uefau17.com

Erick Thohir Bocorkan 3 Kesalahan Negosiasi, Sering Terjadi Saat Interview Kerja - Bisnis

, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir memaparkan tips sukses negosiasi dan diskusi ala dirinya agar lebih disukai orang lain. Tips itu diberikan lantaran ia melihat orang sering tidak suka dengan lawan bicaranya, lantaran sering melakukan tiga kesalahan bersosialisasi tanpa disadari.

Hal tersebut diungkapkan Erick Thohir dalam sebuah posting-an di akun Instagram miliknya, Sabtu (8/4/2023). Adapun kesalahan serupa juga kerap terjadi dalam sesi interview kerja.

Kesalahan pertama, Erick menyebut, ketika seseorang mencoba untuk membuat diri terlihat mengesankan di depan orang lain.

"Mungkin kamu terlalu fokus membicarakan pencapaian. Tujuanmu, ini justru mengasih lihat betapa hebatnya kamu. Padahal, enggak ada orang yang nanya itu. Baiknya, jika kamu ingin membicarakan hasil tersebut, tunggu orang lain untuk bertanya," ujar Erick Thohir.

Kedua, ketika seseorang berbicara terlalu banyak tanpa disadari. Erick tidak memungkiri, seseorang memang lebih nyaman tentang diri sendiri, tanpa memperhatikan apa yang diinginkan oleh lawan bicara.

Terakhir, Erick juga menyoroti orang yang terlalu fokus untuk jawabannya sendiri ketimbang memperhatikan maksud pernyataan dari sang lawan bicara.

"Ketiga, kamu tidak mendengarkan. Kebanyakan orang mendengar untuk membalas. Kamu perlu mendengar untuk memahaminya," ungkap dia.

"Tiga kesalahan inilah yang sering kita lakukan tanpa kita sadari. Semoga tiga poin tadi yang bisa jadi solusi untuk bantu kamu berkomunikasi lebih efektif lagi," pungkas Erick Thohir.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Wawancara Kerja ala Erick Thohir, Bisa Dipakai Melamar di BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membagikan sedikit tips untuk para pencari kerja saat mengikuti wawancara.

Tips ini pun bisa Anda gunakan ketika hendak melamar lowongan pekerjaan di BUMN.

Melalui sebuah unggahan video di akun Instagram pribadinya, Erick Thohir membocorkan pertanyaan unik yang bisa ditanyakan pelamar kerja saat sesi wawancara.

"Pas di akhir wawancara mereka biasanya akan menanyakan, "Apakah ada yang ingin kamu tanyakan?" ungkap Erick Thohir dalam unggahannya di Intagram, dikutip Sabtu (8/4/2023). 

"Coba kamu jawab begini, kalau saya dapat kesempatan untuk bergabung di sini, kira-kira apa saja yang perlu saya lakukan agar perusahaan merasa kalau memperkerjakan saya adalah sebuah keputusan yang baik?" bebernya.

 

3 dari 3 halaman

Efek yang Unik

Menurut dia, hal itu dapat berguna untuk mengetahui skill atau kemampuan apa saja yang dapat dikembangkan oleh pelamar. Selain itu, pernyataan tersebut juga dapat memungkinkan efek yang unik bagi pelamar.

"Jadi saat kamu tanya pertanyaan itu, orang yang meng-interview kamu akan memvisualisasikan kamu yang sedang bekerja dalam perusahaannya. Ini bisa memberikan kamu keuntungan lebih dibandingkan pelamar lainnya," ungkap Erick Thohir.

"Karena kamu memposisikan diri kamu sebagai opsi yang terbaik," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat