uefau17.com

4 Pesawat Garuda Indonesia Kirim 140 Ton Bantuan Korban Gempa Turki dan Suriah - Bisnis

, Jakarta Maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengerahkan 4 armadanya untuk mengirimkan bantuan bagi korban bencana gempa bumi di Suriah dan Turki. Total bantuan yang disalurkan sebanyak 140 ton, terdiri dari kebutuhan logistik, obat, makanan, hingga kebutuhan lainnya.

Informasi, Keempat penerbangan yamg dialokasikan tersebut merupakan bagian dari rangkaian penerbangan bantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia kepada masyarakat Turki dan Suriah yang diangkut oleh Garuda Indonesia, sebelumnya, penerbangan kemanusiaan pertama diberangkatkan pada Senin (13/2) lalu.

Seluruh bantuan tersebut diangkut menggunakan 4 (empat) pesawat Airbus A330-300 yang dioperasikan secara bertahap. Sebanyak dua pesawat di antaranya diterbangkan menuju Bandara Adana Turki melalui Jeddah dengan GA-7980 dan GA-7880, sedangkan dua pesawat lainnya bertolak menuju Bandara Internasional Damaskus Suriah melalui Jeddah dengan GA-7960 dan GA-7860.

Presiden RI Joko Widodo melepas langsung penerbangan GA-7980 dari Bandara Halim Perdanakusuma hari ini. Penerbangan dengan tujuan Turki tersebut diberangkatkan pada pukul 10.00 LT dan mendarat di Jeddah pada pukul 16.20 LT, untuk selanjutnya diberangkatkan kembali pada pukul 18.30 LT dan dijadwalkan tiba di Bandara Adana Turki pada pukul 21.30 LT pada hari yang sama.

Kontribusi Garuda Indonesia

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan pengoperasian rangkaian penerbangan kemanusiaan tersebut merupakan wujud kontribusi Garuda Indonesia sebagai national flag carrier dalam menjembatani misi kenegaraan.

Khususnya melalu misi kemanusiaan, yaitu dengan menghadirkan aksesibilitas udara serta layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi dukungan kepada Negara Sahabat.

“Kepercayaan Pemerintah untuk merealisasikan misi kemanusiaan Negara serta dukungan masyarakat Indonesia, terutama untuk mendukung percepatan proses penanganan pasca bencana bagi masyarakat yang terdampak bencana di Turki dan Suriah, merupakan sebuah momentum capaian tersendiri bagi kami,” ujar Irfan dalam keterangannya, Rabu (22/2/2023).

“Hal ini sekaligus menjadi manifestasi tersendiri bagi Garuda karena dapat terus menjalankan mandat Pemerintah Indonesia untuk merealisasikan misi kemanusiaan Indonesia tidak hanya dengan mewakili dukungan masyarakat Indonesia untuk saling bersinergi dalam mendukung percepatan proses penanganan bencana bagi masyarakat yang terdampak di Turki dan Suriah namun juga kedepannya dalam mendukung proses repatriasi warga negara Indonesia untuk kembali ke Indonesia," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadwal Lainnya

Adapun tiga penerbangan lainnya dijadwalkan berangkat dengan waktu berbeda. Diantaranya, GA-7880 (21/2) berangkat dari Jakarta pukul 11.00 LT tiba di Jeddah pukul 17.30 LT, kemudian terbang dari Jeddah pukul 19.30 LT dan tiba di Turki pukul 22.30 LT.

Sedangkan, GA-7960 (21/2) berangkat dari Jakarta pukul 10.30 LT tiba di Jeddah pukul 16.50 LT, perjalanan berlanjut keesokan harinya, Rabu (22/2) pukul 20.20 LT dan tiba di Damaskus pukul 22.40 LT. Lebih lanjut, GA-7860 (21/2) berangkat dari Jakarta pukul 11.30 LT tiba di Jeddah pukul 17.50 LT, perjalanan berlanjut keesokan harinya, Rabu (22/2) pukul 21.20 LT dan tiba di Damaskus pukul 23.40 LT.

Irfan menambahkan seluruh proses pengiriman bantuan ini didukung penuh oleh banyak pihak–termasuk para pemangku kepentingan–yang memastikan kesiapan aspek keamanan dan keselamatan dari keempat penerbangan tersebut agara berlangsung secara optimal. Diantaranya terpenuhinya seluruh prosedur perizinan pengiriman logistik internasional terutama dalam hal standar kelayakan pendistribusian kargo.

“Kami tentunya berharap peran Garuda Indonesia sebagai maskapai pembawa bendera bangsa ini dapat memperkuat komitmen Indonesia dalam menjaga hubungan bilateral yang suportif sekaligus mencerminkan nilai-nilai bangsa. Oleh karenanya, Garuda Indonesia akan senantiasa siap sedia untuk selanjutnya jika terdapat kebutuhan lanjutan atas penanganan bencana kemanusiaan di Turki dan Suriah tersebut, termasuk didalamnya untuk menunjang aktivitas penanganan pasca bencana,” tutup Irfan.

 

3 dari 4 halaman

Kirim Bantuan

Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan logistik hingga tim Urban Search and Rescue (USAR) ke Turki untuk penanganan pasca bencana gempa yang melanda negeri tersebut. Upacara pelepasan pun dilaksanakan di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Pantauan , Sabtu (11/2/2023), sejumlah pasukan tampak mulai merapat ke lokasi upacara di Lanud Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 08.30 WIB. Mereka menyusun barisan sesuai dengan satuannya.

Personel USAR sendiri didukung oleh satuan anjing terlatih, baik dari SAR Dog dan K9. Tampak pula jajaran berseragam Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, serta petugas kesehatan gabungan dari Polri, Kementerian Kesehatan, hingga RSCM.

Upacara pelepasan pasukan ke Turki tersebut dihadiri oleh Menko PMK Muhadjir Efendi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Sebelumnya, Polri mengirimkan sejumlah personel operasi kemanusiaan dalam rangka membantu penanganan bencana gempa bumi yang terjadi di Turki dan Suriah.

 

4 dari 4 halaman

Perintah Jokowi

Selepasan tim bantuan gempa Turki dan Suriah ini dilakukan langsung oleh Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto di Lapangan Baharkam Polri, Jakarta Selatan, Kamis (9/2/2023).

Arief menyampaikan, pengiriman bantuan itu sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Indonesia dalam melaksanakan tugas solidaritas internasional akan mengirimkan satuan tugas yang dikoordinasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan SAR Nasional (Basarnas).

"Polri mengirimkan tiga unsur yakni tim medis, DVI (disaster victim identification) dan tim K9 (anjing pelacak), dengan total personel sebanyak 26 orang," tutur Arief.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat