uefau17.com

Hal yang Dapat Anda Lakukan Saat Terima Gaji - Bisnis

, Jakarta - Waktu gajian adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh setiap pekerja di seluruh dunia. Baik itu di akhir bulan ataupun awal bulan, tergantung pada kesepakatan setiap perusahaan, tentu menjadi waktunya para pekerja untuk kembali hidup dengan adanya gaji setiap bulan.

Namun, terkadang yang menjadi kendala adalah bagian menggunakan uang gajian tersebut. Untuk beberapa orang yang belum begitu pandai dalam mengatur keuangan setiap bulan, tentu hal ini bisa menjadi sebuah permasalahan baru bagi mereka.

Oleh karena itu, berikut hal yang bisa dilakukan ketika menerima gaji di akhir atau awal bulan seperti dikutip dari www.cermati.com, seperti ditulis Minggu (2/10/2016):

1. Mengecek jumlah gaji

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengecek kembali jumlah dari gaji yang didapatkan. Coba bandingkan dengan slip gaji yang diberikan atasan Anda apakah jumlahnya cocok atau tidak.

Hitung pula uang tambahan apabila Anda melakukan lembur di bulan tersebut. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan sesegera mungkin, karena untuk beberapa perusahaan kesalahan sistem dalam pembayaran gaji tidak bisa lagi diubah dan diprotes apabila melewati jangka waktu tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buat Anggaran Pengeluaran Wajib

2. Buatlah anggaran pengeluaran wajib

Di kala mendapatkan gaji bulanan, tentu hal pertama yang harus Anda bayarkan adalah utang dan juga kebutuhan pokok setiap bulan.

Cobalah untuk membuat data pengeluaran seperti uang listrik, pulsa HP, uang makan selama sebulan, biaya transportasi dan juga biasanya anak sekolah apabila Anda sudah berkeluarga.
Usahakan untuk menggunakan gajian Anda untuk hal tersebut terlebih dahulu, dibandingkan kebutuhan lainnya.

3. Menabung demi masa depan yang lebih baik

Selain itu, Anda pun arus menyisakan beberapa dari gaji untuk ditabungkan. Menabung adalah hal yang paling penting dalam hidup kita. Menabung adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjamin masa depan Anda dan juga masa depan keluarga.

Coba sisihkan beberapa persen dalam uang gajian Anda untuk ditabungkan di tempat khusus atau rekening khusus.

Selain itu, menabung pun dapat dilakukan dengan menggunakan cara lainnya. Cara lain tersebut yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginvestasikan uang ke asuransi. Ada berbagai macam jenis asuransi antara lain asuransi jiwa, asuransi kesehatan, sampai asuransi pendidikan anak.

Anda bisa menyetorkan uang setiap bulan untuk asuransi tertentu, di mana asuransi tersebut tentu akan berguna apabila pada waktunya dibutuhkan. Namun, asuransi pun harus disesuaikan dengan besarnya pendapatan Anda.

Apabila Anda masih memiliki gaji yang tidak terlalu besar, sangat dianjurkan untuk mengikuti program asuransi tidak terlalu banyak. Hal ini tentu ditujukan agar beban Anda tidak terlalu berat ketika harus membayar asuransi setiap bulan.

3 dari 3 halaman

Buat Rekening

4. Membuat rekening

Menyambung ke poin-poin sebelumnya perihal kebutuhan wajib dan juga keharusan untuk menabung, cara ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu terlaksananya kedua poin tersebut.

Anda bisa membuat dua jenis rekening untuk membagi uang gajian. Seketika setelah mendapatkan uang gajian, Anda harus segera membagikannya untuk kedua rekening tersebut.

Untuk masalah jumlahnya, hal ini bergantung pada kesepakatan Anda dengan keluarga. Rekening pertama digunakan untuk menyimpan uang kebutuhan sebulan, dan apabila masih tersisa, barulah Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan tambahan lainnya.

Sedangkan rekening kedua digunakan untuk menyimpan uang tabungan atau uang tagihan asuransi setiap bulan.

Dalam hal ini, uang di rekening ini tidak bisa diganggu gugat. Uang yang berada di dalamnya hanya digunakan untuk keperluan di masa depan atau keperluan yang sifatnya dadakan dan sangat penting. (Ahm/Ndw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat