uefau17.com

BOOM Esports Juarai Valorant Challengers Indonesia Split 2, Siap Berlaga di Asia Pasifik - Tekno

, Jakarta - Setelah berbulan-bulan melalui kompetisi sengit di skena Valorant Indonesia, laga esports Valorant Challengers Indonesia-Split 2 resmi berakhir dengan dinobatkannya tim BOOM Esports sebagai juara.

Adapun Valorant Challengers Indonesia-Split 2, yang diselenggarakan Riot Games ini merupakan salah satu turnamen esports terbesar di kancah esports Valorant di Indonesia.

Mulai 14 Maret hingga 4 Juni 2023, turnamen ini diikuti oleh sejumlah nama-nama tim esports besar dan berbakata.

Selama kurang lebih 3 bulan, tim-tim peserta Valorant Challengers Indonesia-Split 2 berkompetisi dalam rangkaian pertandingan dan melalui babak penyisihan untuk memperebutkan slot di babak Main Event.

Pada babak Main Event, enam tim teratas saling berhadapan dalam pertempuran sengit untuk meraih gelar juara Valorant Challengers Indonesia-Split 2.

Namun, tim BOOM Esports masih terlalu kuat untuk tim-tim di babak playoffs. Mereka berhasil mengalahkan semua lawan dengan skor telak, tanpa kehilangan satu map pun.

Dengan kemenangan ini, BOOM Esports berhak mendapatkan hadiah sebesar USD 10.000 USD dan satu tiket di Ascension Pacific.

Informasi, Ascension Pacific sendiri adalah sebuah turnamen komunitas internasional  di mana para juara Valorant Challengers dari berbagai negara di kawasan Asia Pasifik akan bertanding.

Rencananya, VCT Ascension Pacific akan diselenggarakan pada tanggal 28 Juni - 9 Juli di Thailand. BOOM Esports akan mewakili Indonesia bersaing dan berhadapan dari tim - tim Valorant dari seluruh penjuru Asia Pasifik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komitmen Riot Games di Kancah Esports Valorant Indonesia

BOOM Esports Juara Valorant Challengers Indonesia Split 2

Riot Games selaku penyelenggara Valorant Challengers Indonesia-Split 2 mengucapkan selamat kepada BOOM Esports atas prestasinya sebagai juara.

Riot Games juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh peserta dan tim yang telah berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Dengan adanya kompetisi Valorant Challengers Indonesia ini, Riot Games berdedikasi untuk memberikan kesempatan bagi pemain profesional dan amatir untuk terlibat dalam permainan dan mengejar impian mereka di esports.

“Kami sangat senang dengan Valorant Challengers Indonesia yang menampilkan pertumbuhan dan potensi luar biasa dari kancah esports di Indonesia,” ucap Resha Adi Pradipta selaku Riot Games Country Manager for Indonesia and Malaysia.

"Kami menyadari bakat luar biasa di Indonesia, dan tujuan kami adalah untuk mendukung dan memelihara talenta-talenta yang ada dengan menyediakan ekosistem dan infrastruktur yang kompetitif dengan harapan para pemain dapat memantapkan diri dan berpotensi mewakili negara di panggung global," katanya.

Riot Games juga akan terus menggelar turnamen-turnamen Valorant lainnya di masa depan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

3 dari 4 halaman

Timnas Valorant Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 2023

Roster Timnas Valorant Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja (PBESI)

Usai drama panjang di Final Valorant SEA Games 2023 Kamboja, diputuskan sudah Timnas Indonesia dan Singapura berbagi medali emas dari game tersebut, menjadikannya emas pertama untuk Indonesia dari cabang olahraga esports.

Pantauan Tekno  dari siaran langsung Instagram Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), seluruh atlet Timnas Esports Indonesia maju untuk penerimaan medali emas, sementara Singapura hanya diwakili satu orang saja.

Selain Indonesia dan Singapura yang berbagi emas, Timnas Valorant Filipina dan Vietnam juga menerima medali perunggu.

Sebelumnya, timnas Valorant Indonesia sudah tertinggal satu match dari timnas Singapura dengan skor 0-1. Namun di map ke-2, saat laga berlangsung sengit tiba-tiba pertandingan kedua tim pun harus dihentikan sementara.

Pada saat itu, Timnas Valorant Indonesia mengajukan Technical Pause dengan alasan dugaan Singapura memanfaatkan bug Cyper selama pertandingan berlangsung.

Pada Kamis hari ini (11/5/2023), PBESI akhirnya menyatakan Timnas Valorant Indonesia tidak akan melanjutkan pertandingan babak final setelah tuntutan untuk menjunjung tinggi sportivitas, fair play, dan integritas tidak dipenuhi oleh panitia penyelenggara.

PBESI dengan tegas menyatakan menolak adanya tindak kecurangan yang menciderai nilai-nilai tersebut dan dengan tegas pula menyatakan siapapun yang melakukan tindakan tersebut sudah sepantasnya untuk didiskualifikasi.

4 dari 4 halaman

PBESI Temukan Bukti Kecurangan

Pertandingan antara Timnas Valorant Indonesia melawan Kamboja di SEA Games 2023 (YouTube Valorant Esports Indonesia)

"Sportivitas, fair play, integritas, dan kehormatan merupakan nilai-nilai utama olahraga yang kami dan seluruh pihak harus selalu junjung tinggi," kata Sekretaris Jenderal PBESI Frengky Ong.

"Pelanggaran terhadap nilai-nilai tersebut, serta persoalan-persoalan yang menyangkut integritas dalam pertandingan olahraga merupakan hal yang tidak dapat ditoleransi," imbuh Frengky.

Frengky juga mengatakan bahwa telah ditemukan bukti adanya kecurangan dalam pertandingan final cabor esports Valorant antara Indonesia melawan Singapura yang digelar di Olympia City pada 10 Mei 2023.

PBESI pun dengan tegas menolak tindakan-tindakan yang merusak nilai-nilai olahraga dan SEA Games. "Sikap kami jelas bahwa kami tidak dapat mentolerir tindakan-tindakan tidak terpuji," tulisnya.

Mengutip siaran pers PBESI, dalam pertandingan ini telah ditemukan bukti adanya bug camera Agent Cypher yang dilakukan oleh Timnas Singapura di Map Split.

Tim Singapura menggunakan bug camera cypher tersebut sebanyak 3 kali di map Split saat melawan Timnas Valorant Indonesia. Atlet Indonesia segera menyampaikan keberatan begitu menemukan adanya penggunaan bug pada ronde 8.

Namun pihak wasit belum menghentikan pertandingan dengan dalih tidak mengetahui bahwa camera agent cypher adalah bug yang dilarang untuk dipergunakan. Pertandingan baru dihentikan pada ronde 14.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat