uefau17.com

Seperti Trigana Air, Pesawat Wings Air juga Sempat Ditembak - Bisnis

, Jakarta - Perusahaan penerbangan Wings Air yang merupakan anggota dari Lion Air Group juga sempat ditembak oleh orang tak dikenal. Wings Air yang ditembak ini adalah pesawat yang melayani  rute penerbangan Sentani-Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Kepala Operasional Lion Air di Bandara Sentani Papua Suprihatin menjelaskan, Wings Air melayani rute Sentani-Dekai setiap hari. Pesawat Wings Air sempat dilaporkan ditembak namun tidak kena.

Menanggapi insiden ini, Suprihatin mengatakan bahwa pesawat Wings Air memutuskan untuk sementara tidak terbang ke Dekai sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

"Memang mulai hari Senin 13 Maret Wings Air tidak lagi terbang ke Dekai setelah pesawat Boeing 737-500 milik Trigana ditembak, Sabtu 11 Maret saat take off dari bandara Dekai menuju Jayapura," kata Suprihatin dikutip dari Antara, Senin (13/3/2023).

"Wings Air akan kembali melayani penerbangan ke Dekai setelah ada jaminan keamanan, " tambah Suprihatin.

Kasus Trigana Air

Sebelumnya Aviation Security and Safety Manager Trigana Air, Kapten Alfred membenarkan pihaknya untuk sementara menyetop penerbangan ke Dekai.

"Belum dipastikan kapan kami kembali melayani penerbangan ke Dekai," kata Kapten Alfred.

Pesawat Trigana Air ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Sabtu (11/3) sekitar pukul 14.06 WIT saat take off dari Bandara Dekai Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan menuju Bandara Sentani Jayapura dengan membawa 66 penumpang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KKB Tembak Pesawat Trigana Air di Dekai Yahukimo Papua, Polisi Tangkap 7 Orang

TNI-Polri menangkap tujuh warga yang diduga terlibat penembakan Pesawat Trigana  Air di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Sabtu 11 Maret 2023. Polda Papua mengakui menerima laporan terkait penembakan pesawat oleh KKB

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengungkapkan sebanyak tujuh orang yang ditangkap itu karena diduga terlibat aksi penembakan Pesawat Boeing 737-500 dengan Nomor Penerbangan PK-YSC. Ketujuh orang yang ditangkap, yaitu NN,EG,TS, DM, EW, NP, dan EG.

"Saat ini penyidik masih memeriksa mereka dan bila tidak terbukti nantinya mereka akan dilepaskan, kata dia yang dikutip dari Antara, Minggu (12/3/2023).

Pesawat Boeing 737-500 dengan kode penerbangan PK-YSC membawa 66 penumpang dari Dekai dan kondisi pesawat Trigana Air terdapat satu lobang bekas tembakan yang berada di bawah pesawat. "Seorang penumpang dilaporkan terkena serpihan kursi, namun belum diketahui identitasnya," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Di Atas Sungai Kecil

Aviation Security and Safety Manager Trigana Air Kapten Alfred  membenarkan penghentian pelayanan penerbangan ke Dekai hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

"Memang benar kami untuk sementara menghentikan penerbangan ke Dekai dan saat ini sedang konsolidasi internal, " kata Kapten Alfred. 

Sementara itu, salah satu penumpang pesawat  Trigana Air tersebut mengungkap bahwa sesaat setelah "take off" sempat terdengar bunyi tembakan satu kali. Bunyi tembakan diperkirakan saat pesawat masih berada di sekitar ujung landasan dan di atas sungai kecil. 

Penumpang sempat bertanya-tanya, namun tidak ada korban dalam insiden tersebut dan pesawat tiba dengan selamat di Bandara Sentani. "Alhamdulillah kami tiba dengan selamat di Sentani, " ungkap dia tanpa mau menyebutkan identitasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat