uefau17.com

Potret Serunya Balapan F1 Powerboat Perdana di Danau Toba - Bisnis

, Jakarta Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah KOPIKO F1 Powerboat yang diselenggarakan di Balige, Toba, Sumatera Utara. Seluruh rangkaian sesi dari latihan, kualifikasi, hingga race berjalan dengan baik. Keberhasilan Indonesia ini mendapatkan apresiasi dari pembalap dan juga pihak H2O Racing Management.

Race dimenangkan oleh pembalap asal Polandia dari Tim Strømøy Racing F1H2O, Bartek Marszalek. Kemenangan Marszalek berhasil diraih setelah memulai balapan dari pole position yang sekaligus menjadi kemenangan pertamanya sepanjang karir F1Powerboat.

Shaun Torrente dari Tim Abu Dhabi, yang sebelumnya menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi pagi, kehilangan kesempatan untuk memulai dari posisi terdepan setelah putaran tercepatnya dinyatakan batal.

Sami Seliö dari Tim Sharjah berhasil selesai di posisi kedua, sedangkan Erik Stark dari Tim Victory berada di posisi ketiga.

"Saya merasa sangat puas dengan kemenangan ini dan saya sangat menikmatinya. Cuaca Danau Toba sangat sempurna pada pagi hari di sesi kualifikasi dan kami memiliki banyak penonton di sekitar danau. Banyaknya senyuman memberikan kekuatan tambahan bagi saya. Saya merasa sangat nyaman di dalam kapal balap," jelas Marszalek dalam keterangan tertulis InJourney, Senin (27/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berjalan Sukses

Meski persiapan hanya dalam kurun waktu 6 bulan, H2O Racing menilai bahwa perhelatan ini dapat berjalan dengan baik.

“Keseluruhan rangkaian acara berjalan dengan sukses. Segala usaha dan persiapan dari InJourney dan pemerintah Indonesia merupakan hal yang hebat dan baru pertama kali saya lihat. Tentunya, hal ini akan kami promosikan sehingga dunia tahu keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan F1Powerboat,” jelas Direktur Pemasaran H2O, Raimondo Di San Germano.

3 dari 5 halaman

Promosikan Danau Toba

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria menyebutkan bahwa ajang KOPIKO F1Powerboat adalah bagian dari creative marketing dalam mempromosikan Danau Toba ke masyarakat Indonesia maupun ke dunia karena event seperti ini akan mendapatkan banyak eksposur dan ia menilai bahwa marketing model ini adalah salah satu cara yang efektif. Sebagai tuan rumah ajang balap F1 Powerboat, Indonesia memiliki kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan citra dan daya tarik pariwisata Danau Toba di dunia internasional.

F1 Powerboat di Danau Toba 2023 yang merupakan putaran pertama sebenarnya dijadwalkan menggelar dua race pada pukul 12.00 WIB dan 15.00 WIB. Dony menjelaskan bahwa race 2 atau tambahan sebenarnya digelar untuk memberikan hiburan lebih bagi masyarakat Toba dan bisa mencetak sejarah dua race dalam satu putaran F1 Powerboat. Tetapi dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan, race kedua itu urung terlaksana karena angin kencang dan ombak tinggi.

Namun demikian, InJourney bersyukur keseluruhan rangkaian perhelatan KOPIKO F1Powerboat dapat berjalan dengan baik dan lancar.

4 dari 5 halaman

Persiapan Singkat

InJourney mengungkapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telibat dalam penyelenggaraan KOPIKO F1Powerboat yang merupakan hasil kolaborasi seluruh pihak.

Persiapan yang dilakukan dalam waktu singkat, telah berhasil menghadirkan event pariwisata yang menarik dan mengangkat popularitas Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia.

“Dengan waktu yang cukup singkat sekitar enam bulan, perjuangan menyelenggarakan event ini tentu tidak mudah. Kami berterima kasih atas dukungan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan lainnya,” jelas Dony.

Meski begitu, Dony juga tak menampik apabila masih ada kekurangan yang harus diperbaiki agar selanjutnya perhelatan ini dapat terlaksana lebih baik.

“InJourney yang merupakan Holding BUMN sektor pariwisata dan aviasi akan terus berupaya untuk mengembangkan ekosistem pariwisata dan terus melakukan perbaikan agar ke depannya dengan upaya yang dilakukan dapat memberikan dampak ekonomi dan multiplier effect kepada masyarakat sekitar,” tambahnya.

5 dari 5 halaman

Beri Dampak Ekonomi

Penyelenggaraan KOPIKO F1Powerboat juga telah memberikan dampak ekonomi yang luar biasa. Salah satunya dapat dilihat dari penginapan (homestay) yang tidak hanya terisi penuh di Balige, namun hingga wilayah Parapat.

“Selain itu, terdapat lebih dari 1000 UMKM yang ikut berpartisipasi dan menerima manfaat dari KOPIKO F1Powerboat. Event ini merupakan perhelatan internasional yang dampaknya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Kita bersama masyarakat berkolaborasi untuk menyukseskan perhelatan ini yang tentunya kita lakukan untuk masyarakat agar masyarakat sekitar Danau Toba dapat terhibur dan dan merasa bangga telah bersama-sama menyukseskan event internasional ini,” ungkap Dony.

Event KOPIKO F1Powerboat kurang lebih ditonton oleh puluhan ribu wisatawan dan masyarakat Balige serta kurang lebih 180 juta penonton di seluruh dunia. Dengan begitu, Danau Toba di Balige mulai dikenal oleh dunia dan kami berharap agar alam, budaya, dan ekosistem yang ada di Danau Toba menjadi salah satu tujuan pariwisata favorit bagi wisatawan domestik dan mancanegera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat