uefau17.com

5 Tips Jitu Menjaga Keamanan Data di Era Digital - Tekno

, Jakarta - Di era digital ini, kebanyakan dari Anda pasti sudah tidak lagi menyimpan kenangan berharga di dalam album foto.

Sekarang, foto, video, dan dokumen penting sudah tersimpan dalam format digital, sehingga dapat diakses dengan mudah kapan dan dimana saja.

Namun, data digital sangat rawan hilang atau rusak bila tidak tersimpan dengan baik di dalam perangkat.

Bayangkan foto pernikahan Anda lenyap ditelan virus! Mengerikan, bukan? Jangan panik! Seagate membagikan 5 jurus ampuh untuk menjaga kenangan digital Anda:

1. Rutin Mencadangkan Data, Kunci Keamanan Utama

Cadangkan data Anda secara rutin, minimal seminggu sekali. Gunakan software backup seperti pra-instal Windows, sinkronisasi cloud, atau layanan backup online lainnya.

2. Diversifikasi Data, Meminimalisir Risiko

Terapkan aturan 3-2-1 untuk meminimalisir risiko kehilangan data. Apa itu 3-2-1? Simpan 3 versi data (1 asli, 2 salinan) di 2 media berbeda (misalnya, penyimpanan lokal dan cloud) dengan 1 solusi tempat penyimpanan terpisah.

3. Keamanan Data, Tak Bisa Ditawar

Pastikan sistem backup Anda aman dari serangan siber. Gunakan layanan pencadangan cloud yang menawarkan keamanan ekstra dan memudahkan pemulihan data.

4. Kapasitas dan Biaya, Sesuaikan Kebutuhan

Berapa banyak data yang Anda miliki? Pertimbangkan kapasitas dan biaya penyimpanan. Kombinasi penyimpanan lokal dan cloud bisa menjadi pilihan.

5. Perangkat Lunak Pencadangan, Mempermudah Proses

Gunakan software backup untuk mengotomatiskan proses, seperti pra-instal Windows, sinkronisasi cloud, dan layanan backup online dapat menjadi pilihan.

"Hari Backup Data Sedunia mengingatkan kita untuk memprioritaskan pencadangan data," ujar Joyce Lim, Seagate ASEAN Regional Sales Lead.

Kehilangan data bisa merepotkan, terutama jika melibatkan aset berharga seperti foto pribadi atau catatan bisnis. "Cadangan data di berbagai tempat dan perangkat memberikan perlindungan ekstra."

Seagate sendiri menawarkan berbagai solusi penyimpanan data, mulai dari hard disk eksternal hingga SSD, untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan bisnis.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sony Gandeng Seagate Geber Produksi HDD untuk Kebutuhan AI

PS5. (Doc: Sony PlayStation)

Sony akan melakukan produksi dioda laser secara massal yang diharapkan dapat membantu melipatgandakan kapasitas Hard Disk Drive dan bisa memenuhi permintaan pasar yang semakin besar.

Sony Group dikabarkan bekerja sama dengan perusahaan teknologi asal AS, Seagate Technology dalam produksi massal Hard Disk Drive (HDD) untuk memenuhi permintaan AI yang semakin meningkat.

Mengutip Nikkei, Selasa (20/2/2024), Sony Semiconductors Solutions memperikrakan akan memulai produksi massal laser yang digunakan untuk HDD pada Mei 2024, dan akan melakukan investasi sekitar 5 miliar Yen (sekitar USD 33 juta).

Teknologi yang akan dipakai oleh Sony Semiconductors Solutions menggunakan teknologi HDD yang sangat presisi, memungkinkan laser dapat ditembakkan pada titik yang sangat sempit, sekitar 1 sepersejuta milimeter.

Teknologi tersebut memungkinkan laser yang bersuhu 400 derajat atau lebih tinggi untuk menyentuh area permukaan disk.

Dengan metode ini, file yang dapat ditulis di HDD menjadi lebih banyak dan memungkinkan HDD meningkatkan kemampuan dalam penyimpanan data.

 

3 dari 3 halaman

Penggunaan HDD Baru yang Hemat Listrik Hingga 40 Persen

Hard Disk, Hard Disk Drive, HDD. Kredit: bohed via Pixabay

Dengan semakin banyak startup dan perusahaan yang melakukan uji coba terhadap kecerdasan buatan (AI), permintaan terhadap data center semakin meningkat.

Perusahaan riset asal Jerman, Statista, memperkirakan produksi data global akan mencapai 181 zettabyte (satu zetta adalah satu miliar kali satu triliun) pada tahun 2025, meningkat 90% dari tahun 2022. 

Namun, data center memerlukan lahan dan energi listrik yang cukup besar, menjadikan data center sulit untuk dibangun secara cepat dengan jumlah yang masif.

Teknologi HDD terbaru dari Sony diharapkan dapat membantu kedua persyaratan tersebut. memungkinkan penyimpanan data dua kali lebih besar di area yang sama dan mengurangi konsumsi listrik sekitar 40%.

Dengan bantuan Seagate, yang terkenal sebagai pemain besar di industri data storage, Sony berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan HDD yang semakin meningkat.

Kerjasama antar dua perusahaan ini menandakan upaya untuk memanfaatkan kekuatan dari kedua perusahaan untuk mengatasi tantangan yang terjadi berkat penggunaan AI yang kian luas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat