uefau17.com

Inilah Laura Mærsk, Kapal Kontainer Raksasa "Hijau" Berbahan Bakar Metanol Pertama di Dunia - Bisnis

, Jakarta - Perusahaan pelayaran raksasa Maersk mengenalkan kapal kontainer pertamanya yang digerakkan dengan bahan bakar metanol ramah lingkungan. Peluncuran kapal kontainer ini dinilai menjadi sebuah momen penting bagi salah satu industri yang paling berpolusi di dunia.

"Kapal kontainer berbahan bakar metanol pertama di dunia akan diberi nama “Laura Mærsk”," ungkap Presiden Komisi UE Ursula von der Leyen pada sebuah upacara di Kopenhagen melansir laman resmi Maersk, Jumat (15/9/2023).

Kapal kontainer baru yang dipesan pada tahun 2021 ini memiliki dua mesin: satu digerakkan dengan bahan bakar tradisional dan satu lagi dijalankan dengan metanol ramah lingkungan, komponen alternatif, yang menggunakan biomassa atau karbon yang ditangkap dan hidrogen dari tenaga terbarukan.

Secara praktis, kapal baru ini mengeluarkan 100 ton karbon dioksida lebih sedikit per hari dibandingkan dengan kapal berbahan bakar diesel.

"Ini adalah hari yang sangat simbolis dalam transisi energi kita, benar-benar menjadi kenyataan, sesuatu yang konkret yang dapat kita tunjukkan, bukan hanya komitmen dan kerja keras, tetapi benar-benar sesuatu yang dapat dilihat oleh semua orang," kata CEO Maersk Vincent Clerc melansir CNBC.

Ini adalah "langkah pertama bagi kami. Tapi ini juga merupakan langkah pertama bagi industri ini. Kapal ini baru dipesan pada tahun 2021, dan dia benar-benar yang pertama dari jenisnya. Hari ini, hanya beberapa tahun kemudian, kami memiliki 125 kapal yang telah dipesan oleh perusahaan yang berbeda untuk benar-benar bekerja pada teknologi yang sama dan transisi energi yang sama. Jadi kapal ini benar-benar menjadi pencipta tren untuk seluruh industri," kata Clerc.

Evergreen dan perusahaan pelayaran lainnya telah memesan kapal serupa, meskipun mereka memiliki target netralitas karbon yang tidak terlalu ambisius dibandingkan dengan Maersk.

Pelayaran menyumbang sekitar 3% dari emisi karbon global, jumlah yang sebanding dengan negara-negara penghasil polusi utama. Namun, dekarbonisasi sektor ini cukup menantang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

20 Negara Mendukung Pajak Pengapalan

Menteri Perindustrian Denmark Morten Bodskov mengatakan bahwa hal ini dikarenakan industri ini merupakan industri global.

Sekitar 90% barang yang diperdagangkan di dunia diangkut melalui pelayaran laut, menurut Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan atau Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

"Dan jika Anda ingin membuat perjanjian global, Anda harus memiliki, maksud saya, kurang lebih semua negara di belakang perjanjian tersebut, dan kemudian ini adalah industri di pasar yang sangat kompetitif. Hal itu juga menjadi faktor kunci," kata Bodskov melansir kepada CNBC, Jumat (15/9).

Apa yang disebut sebagai pajak pengapalan adalah contoh yang baik dari percakapan global yang menantang tentang bagaimana mempercepat upaya dekarbonisasi.

Pada bulan Juni, sebuah kelompok yang terdiri dari 20 negara mendukung rencana pungutan atas emisi industri perkapalan. Namun, Cina, Argentina, dan Brasil termasuk di antara negara-negara yang menentang gagasan tersebut.

Berbicara kepada CNBC, pimpinan Maersk mengatakan bahwa perusahaannya mendukung pajak semacam itu.

"Kami telah lama menganjurkan penerapan pajak karbon untuk benar-benar menyamakan kedudukan dan memberikan insentif ekonomi yang tepat bagi perusahaan-perusahaan untuk benar-benar beralih ke transisi ramah lingkungan," katanya.

"Saya khawatir dengan retorika yang mengatakan bahwa transisi energi adalah sebuah kerugian dan bukan sebuah peluang besar," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Masalah Pasokan

Kapal ini adalah kapal pertama dari 25 kapal yang akan tiba pada tahun 2024. Maersk menargetkan untuk menjadi netral iklim pada tahun 2040, sehingga kapal-kapal baru ini akan menjadi bagian penting untuk memenuhi tenggat waktu tersebut dan memperbarui armadanya yang berjumlah sekitar 700 kapal.

Namun, para analis khawatir bahwa Maersk dan para pesaingnya mungkin akan kesulitan untuk menemukan pasokan metanol ramah lingkungan yang cukup. Bahan bakar ini langka dan mahal untuk diangkut.

"Ketika saya melihat pasar untuk bahan bakar ramah lingkungan ini, metanol jelas merupakan salah satu produk yang paling maju saat ini. Tetapi apa yang saya dengar dari industri dan dari para pelaku pasar adalah bahwa pembungkusan metanol, metanol hijau, belum meningkat dengan sangat cepat," Ulrik Bak, analis riset di SEB, mengatakan kepada CNBC pada hari Rabu.

"Akan ada waktu yang signifikan di mana saya percaya bahwa kita akan memiliki lebih banyak kapal metanol, kemudian akan ada metanol hijau untuk memasok kapal-kapal itu," katanya.

Maersk telah menandatangani setidaknya sembilan perjanjian dengan para pemasok metanol hijau dari seluruh dunia dalam upaya mendorong perusahaan-perusahaan ini untuk memproduksi lebih banyak komoditas tersebut.

"Ini sebenarnya telah menjadi masalah utama, masalah utama untuk sementara waktu," kata Clerc.

"Dan hal ini akan terus berlanjut karena kita perlu meningkatkannya. Hal ini terus menjadi salah satu area fokus utama yang perlu kita miliki saat ini," katanya, seraya menambahkan "kami lebih percaya diri hari ini dibandingkan dengan setahun yang lalu (terkait dengan pengamanan pasokan)".

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat