uefau17.com

Berstandar AS, Beton Penopang LRT Jabodebek Diklaim Punya Umur Panjang - Bisnis

, Jakarta - LRT Jabodebek telah melewati sepekan masa operasional. Sejumlah kendala teknis jadi catatan selama masa pengoperasian tersebut.

Kendati mengantongi sejumlah PR selama masa pengoperasian, struktur penopang operasi LRT Jabodebek diklaim punya usia panjang, dengan memakai beton penopang yang telah melewati uji standar Amerika.

Corporate Secretary PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Vita Mahreyni menjelaskan, produk beton yang dipasok dari batching plant Semen Indonesia di Pulogadung Jakarta Timur, Kuningan Jakarta Selatan, dan Sentul Bogor di antaranya CastoCrete, solusi beton untuk produksi beton pra cetak (precast) atau pra tekan yang umumnya membutuhkan kuat tekan awal yang tinggi.

Kemudian PileCrete, solusi beton berperforma tinggi untuk struktur pondasi tiang (bore pile). Pada proyek LRT Cawang-Dukuh Atas, produk beton ini digunakan pada jenis pekerjaan pondasi tiang (bore pile) LRT, tiang pancang LRT, jalur LRT, lantai kerja LRT, dan girder (penopang) jembatan.

"Selain memasok beton di proyek LRT, Semen Indonesia juga memasok agregat kasar (material campuran beton) jenis batu split berukuran 10-20 mm yang dikirim ke pabrik precast di Plant Sentul dan Plant Gatot Subroto untuk proyek pembangunan LRT Cibubur-Cawang-Dukuh Atas," jelasnya, Senin (4/9/2023).

 

"Produk agregat tersebut telah memenuhi standar ASTM (American Standard Testing and Material), sebuah organisasi dunia yang mengembangkan standardisasi teknik untuk material, produk, sistem dan jasa," ujar Vita.

Selain itu, Vita menambahkan, produk agregat yang berasal dari area penambangan di Maloko, Rumpin, Bogor tersebut juga memiliki sejumlah keunggulan, baik dari sisi kualitas ukuran (gradasi), berat jenis batu (density), kebersihan batu (washing lost), dan berbagai aspek teknis lainnya. Lalu dari sisi kuantitas dengan komitmen terjaminannya pasokan material ke proyek.

Ukuran produk agregat yang dipasok sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan yaitu 10-20 mm. Agregat juga berbentuk kubikal (kotak). Sehingga lebih masif dan kuat saat bercampur dengan semen untuk pembuatan beton precast.

"Kombinasi keduanya memberikan kekuatan yang pada akhirnya mempengaruhi stabilitas dalam campuran karena masing-masing partikel agregat kasar saling mengunci. Dari sisi berat jenis, produk agregat berada pada kisaran 2,59 yang membuat beton memiliki kuat tekan yang lebih baik," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sepekan Beroperasi, Penumpang LRT Jabodebek Tembus 222.800 Orang

Selama sepekan beroperasinya LRT Jabodebek sejak 28 Agustus hingga 3 September 2023, tercatat jumlah penumpang yang menggunakan jasa LRT Jabodebek terus meningkat.

Lonjakan penumpang LRT Jabodebek terjadi di akhir pekan, tepatnya pada Sabtu (2/9/2023) dan Minggu (3/9/2023).

Tercatat sebanyak 41.518 warga masyarakat yang mencoba LRT Jabodebek pada Sabtu (2/9/2023), dan 54.117 orang yang mencoba pada Minggu (3/9/2023). Adapun Stasiun Dukuh Atas jadi stasiun LRT Jabodebek terpadat.

"Pada Sabtu (2/9) dan Minggu (3/9) masyarakat banyak menggunakan LRT Jabodebek untuk sekedar berjalan-jalan mengisi waktu luang pada hari libur, dan ingin membuktikan secara langsung serta merasakan sensasi menggunakan kereta yang beroperasi tanpa masinis tersebut," ujar Manager Public Relations LRT Jabodebek Kuswardoyo, Senin (4/9/2023).

Secara keseluruhan, berikut rincian data pengguna jasa LRT Jabodebek selama sepekan pada 28 Agustus-3 September 2023:

  • 28 Agustus: 6.475 penumpang
  • 29 Agustus: 28.381 penumpang
  • 30 Agustus: 30.519 penumpang
  • 31 Agustus: 31.051 penumpang
  • 1 September: 30.739 penumpang
  • 2 September: 41.518 penumpang
  • 3 September: 54.117 penumpang

Total 7 hari: 222.800 penumpang

 

3 dari 3 halaman

Terus Disempurnakan

Lebih lanjut, Kuswardoyo memohon maaf apabila layanan LRT Jabodebek kerap alami gangguan dalam sepekan layanan pertamanya. KAI dan seluruh stakeholder yang lainnya terus berupaya menyempurnakan beberapa kekurangan yang ada pada pelayanan LRT Jabodebek saat ini.

"Kami memohon maaf atas segala ketidaknyamanan yang terjadi selama ini, kami selalu berusaha untuk melakukan evaluasi dan perbaikan pelayanan yang ada dan menjadikan LRT Jabodebek sebagai moda transportasi pilihan untuk mengurai kemacetan bagi masyarakat di Jabodebek dan sekitarnya," tuturnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat