uefau17.com

Harga Minyak Dunia Tumbang Dampak Pelemahan Permintaan China - Bisnis

, Jakarta - Harga minyak dunia akhirnya harus turun di tengah perdagangan yang berombak pada Selasa. Penurunan harga minyak dunia ini terjadi dipicu perkiraan pertumbuhan permintaan minyak mentah yang lebih lambat dari China yang merupakan konsumen terbesar minyak dunia.

Selain itu, harga minyak juga turun karena kekecewaan pelaku pasar akan pemotongan suku bunga pinjaman di China.

Menambah sentimen bearish, pelaku pasar mencatat pasokan minyak mentah dari Iran dan Rusia telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Namun, penurunan harga minyak dunia dibatasi oleh ekspektasi bahwa permintaan minyak akan tumbuh di China dan India pada paruh kedua tahun ini.

Mengutip CNBC, Rabu (21/6/2023), harga minyak mentah Brent berjangka untuk pengiriman Agustus turun 19 sen, atau 0,3 persen menjadi menetap di USD 75,90 per barel.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Juli juga turun USD 1,28, atau 1,8 persen, dan menetap di USD 70,50 pada hari terakhirnya sebagai bulan depan AS.

Harga minyak mentah WTI untuk kontrak pengiriman Agustus turun sekitar 1 persen menjadi USD 71,93 per barel.

“Minyak mengunci apa saja dan segala sesuatu yang berhubungan dengan China. Minggu ini, pedagang energi melihat pelemahan minyak muncul karena upaya stimulus yang mengecewakan,” kata analis pasar senior OANDA, Edward Moya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sentimen dari China

China memangkas suku bunga pinjaman acuan (LPR) untuk pertama kalinya dalam 10 bulan, dengan pengurangan 10 basis poin. Angka ini lebih kecil dari perkiraan dalam LPR lima tahun.

Pengurangan suku bunga mengikuti data ekonomi baru-baru ini yang menunjukkan sektor ritel dan pabrik China sedang berjuang untuk mempertahankan momentum dari awal tahun ini.

"Pedagang minyak mungkin perlu melihat terwujudnya pemulihan ekonomi yang kuat di China untuk meningkatkan pandangan mereka terhadap permintaan minyak," kata Tina Teng dari CMC Markets di Auckland.

Seorang ahli di kelompok penelitian China National Petroleum (CNPC) mengatakan, permintaan minyak mentah China akan tumbuh kurang dari yang diperkirakan sebelumnya karena minat yang kuat untuk kendaraan listrik membebani penggunaan bensin.

Data Administrasi Umum Bea Cukai menunjukkan impor bahan bakar minyak China turun pada Mei setelah mencapai level tertinggi satu dekade pada April, sementara ekspor bahan bakar laut belerang rendah naik.

Pemerintah China bertemu minggu lalu untuk membahas langkah-langkah untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan beberapa bank besar memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi 2023 untuk China di tengah kekhawatiran bahwa pemulihan pasca-COVID goyah.

Meskipun perkiraan pertumbuhan permintaan minyak lebih rendah, konsumsi di China dan India masih diperkirakan akan meningkat dalam beberapa bulan mendatang.

 

3 dari 3 halaman

Permintaan Semester II di China dan India

Analis dari konsultan Eurasia Group mengatakan bahwa pertumbuhan permintaan mungkin mendapat dorongan di paruh kedua jika China memperkenalkan langkah-langkah stimulus baru untuk meningkatkan ekspansi ekonomi.

“Booming sektor penerbangan India juga akan berkontribusi pada pertumbuhan permintaan secara keseluruhan,” kata analis di Eurasia.

India mendominasi Paris Airshow saat Air India menyelesaikan pesanan besar untuk 470 pesawat dari Airbus SE dan Boeing Co.

Di sisi pasokan, ekspor minyak mentah dan produksi minyak Iran telah mencapai level tertinggi baru tahun ini meskipun ada sanksi AS.

Rusia juga akan meningkatkan ekspor solar dan gasoil lintas laut bulan ini, melebihi pemotongan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya termasuk Rusia sendiri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat