uefau17.com

Hari Pendidikan Nasional 2023, Sri Mulyani Sebar APBN Rp 119,1 Triliun untuk Dana BOS hingga Beasiswa - Bisnis

, Jakarta - Menyambut Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas yang jatuh pada Selasa 2 Mei 2023, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyoroti komitmen Pemerintah melalui APBN dalam mendukung pendidikan di Indonesia.

"Sebuah bangsa yang maju tentu harus memiliki kualitas Sumber Daya Manusia yang baik dan terdidik," tulis Sri Mulyani melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @smindrawati, dikutip Selasa (2/5/2023).

Menkeu memaparkan bahwa, hingga akhir Maret 2023, APBN telah merealisasikan dana sebesar Rp 119,1 triliun sebagai anggaran prioritas untuk pendidikan. Total alokasi ini disalurkan melalui belanja Kementerian dan Lembaga sebesar Rp 28,3 triliun untuk gaji pengajar, beasiswa Indonesia pintar, juga dana BOS.

Adapun belanja non-Kementerian dan Lembaga sebesar Rp 249,4 miliar untuk 52,7 ribu peserta Kartu Prakerja. Melalui belanja TKD sebesar Rp 75,5 triliun. Serta, untuk Dana Abadi Pendidikan sebesar Rp 15 triliun.

"Tahukah sejak tahun 2009, APBN telah mengalokasikan 20 persen dari total anggaran khusus untuk pendidikan ?" kata Menkeu.

"Itulah komitmen kita untuk terus mencerdaskan kehidupan bangsa. Dan kita sadar, cita-cita itu tak akan tercapai tanpa didukung oleh pendidikan yang memadai," sambungnya.

Dengan demikian, Sri Mulyani mengajak masyarakat untuk terus bergerak bersama, semarakkan merdeka belajar di Tanah Air.

"Karena, seperti dikatakan Bapak Pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara, Lawan Sastra Ngesti Mulya Dengan ilmu kita menuju kemuliaan," tambah Menkeu.

"Selamat Hari Pendidikan Nasional," tutupnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hari Pendidikan Nasional, Erick Thohir Serukan Semangat Terus Belajar

Di Hari Pendidikan Nasional ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga menyerukan semangat bagi masyarakat mengambil kesempatan untuk terus belajar. 

"Selamat Hari Pendidikan Nasional!," tulis Erick Thohir dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @erickthohir, dikutip Selasa (2/5/2023).

"Mari kita rayakan kesempatan untuk terus belajar, mengembangkan diri, dan menjadi lebih baik setiap hari," lanjutnya.

Menteri BUMN juga menyampaikan pesan, bahwa "pendidikan adalah kunci membuka pintu ke masa depan Indonesia yang lebih baik. Jadi, mari kita jadikan setiap hari sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh bersama-sama".

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

3 dari 4 halaman

Pesan Jokowi di Hari Pendidikan Nasional

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Selain Menteri BUMN Erick Thohir, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga menyampaikan pesan dan harapannya dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2023.

"Pendidikan adalah tanggung jawab bersama yang melibatkan keluarga, sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Hanya dengan semangat kebersamaan, kerja keras, dan cerdas, kita dapat memajukan pendidikan untuk menyongsong dan mengelola Indonesia yang maju," tulis Presiden dalam unggahannya di platform serupa, dikutip Selasa (2/5/2023).

"Selamat Hari Pendidikan Nasional," demikian tertulis dalam unggahan foto ilustrasi di akun Instagram @jokowi.  

4 dari 4 halaman

Sekilas Tentang Hari Pendidikan Nasional

Sebagai informasi, Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas diperingati bertepatan dengan hari lahir Ki Hajar Dewantara. 

Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional karena jasa-jasanya dalam memajukan pendidikan di Tanah Air.

Selain bidang pendidikan, Ki Hajar Dewantara juga dikenang dengan kontribusinya pada kemerdekaan Indonesia.

Pada tahun 1950, peringatan Hari Pendidikan Nasional ditetapkan saat Presiden Pertama RI, Soekarno menandatangani Dekrit Presiden No. 724 Tahun 1950 yang menetapkan 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sebagai kunci dalam memajukan bangsa dan negara.

Setiap tahun, Pemerintah memilih tema Hari Pendidikan Nasional yang beragam.

Dikutip dari laman Kemdikbud, Selasa (2/5/2023), tema Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah "Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar". Bulan ini juga dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat