uefau17.com

Paspor Terkuat di Dunia 2023, Jepang Masih Bertahan di Urutan Pertama - Bisnis

, Jakarta Bulan ini, Asosiasi Transportasi Udara Internasional merilis Indeks Paspor Henley 2023 yang mengungkapkan paspor paling kuat di dunia.

Indeks Paspor Henley mengukur akses bebas visa ke 227 tujuan di seluruh dunia. Ini memeringkat paspor dunia menurut jumlah tujuan yang dapat diakses pemegangnya tanpa visa sebelumnya.

Temuan utama dari indeks tersebut adalah “hubungan langsung antara kekuatan paspor dan akses ke ekonomi global”.

Misalnya, paspor Jepang memberikan akses bebas visa ke 193 tujuan, yang merupakan 98 persen dari ekonomi global. Di sisi lain, warga negara dengan peringkat terendah dalam indeks seperti Afghanistan, Irak (skor bebas visa 29), dan Suriah (skor bebas visa 30) secara efektif menutup berbagai peluang untuk mobilitas dan pertumbuhan ekonomi.

Paspor Terkuat Nomor 1 di Dunia: Jepang

Melansir CNBC, Selasa (24/1/2023), Jepang menduduki posisi puncak sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia selama lima tahun berturut-turut.

Pada tahun 2023, pemegang paspor Jepang mengunjungi 193 dari 227 tujuan bebas visa, yaitu 85 persen dunia, menurut data dari International Air Transport Association yang disusun oleh Henley & Partners.

Setelah Jepang, ada beberapa negara lain yang masuk dalam daftar. Berikut ini urutannya:

1. Jepang

2. Singapura dan Korea Selatan

3. Jerman dan Spanyol

4. Finlandia, Italia, dan Luksemburg

5. Austria, Denmark, Belanda, Swedia

6. Prancis, Irlandia, Portugal, dan Inggris

7. Belgia, Republik Ceko, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, dan Amerika Serikat

8. Australia, Kanada, Yunani, dan Malta

9. Hungaria dan Polandia

10. Lituania dan Slovakia

Dua negara lain di Asia menempati peringkat kedua, yaitu Korea Selatan dan Singapura. Kedua paspor di negara tersebut memungkinkan warga negaranya memegang paspor ke 192 negara tanpa visa.

Disusul Jerman dan Spanyol yang berada di urutan ketiga dengan akses ke 190 destinasi.

Sementara paspor AS terlihat di tempat ketujuh dengan Belgia, Republik Ceko, Selandia Baru, Norwegia, dan Swiss. Semua negara menawarkan kunjungan bebas visa warga negara ke 186 negara.

Meskipun Indeks Paspor Henley menyatakan bahwa mereka memperkirakan AS akan tetap solid di nomor tujuh dalam daftar, Global Citizen Solutions Global Passport Index tahun lalu menyebut paspor AS sebagai yang paling kuat di dunia berdasarkan peringkat investasi, kualitas hidup, dan indeks mobilitas yang ditingkatkan pada tahun 2022.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat