uefau17.com

Hideo Kojima Umumkan Game Death Stranding Bakal Rilis di Mac Apple - Tekno

, Jakarta - Hideo Kojima, pencipta Kojima Productions dan Metal Gear, mengumumkan game Death Stranding: Director's Cut akan diluncurkan untuk perangkat komputer Mac akhir tahun ini.

Hal itu diungkapnya dalam penampilan kejutannya di gelaran Worldwide Developer Conference atau WWDC 2023 yang digelar oleh Apple, pada hari Senin waktu setempat.

Selain itu, menurut Kojima, memboyong Death Stranding untuk MacOS baru permulaan untuk Kojima Productions, di platform-platform Apple.

"Melihat karya terbaik tim saya menjadi nyata di Mac adalah impian saya," kata Kojima yang mengklaim sebagai "penggemar berat Apple" sejak membeli Mac pertamanya di 1994.

"Sekarang kita memasuki era baru untuk bermain game di Mac. Saya harap pembuat game di mana saja akan memanfaatkan kekuatan ini untuk mengembangkan pengalaman baru yang menarik dan revolusioner," ujarnya.

"Ini baru permulaan, dan kami bekerja secara aktif untuk membawa judul masa depan kami ke platform Apple," Kojima menambahkan, seperti dikutip dari Polygon, Selasa (6/6/2023).

Meski begitu, Hideo Kojima maupun Apple belum mengumumkan lebih lanjut kapan Death Stranding: Director's Cut akan dirilis untuk Mac.

Penampilan singkat dari Hideo Kojima juga tak lama usai Apple memperkenalkan dua fitur baru untuk MacOS.

Pertama adalah Game Mode, untuk memastikan game mendapatkan prioritas tertinggi pada CPU dan GPU selama bermain; serta Game Porting Toolkit for Metal, untuk memudahkan pengembang untuk membuat game berjalan di Mac besutan Apple.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beberapa Game yang Bakal Rilis untuk Mac

Meski Apple sudah menyatakan dukungan untuk game di Mac selama beberapa waktu, tapi banyak developer yang tidak merilis game PC untuk perangkat keras dari pembuat iPhone itu.

Di kalangan gamer, perangkat Mac juga lebih dikenal untuk kegiatan produktivitas, alih-alih untuk bermain game.

Namun, beberapa game terbaru juga sudah mulai rilis untuk Mac. Sebut saja Resident Evil Village, lalu yang diumumkan pekan lalu seperti No Man's Sky, serta game petualangan kucing Stray.

Di WWDC pula, Apple memperkenalkan versi terbaru dari sistem operasi desktop mereka, macOS Sonoma. Mengutip The Verge, fitur-fitur utamanya antara lain adalah dukungan untuk widget di desktop, game mode baru, dan aerial screensaver yang bergerak.

Berdasarkan strategi rilis Apple di tahun-tahun sebelumnya, update yang juga dikenal sebagai macOS 14, akan segera tersedia untuk developer beta pengembang dan sebagai public beta dalam beberapa minggu mendatang.

Sementara, kehadirannya ke seluruh pengguna Mac dijadwalkan pada akhir tahun ini.

3 dari 4 halaman

Apple Luncurkan MacBook Air 15 Inci Pakai Chip M2

Melalui WWDC 2023 juga, Apple memperkenalkan laptop MacBook Air 15 inci baru, yang telah menggunakan chip M2.

Mengutip siaran pers di laman resmi Apple, Selasa (6/6/2023), MacBook Air baru ini menampillkan layar Liquid Retina 15,3 inci dengan resolusi tinggi yang luas.

Kecerahannya mencapai 500 nits dengan dukungan untuk 1 miliar warna. Dibandingkan laptop PC yang dibandingkan, perangkat ini memiliki resolusi yang dua kali lipat dan 25 persen lebih terang.

Apple mengklaim laptop ini sebagai laptop 15 inci paling tipis di dunia, dengan ketebalan hanya 11,5 mm. Ini juga hampir 40 persen lebih tipis dan 0,2 kg lebih ringan dari laptop PC yang sebanding.

Fitur lainnya adalah pengisian daya MagSafe, dua port Thunderbolt untuk menyambungkan aksesori hingga layar eksternal 6K, hingga headphone jack 3,5 mm.

Mendapatkan tenaga dari chip M2, MacBook Air 15 inci disebut memiliki kinerja hingga 12 kali lebih cepat dibanding MacBook Air berbasis Intel yang paling cepat.

Jika dibandingkan dengan laptop 15 inci yang paling laris dengan prosesor Core i7, perangkat ini diklaim dua kali lebih cepat. Masa pakainya juga mencapai 18 jam, yang berarti 50 persen lebih lama dibandingkan PC.

4 dari 4 halaman

Harga MacBook Air 15 Inci Terbaru

MacBook Air 15 inci baru juga membawa kamera FaceTime HD 1080p. Didukung chip M2, pengguna akan mendapatkan tampilan yang lebih baik saat melakukan panggilan video.

Rangkaian tiga mikrofon menangkap audio yang bersih menggunakan algoritme beamforming, sehingga pengguna dapat melakukan panggilan video dengan keras dan jelas.

MacBook Air 15 inci juga menghadirkan sistem suara enam speaker baru, dengan dua tweeter dan dua set force-cancelling woofer.

Speaker baru akan menghadirkan kedalaman bass dua kali lipat untuk suara yang lebih penuh, dan Spatial Audio dengan dukungan Dolby Atmos.

MacBook Air baru juga akan menggunakan macOS Ventura, kemudian macOS Sonoma saat dirilis musim gugur ini. Sementara memorinya bisa dikonfigurasi sampai 24 GB dengan penyimpanan sampai 2 TB.

Di Amerika Serikaat, laptop Apple baru ini dipasarkan dengan harga mulai dari USD 1299 (sekitar Rp 19,2 juta) dan untuk pendidikan di harga USD 1199 (sekitar Rp 17,7 juta).

(Dio/Dam)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat