uefau17.com

Dermawan, Wanita Terkaya Dunia Sumbang USD 4,2 Miliar ke Ratusan Organisasi - Bisnis

, Jakarta MacKenzie Scott, novelis yang juga merupakan salah satu wanita terkaya di dunia, mendonasikan hampir USD 4,2 miliar kepada 384 organisasi. Donasi ini bagian dari rencana untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya.

Pengumuman tersebut pun diinformasikan hanya 4 bulan setelah Scott menyumbangkan USD 1,7 miliar kepada 116 organisasi, termasuk empat perguruan tinggi dan universitas kulit hitam (HBCU), pada bulan Juli.

"Pandemi kali ini telah menjadi sebuah bola perusak kehidupan masyarakat Amerika yang sedang berjuang. Kerugian ekonomi dan kesehatan pun saatini sangat dirasakan oleh wanita, orang kulit berwarna, dan orang yang hidup dalam kemiskinan, dimana sementara itu hal itu secara substansial meningkatkan kekayaan para miliarder," tulis postingan Scott di situs Medium, seperti melansir CNN Business, Rabu (16/12/2020).

Postingan Scott sendiri juga mencakup daftar ratusan organisasi target donasinya.Ini termasuk penyedia layanan keuangan untuk komunitas yang kekurangan sumber daya, pendidikan untuk individu terpinggirkan, kelompok advokasi hal sipil dan dana kelembagaan diskriminasi.

Mantan istri dari Jeff Bezos tersebut menyatakan bahwa, timnya memeriksa sebanyak lebih dari 6.490 organisasi untuk menentukan kelompok mana yang akan menerima donasinya.

Proses tersebut pun menggabungkan data dengan "saran dan perspektif ahli lapangan, penyandang dana dan pemimpin nirlaba serta relawan dengan puluhan tahun pengalaman."

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Punya Harta USD 60,7 Miliar

Terakhir kali Scott memberikan donasi, dirinya pun menyumbangkan sebesar USD 40 juta kepada Morgan State University, sebuah universitas kulit hitam(HBCU) di daerah Baltimore. Hadiah tersebut pun faktanya menjadi sumbangan pribadi terbesar dalam sejarah Morgan State University.

Scott juga dilaporkan mendonasikan USD 50 juta kepada Prairie View A&M University di Texas. Donasi lain, ke universitas-universitas HBCU seperti, Claflin, Virginia State dan Dillard University.

Organisasi-organisai lain yang juga masuk kedalam daftar donasi Scott antara lain, cabang Goodwill, Meals on Wheels, YMCA, NAACP (dana global untuk wanita) dan ACE (Acces Capital for Entrprenuer). Semua organisasi tersebut bergerak di bidang peminjaman dana terjangkau untuk perusahaan kecil yang kurang terlayani.

"Kami melakukan penelitian ini dan ketekunan yang lebih dalam tidak hanya untuk mengidentifikasi organisasi dengan potensi baik, tetapi juga diharapkan bisa membuka jalan untuk berbagi dengan rasa kepercayaan dan tanpa pamrih," kata Scott dalam postingan tersebut.

Berdasarkan data dari Bloomberg Billionaires Index, Scott sendiri sekarang berada di posisi 18 sebagai orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih sebesar USD 60,7 miliar.

Scott menerima seperempat saham Amazon setelah perceraian dirinya dengan Bezor pada tahun 2019.

 Reporter: Yoga Senjaya Putra

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat