uefau17.com

Cara Mengambil Uang di ATM BRI dengan Aman, Jangan Sampai Lupa Pin - Bisnis

, Jakarta Zaman dahulu, orang-orang menyimpan seluruh uang yang dimiliki di lemari atau tempat tidur. Tak jarang juga orang-orang membawa beberapa jumlah uang tunai dalam jumlah yang banyak di dalam dompet atau tas. Saat kamu bepergian dan kehabisan uang, tentu sangat repot jika harus mengambilnya di rumah hanya untuk mengambil uang.

Ya, itu adalah cara konvensional untuk menyimpan dan mengambil uang. Namun di era yang serba dipermudah ini, kamu sudah tak perlu lagi menerapkan cara konvensional tersebut. Saat ini sudah ada alat yang bisa digunakan untuk mengambil uang di manapun dan kapanpun.

Untuk menyelesaikan permasalahan dalam menyimpan uang, kamu bisa memanfaatkan lembaga penyimpanan uang seperti bank. Ya, bank menawarkan diri menjadi agen yang dapat dipercaya untuk menyimpan uang kamu dengan aman.

Sedangkan untuk mengatasi masalah dalam mengambil uang di manapun dan kapanpun, ATM hadir sebagai solusinya. ATM sendiri adalah kepanjangan dari Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggrisnya adalah Automatic Teller Machine.

Merupakan sebuah mesin, alat ini sudah sangat mudah ditemui di mana saja. Tetapi sebagian orang yang sudah menyimpan uangnya di bank, ada yang belum mengetahui kalau ternyata bisa mengambil uang di ATM tanpa perlu ke teller bank.

Ya, saat kamu sudah menjadi nasabah di salah satu bank, kamu tak hanya diberikan buku tabungan. Kamu juga menerima sebuah kartu yang biasanya adalah kartu debit. Melalui kartu inilah kamu bisa mengambil uang di ATM kapanpun dan dimanapun. Hampir semua bank sudah menyediakan fasilitas seperti ini.

Salah satu bank yang memiliki fasilitas mesin ATM adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Buat kamu yang telah menjadi nasabah BRI dan belum mengetahui bagaimana cara mengambil uang di ATM BRI, berikut telah menyiapkannya. Telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019), ini cara mengambil uang di ATM BRI yang perlu kamu coba.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Dirangkum dari berbagai sumber, begini cara mengambil uang di ATM BRI:

1. Pastikan terlebih dahulu pecahan uang apa yang ingin kamu ambil. Terdapat beberapa pilihan pada mesin ATM BRI yaitu RP 50.000 atau Rp 100.000. Biasanya nominal pecahan uang tertera pada mesin ATM.

2. Masukkan kartu ATM BRI kamu ke dalam mesin ATM BRI.

3. Pastikan logo BRI berada di posisi atas.

4. Kemudian pilih bahasa yang kamu ingin gunakan selama proses mengambil uang.

5. Pada layar akan muncul pesan berupa tips aman bertransaksi di ATM, lalu kamu cukup pilih Lanjutkan.

6. Selanjutnya adalah memasukkan pin ATM kamu yang berjumlah 6 digit. Jangan sampai salah sebanyak 3 kali. Kalau salah hingga 3 kali, maka kartu ATM kamu akan diblokir.

7. Lalu akan muncul tampilan nominal angka rupiah yang akan kamu tarik. Jika jumlah nominal yang kamu inginkan ada di layar mesin ATM, maka kamu cukup menekan nominal yang kamu inginkan.

8. Jika tidak ada pilihan transaksi yang sesuai dengan pilihan kamu, kamu bisa pilih Penarikan Tunai, kemudian masukkan jumlah nominal yang diinginkan.

9. Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar beserta dengan resinya.

10. Namun ada beberapa mesin ATM yang tidak mengeluarkan resi. Hal ini dikarenakan kertas resi habis atau memang disetting agar sisa saldo hanya diberitahukan melalui layar mesin ATM saja.

11. Terakhir akan muncul tulisan, Apakah Anda ingin Melanjutkan Transaksi Lain? Jika kamu memilih Tidak, maka kartu ATM akan keluar.

12. Pastikan semua hal penting sudah berada di tempat yang aman sebelum kamu keluat dari ATM. Pastikan uang dan kartu ATM sudah masuk ke dalam tas atau dompet kamu.

3 dari 4 halaman

Cara Mengambil Uang di ATM Bersama

Untuk menggunakan mesin ATM Bersama ini, tak semua kartu ATM bisa digunakan pada mesin ATM bersama. Oleh karena itu, cek kartu ATM kamu terlebih dahulu. Apakah terdapat logo ATM Bersama atau tidak. Kalau ada, berarti kamu bisa menikmati fasilitas ATM Bersama ini. Ini cara mengambil uang di ATM Bersama:

1. Setelah memastikan kartu ATM kamu ada logo ATM Bersama, pastikan juga mesin ATMnya. Pastikan terdapat logo ATM Bersama pada mesin ATM. Jika ada, kamu bisa menggunakan mesin ATM tersebut.

2. Kemudian pastikan terlebih dahulu pecahan uang apa yang kamu inginkan, Rp 50.000 atau Rp 100.000. Kamu bisa melihatnya pada bagian pojok kanan atas mesin ATM.

3. Setelah itu lakukan cara yang sama seperti cara mengambil uang di ATM BRI tadi.

 

4 dari 4 halaman

Cara Mengambil Uang di ATM Agar Tetap Aman

Maraknya kejahatan yang terjadi di ATM membuat semakin banyaknya korban yang kehilangan seluruh saldo di tabungannya. Seringkali bobolnya rekening disebabkan oleh kelalaian para korban.

Oleh karena itu, kamu sebaiknya perlu mengetahui beberapa tips aman saat mengambil uang di ATM. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini cara mengambil uang di ATM agar tetap aman.

1. Perhatikan kondisi ATM

Ada bebrapa modus yang dilakukan oleh para pelaku untuk membobol uang di ATM. Ya, salah satunya adalah dengan meletakkan alat di lubang saat memasukkan ATM.

Biasanya akan terlihat seperti ada perekat atau isolasi yang ditempelkan di mulut ATM. Alat ini nantinya akan mencopy data kamu atau korban yang dimasukkan kartu ATM. Sebaiknya kamu menghindari ATM yang mencurigakan seperti ini.

2. Tutup keyboard saat memasukkan nomor PIN dengan tangan

Hal ini berfungsi agar nomor PIN ATM kamu tetap aman. Walaupun sedang tidak ada orang yang mengantre di belakang kamu, namun harus tetap waspada. Karena modus lainnya adalah pelaku menaruh kamera tersembunyi yang bisa mengintai dan mengetahui nomor PIN kamu.

3. Usahakan ganti nomor PIN secara berkala agar lebih aman

4. Jangan pernah memberitahu nomor PIN ke orang lain yang belum akrab

5. Saat mengambil uang di ATM pada malam hari, usahakan memilih tempat ATM yang tidak sepi dan waspada pada orang-orang sekitar.

6. Kalau kartu ATM kamu tertelah, minta tolong segera kepada petugas satpam ATM setempat agar dilakukan tindakan lebih lanjut.

7. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru kamu kenal saat di mesin ATM dengan modus penawaran apapun.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat