uefau17.com

Iri sama Android, Apple bakal Rilis Fitur Chatbot AI untuk iPhone di Update iOS 18 - Tekno

, Jakarta - Melihat perkembangan HP Android yang telah menerapkan chatbot AI, Apple sepertinya tak mau kalah dengan menghadirkan fitur serupa di pembaruan iOS 18 yang tak lama lagi akan diperkenalkan.

Menurut laporan Bloomberg, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Rabu (22/5/2024), Apple dilaporkan sedang mengejar ketertinggalan dari perusahaan lain dengan menghadirkan fitur AI di iPhone.

Kendati demikian, laporan tersebut mengungkapkan bahwa fitur AI yang dikembangkan sendiri oleh Apple tidak sebanyak fitur dari Google dan OpenAI.

Di iOS 18 mendatang, Apple berpotensi mengadopsi pendekatan hybrid untuk fitur AI-nya, di mana pendekatan tersebut memanfaatkan Neural Engine pada perangkat yang dapat menangani fitur AI offline. Sementara solusi cloud perusahaan dapat digunakan untuk fitur yang lebih kompleks.

Meski dirumorkan bakal menghadirkan fitur chatbot, Apple dilaporkan akan menahan diri untuk tidak memperkenalkan chatbot AI-nya sendiri, karena mereka masih belum yakin dengan teknologi yang dimiliki saat ini.

Sebaliknya, mereka bakal menghadirkan chatbot bertenaga ChatGPT kepada pengguna iPhone melalui kemitraannya dengan OpenAI.

Selain itu, iOS 18 dapat meningkatkan fungsionalitas Siri agar lebih praktis dan komunikatif. Pengguna juga dapat melihat fitur-fitur seperti ringkasan notifikasi cerdas, sinopsis artikel berita cepat, pengeditan foto berbasis AI, transkrip rekaman audio, pengisian otomatis yang ditingkatkan di aplikasi kalender, dan masih banyak lagi.

Apple dikabarkan akan memperkenalkan iOS 18, iPadOS 18, macOS 15, dan watchOS 11 di gelaran WWDC24 pada 10-14 Juni 2024. Diperkirakan acara itu akan berfokus pada penerapan AI yang akan hadir di seluruh perangkat Apple pada akhir tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Kejutan Apple di WWDC 2024?

Apple dijadwalkan akan menggelar acara tahunan mereka Worldwide Developers Conference (WWDC) pada 10 Juni hingga 14 Juni 2024.

Dalam WWDC 2024 ini, perusahaan berbasis di Cupertino, Amerika Serikat (AS) akan menjadi menungkap iOS 18.

Rumor saat ini menyebutkan, iOS 18 akan menampilkan sejumlah peningkatan Siri dan fitur baru AI (kecerdasan buatan).

Disebutkan, pertama kalinya OS untuk iPhone ini akan dirombak besar-besaran sejak diluncurkan pertama kali iOS ini diluncurkan pada 2007.

Kini, Mark Gurman dari Bloomberg mengungkap informasi baru tentang fitur baru apa saja yang akan hadir di update iOS 18 mendatang.

Dilansir Mark Gurman, Senin (29/4/2024), Apple akan merombak banyak aplikasi bawaan di iOS 18, termasuk Mail, Notes, Photos, dan Fitness.

Selain di iOS, perusahaan disebut-sebut akan menghadirkan pembaruan OS ini ke iPadOS 18 dengan memperkenalkan aplikasi kalkulator bawaan di iPad.

Dengan kehadiran iOS 18 dan iPadOS 18, pengguna seharusnya dapat menyematkan ikon aplikasi di mana saja di layar utama, meskipun itu berarti ikon tersebut ditempatkan di luar grid biasa.

Walau fitur AI ini membuat banyak iPhone dan iPad tergiur, Gurman mengatakan jangan berharap iOS 18 menyertakan jumlah perubahan desain seperti di iOS 7.

3 dari 4 halaman

Apple dan OpenAI Semakin Mesra, Tanda Fitur AI Generatif Segera Hadir di iPhone?

Apple dan OpenAI kembali membuka pembicaraan untuk mengintegrasikan sejumlah fitur AI ke iOS 18, sebagaimana diungkap oleh Mark Gurman.

Diketahui, Apple saat ini juga kabarnya sedang membangun model bahasa besar miliknya sendiri untuk mendukung sejumlah fitur di iOS 18.

Namun, pembicaraan perusahaan berbasis di Cupertino dengan OpenAI tersebut lebih kepada "chatbot atau komponen pencarian", sebagaimana dilansir Bloomberg, Sabtu (27/4/2024).

Selain OpenAI, Apple juga saat ini sedang melakukan pembicaraan dengan Google untuk melisensikan Gemini, chatbot AI milik Google di iOS 18.

Perusahaan pembuat iPhone tersebut masih belum memutuskan apakah akan bekerja sama dengan OpenAI, atau Google untuk mengintegrasikan AI ke iOS 18.

Hingga kini, Apple memang masing tutup mulut mengenai fitur AI di iPhone. Padahal, mayoritas perusahaan teknologi di AS sudah berlomba-lomba mengembangkan kecerdasan buatan untuk produk mereka.

4 dari 4 halaman

Cara Ikut Acara WWDC 2024

Apple mengumumkan bakal menggelar konferensi pengembang tahunan mereka, the Worldwide Developer Conference alias WWDC 2024.

Adapun gelaran WWDC 2024 dijadwalkan berlangsung pada Senin-Jumat 10-14 Juni 2024. Acaranya akan berlangsung di Apple Park pada 10 Juni.

Lebih lanjut, konferensi pengembang ini akan bisa diakses online bagi para pengembang di seluruh dunia, secara gratis.

Cara untuk mendaftarnya, para pengembang hanya perlu masuk ke laman pengembang Apple lalu klik Request to attend untuk bisa mendapatkan kesempatan. Selanjutnya, Apple akan mengumumkan apakah seseorang terpilih untuk mengikutinya.

Mengutip Gizchina, Jumat (29/3/2024), pada konferensi pengembang WWDC 2024 ini, Apple akan mengungkap sejumlah fitur baru yang menarik serta update software berbagai platform mereka.

Para pengembang juga bisa mempelajari berbagai kemampuan dari iOS 18, iPadOS 18, tvOS18, MacOS 15, watchOS 11, dan visionOS 2.

Tentunya hal tersebut bakal menjadi kesempatan emas bagi pengembang untuk bisa mengintip apa yang dikerjakan Apple.

Salah satu highlight dari Apple WWDC 2024 tentunya adalah sesi keynote yang dijadwalkan berlangsung Senin, 10 Juni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat