uefau17.com

Usai Trigana Air Ditembak KKB, Wings Air Setop Terbang ke Dekai Papua Pegunungan - Bisnis

, Jakarta - Wings Air, maskapai penerbangan anggota Lion Air Group memutuskan untuk menghentikan sementara rute penerbangan Sentani-Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Penghentian layanan penerbangan ini menyusul insiden penembakan yang terjadi dengan pesawat  milik pesawat Trigana Air di Bandara Dekai.

Kepala Operasional Lion Air di Bandara Sentani, Papua, Suprihatin menjelaskan, Wings Air memutuskan untuk sementara tidak terbang ke Dekai sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

"Memang mulai hari Senin 13 Maret Wings Air tidak lagi terbang ke Dekai setelah pesawat Boeing 737-500 milik Trigana ditembak, Sabtu 11 Maret saat take off dari bandara Dekai menuju Jayapura," kata Suprihatin dikutip dari Antara, Senin (13/3/2023).

Wings Air yang melayani rute Sentani-Dekai setiap hari, sebelumnya juga sempat dilaporkan ditembak namun tidak kena. "Wings Air akan kembali melayani penerbangan ke Dekai setelah ada jaminan keamanan, " kata Suprihatin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KKB Tembak Pesawat Trigana Air di Dekai Yahukimo Papua, Polisi Tangkap 7 Orang

Sebelumnya, TNI-Polri menangkap tujuh warga yang diduga terlibat penembakan Pesawat Trigana  Air di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Sabtu 11 Maret 2023. Polda Papua mengakui menerima laporan terkait penembakan pesawat oleh KKB

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengungkapkan sebanyak tujuh orang yang ditangkap itu karena diduga terlibat aksi penembakan Pesawat Boeing 737-500 dengan Nomor Penerbangan PK-YSC. Ketujuh orang yang ditangkap, yaitu NN,EG,TS, DM, EW, NP, dan EG.

"Saat ini penyidik masih memeriksa mereka dan bila tidak terbukti nantinya mereka akan dilepaskan, kata dia yang dikutip dari Antara, Minggu (12/3/2023).

Pesawat Boeing 737-500 dengan kode penerbangan PK-YSC membawa 66 penumpang dari Dekai dan kondisi pesawat Trigana Air terdapat satu lobang bekas tembakan yang berada di bawah pesawat. "Seorang penumpang dilaporkan terkena serpihan kursi, namun belum diketahui identitasnya," kata dia.

Aviation Security and Safety Manager Trigana Air Kapten Alfred  membenarkan penghentian pelayanan penerbangan ke Dekai hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

"Memang benar kami untuk sementara menghentikan penerbangan ke Dekai dan saat ini sedang konsolidasi internal, " kata Kapten Alfred. 

Sementara itu, salah satu penumpang pesawat  Trigana Air tersebut mengungkap bahwa sesaat setelah "take off" sempat terdengar bunyi tembakan satu kali. Bunyi tembakan diperkirakan saat pesawat masih berada di sekitar ujung landasan dan di atas sungai kecil. 

Penumpang sempat bertanya-tanya, namun tidak ada korban dalam insiden tersebut dan pesawat tiba dengan selamat di Bandara Sentani. "Alhamdulillah kami tiba dengan selamat di Sentani, " ungkap dia tanpa mau menyebutkan identitasnya.

3 dari 3 halaman

Pesawat Trigana Pernah Ditembak KKB

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyampaikan bahwa saat ini kondisi keamanan di Bandara Oksibil belum kondusif, pasca accident penembakan pesawat cargo Trigana Air jenis caravan dengan registrasi PK-HVV milik PT. Ikairos, pada 9 Januari 2023 pukul 01.45 UTC atau 10.45 WIT.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni pada Rabu (11/1) ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan mengatakan kejadian penembakan pesawat cargo Trigana Air di Bandara Oksibil saat ini tengah diselidiki pihak berwenang.

Berdasarkan infomasi dari Pilot dan Petugas AirNav, penembakan oleh KKB terjadi didaerah short right base runway 11 atau turning short final runway 11 yang berjarak kurang lebih 2 Nm atau 3,6 km dari ujung runway 11. "Pilot melaporkan kepada Petugas Air Traffic Controller (ATC) dan langsung Return To Base (RTB) ke bandara asal Bandara Tanah Merah;

Pihak operator penerbangan yaitu PT Ikairos dan Petugas Bandara Tanah Merah menginformasikan sesudah pesawat mendarat didapati bekas tembakan pada bagian-bagian pesawat seperti bagian bawah depan yang tembus hingga ke ruang kokpit.

"Bersyukurnya, dalam kejadian penembakan pesawat ini, kondisi crew pesawat dalam kondisi baik, personel dan fasilitas bandara juga dalam kondisi baik," katanya, Rabu (11/1/2023). 

Demi keselamatan dan keamanan penerbangan maka mulai Selasa, 10 Januari 2023 kemaren, pesawat Trigana Air rute penerbangan dari dan ke Oksibil tidak beroperasi sampai kondisi keamanan dinyatakan aman oleh pihak berwenang. Dalam rangka penguatan keamanan dan evakuasi karena situasi darurat, maka dioperasikan pesawat Rimbun Air dan Smart Cakrawala Aviation.

Namun demikian, Kristi menegaskan Bandara Oksibil tidak aerodrome close atas pertimbangan kemanusiaan, supply chains, dan berdasarkan hasil koordinasi dengan direktorat teknis, Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) serta AirNav Notam untuk peningkatan kewaspadaan karena alasan keamanan.

  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat