Commerzbank dalam sebuah catatan, mengulangi perkiraannya sebesar $1.900 pada akhir Desember dan $2.100 per ounce pada akhir tahun 2024.

 

3 dari 3 halaman

Pidato Gubernur The Fed

Pidato Powell pada hari Kamis dapat memberikan lebih banyak pencerahan mengenai jalur kebijakan moneter bank sentral AS setelah retorika dovish baru-baru ini dari beberapa pejabat Fed.

Jika ada petunjuk bahwa The Fed akan mencapai akhir dari siklus kenaikan suku bunga, hal ini akan berdampak baik bagi emas, bahkan jika kita tidak segera melakukan penurunan suku bunga, Millman menambahkan.

Suku bunga yang lebih tinggi meningkatkan opportunity cost memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Membatasi kenaikan harga emas batangan, imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun yang menjadi acuan mencapai level tertinggi dalam lebih dari satu minggu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat