uefau17.com

Daftar Miliarder Ekspatriat Timur Tengah Bergelimang Harta di Negeri Orang - Bisnis

, Jakarta Beberapa miliarder disebut terlahir dari Timur Tengah. Namun pada kenyataannya, mereka bukan berasal dari negara tersebut.

Entah karena bisnis atau perpindahan kependudukan, berikut ini daftar sembilan miliarder ekspatriat yang bukan keturunan Arab, tapi disebut lahir di Timur Tengah seperti melansir Forbes Middle East, Selasa (23/5/2023). Jika digabungkan, mereka bernilai USD 35,6 miliar, menurut Forbes.

1. Pavel Durov

Kekayaan 2023: USD 11,5 miliar

Negara: UAE

Usia: 38

Sumber kekayaan: Teknologi

Pada usia 38, Pavel Durov menjadi yang termuda di antara sembilan miliarder ekspatriat Timur Tengah dan satu-satunya individu yang menghargai kekayaannya dari teknologi. Dengan perkiraan kekayaan bersih USD 11,5 miliar, Durov bukan hanya miliarder ekspatriat terkaya di Timur Tengah, tetapi hartanya juga melampaui kekayaan orang Arab terkaya di dunia, Nassef Sawiris dari Mesir senilai USD 7,4 miliar.

Miliarder mandiri ini berasal dari Rusia dan merupakan pendiri dan pemilik aplikasi perpesanan gratis Telegram, yang memiliki lebih dari 700 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Dia meninggalkan Rusia setelah menolak untuk bekerja sama dengan dinas rahasia Rusia dan memberikan data terenkripsi dari pengguna jejaring sosial pertamanya. Durov, yang menjadi warga negara Prancis pada 2021, memindahkan dirinya dan Telegram ke Dubai pada 2017.

2. M.A. Yusuf Ali

Kekayaan 2023: USD 5,3 miliar

Negara: India

Usia: 67

Sumber kekayaan: Retail

Raja ritel Timur Tengah MA Yusuff Ali meraup pendapatan lebih dari USD 8 miliar dari LuLu Group International, dengan 272 toko dan pusat perbelanjaan di Teluk dan tempat lain.

Berasal dari sebuah desa di negara bagian Kerala di India selatan, Yusuff Ali berangkat ke Abu Dhabi pada 1973 untuk bergabung dengan bisnis distribusi kecil milik pamannya. Pada April 2020, seorang anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi dilaporkan mengakuisisi 20 persen saham LuLu seharga USD 1 miliar. Yusuff Ali dilaporkan berencana mendaftarkan bisnis ritelnya pada 2023. Aset lainnya termasuk Waldorf Astoria di Skotlandia dan Great Scotland Yard Hotel, bekas markas besar Kepolisian Metropolitan Inggris.

3. Micky Jagtiani

Kekayaan 2023: USD 5,2 miliar

Negara: India

Usia: 71

Sumber kekayaan: Retail

4. Ravi Pilai

Kekayaan 2023: USD 3,2 miliar

Negara: India

Usia: 69

Sumber kekayaan: Konstruksi

Putra petani kelahiran India Ravi Pillai bermigrasi ke Arab Saudi setelah bisnis konstruksi kecilnya di negara bagian Kerala bangkrut. Dengan bantuan dari mitra lokal yang terhubung dengan baik, warga Dubai ini memulai kembali pada 1978 dan membangun Grup RP miliknya menjadi kelas berat konstruksi senilai USD 7,8 miliar. Tokoh konstruksi ini menggunakan kekayaannya di Teluk untuk berinvestasi di kampung halamannya, membeli saham di bank, hotel, dan real estat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Sunny Varkey

Kekayaan 2023: USD 3 miliar

Negara: India

Usia: 66

Sumber kekayaan: Pendidikan

Putra guru ekspatriat India yang bermigrasi ke Dubai pada 1959 Sunny Varkey mengendalikan GEMS Education, operator sekolah K-12 terbesar di dunia. Perusahaan pendidikan swasta tersebut mengamankan CVC Capital Partners sebagai investor utamanya pada 2019. Putranya Dino dan Jay masing-masing menjalankan GEMS sebagai CEO dan direktur eksekutif grup. Sunil Munjal, yang merupakan anggota klan Munjal roda dua India, telah mengakuisisi saham minoritas di GEMS.

6. Shamsheer Vayalil

Kekayaan 2023: USD 2,2 miliar

Negara: India

Usia: 46

Sumber kekayaan: Kesehatan

Warga Abu Dhabi Shamsheer Vayalil menjadi pendiri dan ketua Burjeel Holdings, jaringan rumah sakit, klinik, dan apotek. Kekayaan bersihnya mendapat dorongan dari daftar Burjeel Holdings Oktober 2022 di ADX.

Lahir dari keluarga bisnis di Kerala, India, dia bermigrasi ke Timur Tengah setelah studi medisnya dan bekerja sebagai ahli radiologi di rumah sakit setempat. Awalnya didukung oleh ayah mertuanya yang kaya, miliarder ritel Teluk MA Yusuff Ali. Vayalil memulai dengan sebuah rumah sakit di Abu Dhabi pada 2007. Sekarang memiliki 39 rumah sakit dan pusat medis di seluruh UEA dan Oman. Dia juga anggota Dewan Medis UEA dan komite penasehat Fakultas Kedokteran Universitas Sharjah.

7. Thaksin Shinawatra

Kekayaan 2023: USD 2,1 miliar

Negara: Thailand

Usia: 73

Sumber kekayaan: Investasi

Thaksin Shinawatra, mantan perdana menteri Thailand, tinggal di pengasingan di Dubai selama lebih dari satu dekade. Dia memiliki saham pengendali di perusahaan properti SC Asset, di antara investasi lainnya. Saudara perempuannya Yingluck, juga mantan perdana menteri, melarikan diri dari negara itu pada 2017 untuk menghindari penangkapan terkait skema subsidi beras. Thaksin telah berinvestasi di dua perusahaan rintisan teknologi kesehatan yang berbasis di Inggris, DnaNudge dan Owlstone Medical. Putri bungsunya Paetongtarn dilaporkan sedang mempersiapkan diri untuk pemilihan nasional 2023.

8. P.N.C Menon

Kekayaan 2023: USD 1,6 miliar

Negara: Oman

Usia: 74

Sumber kekayaan: Real Estat

Sobha Realty PNC Menon beroperasi di UEA, Qatar, Oman, dan negara-negara Teluk lainnya. Pengembang properti buatan sendiri ini meninggalkan Kerala, India, dan bermigrasi ke Oman pada 1976 untuk memulai bisnis dekorasi interior dengan seorang mitra. Melihat peluang di real estate di kampung halamannya, Menon mendirikan Sobha Developers pada tahun 1995 di Bangalore, menamainya dengan nama istrinya. Hari ini, Pengembang Sobha dijalankan oleh putranya Ravi, seorang insinyur dari Universitas Purdue, sementara Menon tinggal di Dubai.

9. Saket Burman

Kekayaan 2023: USD 1,5 miliar

Negara: U.K.

Usia: 46

Sumber kekayaan: Barang Konsumen

Warga Dubai Saket Burman termasuk sebagai anggota generasi kelima dari klan Burman yang mendirikan Dabur, perusahaan barang konsumen terbesar keempat di India. Dia mewarisi saham minoritas dan kursi dewan di Dabur dari ayahnya, Siddharth Burman, yang meninggal pada 2015. Aset lain yang dia miliki termasuk properti dan investasi keuangan. Saket saat ini fokus membangun kantor keluarganya. Pada Agustus 2022, dia menjabat sebagai wakil ketua Dabur. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat