uefau17.com

Maket IKN Karya Gekrafs jadi Kebanggaan Presiden Jokowi di Hannover Messe 2023 - Bisnis

, Jakarta Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) kembali mencatatkan prestasi gemilang di ajang perdagangan industri dunia, Hannover Messe 2023 yang berlangsung dari 17 hingga 21 April di Hannover, Jerman.

Seorang Pengurus dari DPP Gekrafs berhasil membuat maket Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berhasil dipamerkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kanselir Jerman Olaf Scholz.

Maket ini menjadi pusat perhatian saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunakannya untuk mempresentasikannya kepada Kanselir Jerman, Olaf Scholz, sebagai bagian dari penjelasan mengenai Ibu Kota Nusantara (IKN), proyek ambisius yang sedang digulirkan oleh pemerintah Indonesia.

Maket yang dipamerkan merupakan hasil karya handmade oleh tenaga ahli maket berpengalaman selama 20-40 tahun di workshop di Munjul, Cibubur, Indonesia, yang dilengkapi dengan teknologi Internet of Things (IoT) dan Additive Manufacturing untuk menghasilkan karya yang indah dan futuristik.

"Kami sangat bangga dan mendukung penuh prestasi Pengurus kami yang berhasil menghadirkan maket IKN di ajang Hannover Messe 2023. Ini adalah bukti nyata bahwa karya ekonomi kreatif Indonesia dapat bersaing di tingkat global dan menjadi kebanggaan bangsa. Kami percaya bahwa ekonomi kreatif adalah masa depan Indonesia dan akan terus mendukung pengembangan potensi kreatif para pelaku ekonomi kreatif di tanah air," kata Kawendra Lukistian, Ketua Umum GEKRAFS, Kamis (21/4/2023). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Satu Satunya di Hannove Messe 2023

Maket dari seorang Pengurus DPP Gekrafs ini merupakan satu-satunya maket buatan Indonesia yang dipamerkan di ajang Hannover Messe 2023, menarik perhatian para pengunjung internasional.

Selain itu, dalam keterangan resminya, Sekretaris IKN Jaka Santos juga memberikan harapannya bahwa semakin banyak investor kelas dunia yang dapat memanfaatkan investasi di Nusantara, dengan fasilitas terbaik untuk kemudahan berbisnis di ibu kota masa depan Indonesia, Nusantara.

Presiden Jokowi juga memberikan komentarnya mengenai proyek IKN di Hannover Messe, "Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami mengundang para investor global untuk mengambil bagian dalam kesempatan yang luar biasa dan langka ini serta menjadi bagian dari sejarah perkembangan peradaban baru di Nusantara, ibu kota baru Indonesia," ujarnya.

"Tentu dengan kehadiran kami di sini, kami berharap ada beberapa komitmen dari investor yang tertarik untuk memanfaatkan peluang berusaha yang sangat potensial di ibu kota Indonesia, Nusantara," kata Kepala otorita IKN, Bambang Susantono.

Adalah Pola Raya Studio perusahaan yang membuat maket tersebut. Boleh dibilang, maket buatan Pola Raya tersebut Merupakan satu-satunya maket buatan Indonesia yang dipamerkan di ajang Hannover Messe 2023, dan mampu menarik perhatian para pengunjung internasional terhadap objek IKN yang merupakan objek di maket.

 

3 dari 3 halaman

Konsep Teknlogi

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Pola Raya Studio, Mohamad Amin, menjelaskan konsep dan teknologi yang digunakan dalam pembuatan maket tersebut.

"Maket ini merupakan hasil karya dari para tenaga ahli maket berpengalaman yang kami miliki di Pola Raya Studio, yang menggabungkan keahlian handmade tradisional dengan teknologi modern. Kami bangga dapat membawa karya kami ke ajang Hannover Messe 2023 dan menjadi satu-satunya maket buatan Indonesia yang tampil di sini," ujar Mohamad Amin.

Prestasi yang diraih oleh Pengurus DPP Gekrafs ini menunjukkan bahwa karya Indonesia mampu mendunia berkat dukungan dari GEKRAFS. Keberhasilan ini juga menjadi inspirasi bagi para pelaku ekrafs di tanah air.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat