uefau17.com

IKN Gelar Upacara HUT RI ke-78, Pertama Kali dalam Sejarah - Bisnis

, Jakarta Pada peringatan HUT RI ke-78 kali ini, IKN Nusantara pertama kali menyelenggarakan upacara untuk yang pertama kalinya. Upacara HUT RI ke-78 ini mengangkat tema 'Satukan Tekad Menyongsong Nusantara'.

"OIKN berharap seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menyatukan tekad untuk mendukung pembangunan ibu kota baru Indonesia," tulis keterangan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Kamis (17/8/2023).

Upacara di IKN akan dipimpin Kepala Otorita IKB Bambang Susantono. Upacara dijadwalkan berlangsung pada pukul 08.30-10.00 WITA atau 07.30-09.00 WIB. 

Adapun lokasi upacara dilakukan di Sumbu Kebangsaan IKN.

Tak hanya upacara pengibaran bendera. di Sumbu Kebangsaan IKN juga diselenggarakan upacara penurunan bendera pada sore harinya. Acaranya berlangsung pada 17.00-18.00 WITA atau 16.00-17.00 WIB.

Interaksi dengan Jokowi

Sebelumnya, Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, bakal ada video conference dengan IKN pada saat upacara HUT RI di Istana Merdeka berlangsung.

"Nanti ada semacam video conference dengan di IKN, karena di IKN juga ada upacara peringatan 17 Agustus diadakan juga di IKN, pada hari yang sama," kata Bey ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan.

Menurut dia, upacara peringatan kemerdekaan ke-78 RI di IKN akan dipimpin oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono.

Dia mengatakan akan ada interaksi antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pihak pelaksana upacara kemerdekaan di IKN.

"Direncanakan seperti itu (ada interaksi antara Istana Kepresidenan di Jakarta dengan di IKN Nusantara). Kita cek juga nanti jaringan dan sebagainya, apakah memungkinkan atau tidak," ujar Bey.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi: Kita Ingin Agustus 2024, Upacara HUT ke-79 RI di Halaman Istana IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah menjadi kota modern yang hidup pada bulan Agustus 2024. Jokowi ingin Upacara HUT ke-79 RI nantinya bisa digelar di halaman Istana Kepresidenan yang ada di IKN.

"Jadi sekali lagi, yang jelas di Bulan Agustus 2024 kita ingin IKN telah menjadi kota modern yang hidup. Dan kita Upacara HUT Kemerdekaan ke Indonesia ke-79 itu di Halaman Istana IKN," jelas Jokowi saat menyampaikan sambutan utama tentang Ibu Kota Nusantara: Sejarah Baru Peradaban Baru di Djakarta Theater Jakarta, Selasa (18/10/2022) malam.

Dia meyakini hal ini akan menjadi semangat bagi semua masyarakat Indonesia, apabila benar terwujud. Namun, kata Jokowi, semua masyarakat harus bergotong royong dalam pembangunan IKN.

"Dengan upaya kita bersama, dengan semangat gotong royong kita bersama, saya yakin 17 Agustus 2024 kita bisa merayakan bersama-sama di Nusantara," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Demi Kemajuan Negara

Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan IKN merupakan agenda besar pemerintah yang dilakukan untuk kemajuan negara. Dia menekankan masyarakat tak perlu dengan komitmen pemerintah terkait keberlanjutan IKN Nusantara.

"Bapak/Ibu tidak perlu ragu dan bimbang karena payung hukumnya sudah jelas yaitu, UU Nomor 3 tahun 2022 dan itu ini juga harus tau itu telah disetujui 93 persen dari fraksi di DPR loh," jelas dia.

"Kurang apalagi? Kalau masih ada yang belum yakin jadi kurang apa lagi? Tidak perlu lagi untuk dipertanyakan," sambung Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat