uefau17.com

Hotel Penuh Dipesan saat Ajang MotoGP Mandalika, Sandiaga Uno Tawarkan Glamping Saja - Bisnis

, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan prioritas akomodasi penginapan pada perhelatan MotoGP. Rencananya ajang MotoGP Mandalika ini berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

“Akomodasi di Mandalika tentunya kami memprioritaskan ketersediaan akomodasi dan kami memproyeksi penonton yang berasal dari luar negeri dan domestik untuk gelaran MotoGP mencapai total 100 ribu orang,” kata Sandiaga Uno dalam Konferensi Pers, Senin (10/1/2022).

Sandiaga menjelaskan, total akomodasi hotel penginapan hingga Desa wisata di Lombok hanya tersedia sekitar 23.000 unit per Desember 2021.

Berdasarkan data yang dikumpulkan asosiasi hotel di Mataram pada tanggal 3 Januari 2021, kamar hotel di kota Mataram sudah terpesan 90 persen untuk keperluan akomodasi Motogp Indonesia di 2022.

“Kota Mataram sendiri memiliki 2.758 kamar hotel yang sekarang masuk ke dalam anggota asosiasi Hotel Mataram. Pemerintah NTB memprediksi okupansi Hotel di Lombok sepanjang pelaksanaan MotoGP mencapai 100 persen,” ujarnya.

Pemerintah mendorong sarana hunian pariwisata yang dibangun Kementerian PUPR, termasuk homestay yang sudah terbangun di Lombok untuk mengakomodir perhelatan MotoGP ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tawaran Glamping

Saat ini sudah terbangun 300 sarana hunian pariwisata atau homestay yang sedang dalam proses sertifikasi CHSE.

CHSE adalah program Kemenparekraf yang berupa penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Pemerintah juga menawarkan opsi penginapan, yang bekerja sama dengan Bobox dan eiger untuk terlibat dalam penyiapan fasilitas penginapan.

“Contohnya dengan eiger bekerja sama, dan Pemda akan memfasilitasi kemping di kawasan Mandalika atau glamping. Untuk tenda disediakan 100 unit di kawasan camping ground tersebut dimana satu tenda bisa menampung 4 orang dan juga dari bobok cabin diharapkan akan ada persiapan untuk penyediaan kabin,” katanya.

Sementara, untuk akomodasi lainnya seperti toilet, restoran dan sebagainya juga akan terus didorong persiapannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat