uefau17.com

Misi Erick Thohir: BUMN Kuasai Pasar Impor Daging - Bisnis

, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir kembali angkat suara soal rencana pembelian peternakan sapi di Belgia. Dia ingin publik melihat dari sudut pandang bahwa Indonesia selama ini belum bisa lepas dari kebutuhan impor sapi dan daging sapi.

Mantan Bos Inter Milan ini memaparkan strategi, bahwa dirinya ingin perusahaan BUMN yang kerap mendapat penugasan impor daging sapi untuk dapat menguasai pasarnya.

"Strategi jangka pendek, kalau memang kita negara pengimpor daging dan BUMN ditugaskan impor daging, ya tentu kita harus memanfaatkan keuangan yang ada yaitu jadi nilai tambah," ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (4/5/2021).

"Artinya apa, yaudah kita beli aja peternakan sapinya. Toh impor juga, bukan berarti kita membohongi diri. Justru dengan kita punya peternakan sapi, uangnya rakyat yang tadinya terhambur-hambur untuk impor sekarang kita punya keberpihakan, kita punya ternak sapinya," tegasnya.

Lantas, bagaimana dengan nasib peternakan sapi di Indonesia?

Erick Thohir menyatakan, hal tersebut ada pada konteks yang berbeda. Kementerian BUMN disebutnya perlu bekerjasama dengan instansi lain untuk memastikan peternakan sapi di Indonesia berada dalam kondisi yang lebih sehat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Populasi Sapi Betina Sangat Kurang

Dia kemudian juga menyoroti populasi sapi betina di Indonesia yang terhitung masih sangat kurang. Erick berkesimpulan, pembelian peternakan sapi di Belgia bisa membantu peternak di Indonesia untuk menciptakan sapi berkualitas hasil kawin silang dengan yang lokal.

"Kalau BUMN punya ternak sapi di luar negeri, kan kita bisa memberdayakan fasilitas yang kita punyai, expertise yang kita punyai untuk membantu peternak Indonesia, yang memang sapi betinanya jumlahnya sangat kurang. Belum lagi teknologi kalau sapinya bisa disilangkan supaya bagus," paparnya.

Pembelian peternakan sapi di Belgia ini disebutnya telah mendapat respon dari asosiasi peternakan, yang sepakat bahwa hal tersebut harus dilihat dari konteks yang proporsional.

"Bukan berarti kita anti peternak Indonesia. Justru kita ingin membantu dari konsolidasi bagaimana kebutuhan sapi ini tidak hanya jadi market, tetapi kita jadi satu jalan untuk meng-upgrade peternakan yang ada di Indonesia," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat