uefau17.com

Karamah: Keutamaan Minum Sambil Duduk - TV

, Jakarta - Selalu ada hikmah di balik sunah yang diajarkan Rasulullah SAW. Seperti dalam etika minum, Rasulullah mengajarkan agar minum dilakukan sambil duduk. Ternyata cara seperti itu bisa melindungi kesehatan lambung.

Islam banyak mengatur berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam kegiatan keseharian seperti makan dan minum. Rasulullah SAW mengajarkan adab minum bagi umatnya, agar dilakukan sambil duduk.

Perintah ini antara lain ditegaskan dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim "Laa yasyrabanna ahada minkum qaaiman", yang artinya "Sungguh janganlah salah seorang dari kamu minum sambil berdiri".

Berdasarkan analisis medis, minum yang dilakukan sambil duduk banyak membawa kebaikan bagi tubuh. Ini antara lain dikemukakan dosen anatomi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta doktor Azwar Habibi.

Jika minum dilakukan sambil berdiri, maka aliran air dari kerongkongan menuju lambung akan lebih deras dan mengenai dinding lambung dengan lebih keras. Ini berisiko mengakibatkan luka pada dinding lambung atau tukak lambung.

Sedangkan jika minum dilakukan sambil duduk, maka air akan mengikuti alur lipatan-lipatan dalam tubuh dan tidak langsung jatuh ke lambung, sehingga melindungi lambung dari luka. Penyerapan air pun menjadi menjadi lebih bagus.

Sudahkan Anda menerapkan kebiasaan baik ini? Simak ulasan selengkapnya dalam Karamah (Kamus Ramadan Membawa Hikmah) yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (20/6/2015). (Nda/Mvi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat