uefau17.com

`Operator Selular Akan Kerepotan Tahun Depan` - Tekno

Bertumbuh pesatnya ekosistem perangkat mobile turut mendorong tingginya tingkat penggunaan layanan data internet. Hal ini tentunya menjadi kondisi yang sangat menguntungkan bagi para operator selular selaku penyedia jasa layanan data internet.

Namun begitu, pakar dan pengamat teknologi telekomunikasi Teguh Prasetya memperkirakan para operator selular akan sedikit kerepotan dalam mengakomodasi kebutuhan layanan data internet pelanggan yang membludak di tahun 2014 mendatang.

"Tahun depan menurut data yang dirilis lembaga riset Nixon, di Indonesia akan ada sekitar 300 juta pengguna ponsel selular. Dari kesemuanya, sekitar 70 hingga 80 juta diprediksi akan menjadi pelanggan layanan data internet," terang Teguh di acara diskusi bertajuk 'Tren Tablet+Gadget di Tahun 2014' yang diselenggarakan di Kartika Chandra Hotel, Jakarta.

Dengan jumlah tersebut, para operator selular di Indonesia diharapkan mampu memberikan pelayanan yang jauh lebih baik . Sebab jika tidak, pelanggan akan segera berpindah hati ke operator selular lain yang mampu menawarkan kualitas layanan data internet lebih baik.

Pengamat dunia telekomunikasi yang juga mantan petinggi Indosat itu menyatakan, "operator harus siap, infrastruktur dan teknologi pendukung harus dipersiapkan secara matang. Pelanggan akan lebih kritis, sekali saja dibuat kecewa mereka akan berpindah ke operator lain."

Berdasarkan data yang dirilis Nixon, pertumbuhan ekosistem perangkat mobile memang belum akan meredup, setidaknya hingga tahun 2017 mendatang. Penggunaan data internet dari perangkat mobile juga akan terus bertumbuh  rata-rata 66% tiap tahunnya hingga 2017 nanti. (dhi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat