uefau17.com

Tupperware Dilanda Krisis, Saham Anjlok 50 Persen dan Karyawan Terancam PHK - Bisnis

, Jakarta Merek kotak penyimpanan makanan, Tupperware tengah dilanda krisis ketika karyawannya terancam terkena PHK, juga sahamnya yang menurun drastis.

Melansir CNN Business, Selasa (11/4/2023) saham Tupperware turun hampir 50 persen pada hari Senin 10 April 2023 menyusul peringatan terkait kondisi finansialnya.

Dalam sebuah pengajuan peraturan, Tupperware mengatakan ada "keraguan substansial tentang kemampuan perusahaan untuk melanjutkan kelangsungannya," dan sedang berdiskusi dengan penasihat keuangan untuk menemukan pembiayaan agar tetap bertahan.

Perusahaan juga mengungkapkan tidak memiliki cukup uang untuk mendanai operasinya jika tidak mendapatkan uang tambahan.

Selain itu, Tupperware juga sedang menjajaki potensi PHK, dan sedang meninjau portofolio untuk upaya penghematan biaya.

Adapun New York Stock Exchange yang memperingatkan bahwa saham Tupperware terancam dihapus dari daftar karena tidak mengajukan laporan tahunan yang diwajibkan.

"Tupperware telah memulai perjalanan untuk membalikkan operasi kami dan hari ini menandai langkah penting dalam mengatasi posisi modal dan likuiditas kami,” kata CEO Tupperware Miguel Fernandez dalam siaran pers.

"Perusahaan melakukan segala daya untuk mengurangi dampak peristiwa baru-baru ini, dan kami mengambil tindakan segera untuk mencari pembiayaan tambahan dan mengatasi posisi keuangan kami," terangnya.

Diketahui, Tupperware yang telah menjalankan bisnisnya selama 77 tahun dalam beberapa tahun terakhir telah berjuang mempertahankan relevansinya terhadap para pesaing. 

Tupperware juga telah mencoba untuk melepaskan citranya yang tenang dengan menarik pelanggan yang lebih muda, menawarkan produk yang lebih baru dan lebih trendi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dalam Posisi Genting

Beberapa krisis telah melanda Tupperware, termasuk penurunan tajam dalam jumlah penjual, penurunan konsumen pada produk rumah tangga, dan merek yang masih belum sepenuhnya terhubung dengan konsumen yang lebih muda, menurut Neil Saunders, analis ritel dan direktur pelaksana di GlobalData Pengecer.

Saunders mengatakan Tupperware berada dalam "posisi genting" secara finansial karena berjuang untuk meningkatkan penjualan, dan karena asetnya ringan, ia tidak memiliki "banyak kapasitas untuk mengumpulkan uang".

“Perusahaan ini dulunya merupakan sarang inovasi dengan gadget dapur pemecah masalah, tetapi sekarang benar-benar kehilangan keunggulannya," sebut dia.

3 dari 3 halaman

Saham Tupperware Anjlok 90 Persen dalam Setahun

Tupperware mengatakan bahwa produknya sudah masuk ke cabang ritel Target sebagai bagian dari reinvention merek, yang mencakup rencana untuk menumbuhkan bisnis melalui beberapa saluran ritel dan menampilkan produknya kepada konsumen yang lebih muda yang bahkan belum pernah mendengar tentang Tupperware (TUP).

Tapi upaya itu sejauh ini gagal: Saham Tupperware turun 90 persen selama setahun terakhir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat