uefau17.com

Pemudik Motor Membeludak, Polisi Terapkan Contra Flow Menuju Pelabuhan Ciwandan - Bisnis

, Jakarta - Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, dipadati pemudik sepeda motor pada Rabu (19/4/2023) dini hari. Polisi memberlakukan contra flow untuk menghindari kemacetan di Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon.

Satu lajur JLS menuju Gerbang Tol Cilegon Timur digunakan sebagai contra flow pemudik untuk masuk ke dalam pelabuhan. Sedangkan satu jalur lagi bisa digunakan masyarakat beraktivitas secara normal.

"Contra flow-nya dari arah simpang tiga JLS menuju PCI, kan ada dua lajur, yang kanan kita manfaatkan untuk contra flow. Lajur kiri, satu lajur itu untuk normalkan, untuk lalin mengarah ke PCI," ujar Kompol Ali Rahman, perwira pengendali Pelabuhan Ciwandan, melalui selulernya, Rabu (19/04/2023).

Kemudian di pertigaan JLS Ciwandan menuju Pelabuhan Pelindo II diberlakukan penyekatan untuk mengatur kepadatan pemudik di dalam pelabuhan.

Sistem buka tutup diterapkan dan dibuka sesuai kebutuhan di dalam pelabuhan, sebelum pemudik sepeda motor masuk ke dalam kapal untuk berlayar ke Lampung.

"Karena situasi di pelabuhan ada peningkatan, kemudian padat, maka kita laksanakan penyekatan di sini," ucapnya.

Petugas gabungan mendahulukan pemudik sepeda motor untuk masuk ke dalam pelabuhan dan memasuki kapal untuk pulang kampung. Sedangkan kendaraan besar atau truk, diminta bersabar untuk menunggu giliran menyeberangi Selat Sunda.

"Yang didahulukan roda dua, kita habiskan dulu roda dua. Antrean sekitar 500 meter," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelindo Gratiskan Biaya Sandar Kapal di Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Panjang

Menyambut momen mudik :ebaran 2023, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo bakal membebaskan biaya sandar kapal di dua pelabuhan, yakni Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Panjang.

Diketahui, dua pelabuhan ini digunakan untuk penyeberangan pemudik dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Langkah ini untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang menyeberang melalui Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni.

"Semua biaya kepelabuhan kita bebaskan, mulai dari jasa tunda, pandu, tambat dan biaya bongkar muat," ujar Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono, dalam media gathering, di Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Pembebasan biaya ini berlaku untuk rute penyeberangan dari Ciwandan ke Panjang maupun sebaliknya. "Jadi ini untuk kedua rute itu memang dibebaskan," imbuhnya.

Informasi, sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno menjelaskan pihaknya terus berkoordinasi kepada pihak-pihak terkait dalam rangka melancarkan perjalankan para pemudik. Salah satu yang akan dilalui pengendara motor dan angkutan logistik baik menuju ataupun keluar dari Pelabuhan Ciwandan.

Diantaranya berkoordinasi dengan pihak terkait mulai akses jalan kepelabuhan, penataan area keberangkatan, dermaga, kapal pengangkut, keamanan, dan lainnya.

"Pada lintasan Ciwandan-Bakauheni akan dilayani oleh sebanyak 12 unit kapal RoRo, sedangkan lintasan Ciwandan -- Panjang akan dilayani oleh tiga unit kapal milik PT. Pelni dan PT. ALP," kata Hendro, Minggu (9/4/2023).

3 dari 4 halaman

5 Dermaga

Nantinya juga akan dialokasikan sebanyak 5 dermaga di Pelabuhan Ciwandan dengan rencana 24 trip per hari. Sementara itu, dermaga yang beroperasi di Pelabuhan Merak sebanyak 7 dermaga yang akan dilayani dengan total 65 kapal RoRo.

Menurut Hendro nantinya kendaraan Roda 4 dan bus akan menggunakan Pelabuhan Merak untuk arus mudik dan Bakauheni untuk arus balik, terpisah dengan kendaraan Roda 2 dan truk agar tidak terlalu padat.

"Kami ingin tegaskan disini bahwa Pelabuhan Ciwandan bukan alternatif, tapi akan beroperasi bersamaan dengan pelabuhan penyeberangan lainnya selama mudik lebaran, khususnya bagi pengguna sepeda motor dan truk logistik. Di sana akan dilayani dengan lintasan Ciwandan-Bakauheni untuk arus mudik dan Ciwandan-Panjang untuk arus mudik-balik," pungkasnya.

Adapun pelabuhan Ciwandan atau Pelindo menyiapkan lahan parkir 8.000 meter persegi dengan daya tampung 800 sepeda motor dan 100 truk, selama arus mudik Idul Fitri 1444H. Barier sudah disusun sedemikian rupa, sebagai jalur antrian roda dua masuk ke dalam kapal.

4 dari 4 halaman

Khusus Sepeda Motor

Pemudik sepeda motor resmi dilarang mudik melewati Pelabuhan Merak. Pemudik sepeda motor yang akan menyeberang ke Sumatera akan dialihkan melalui Pelabuhan Ciwandan yang dikelola Pelindo.

Keputusan resmi itu di umumkan PT ASDP Indonesia Ferry, melalui akun resmi instagramnya di @asdp191. Antisipasi peak season angkutan lebaran 2023 di lintasan penyerahan Merak Bakauheni, pelayanan kendaraan roda dua dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan tertanggal 15-21 April 2023 dengan rute Ciwandan-Bakauheni, serta 19-21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang.

Kemudian pelayanan truk golongan V-B, sejak 15-17 April 2023, dilayani melalui Pelabuhan Merak Bakauheni. Sedangkan tanggal 18-21 April 2023, melalui Pelabuhan Ciwandan.

Selanjutnya truk golongan VII sampai IX, dilayani melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), sejak 15-21 April 2023.

Penetapan rute berdasarkan surat Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Hubdat) Kementrian Perhubungan (Kemenhub) nomor A.P201/1/15/DRJD/2023, perihal antisipasi peak season periode angkutan lebaran tahun 2023, di lintasan penyebrangan Merak-Bakauheni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat