uefau17.com

Pengguna Windows 11 akan Bisa Melihat Semua Password Wi-Fi yang Tersimpan di PC - Tekno

, Jakarta - Hingga kini, Windows 11 telah dirilis sejak 2 tahun lalu dengan membawa berbagai fitur yang bermanfaat bagi penggunanya. Microsoft pun diketahui sedang menguji fitur untuk melihat password (kata sandi) Wi-Fi di Windows 11 Insider Preview Build baru yang telah dirilis ke Dev Channel.

Fitur baru Windows 11 ini akan memungkinkan pengguna melihat semua kata sandi Wi-Fi yang tersimpan di perangkat. Hal ini tentu dapat memudahkan pengguna berbagi kata sandi Wi-Fi dengan orang lain.

Untuk diketahui, sebelumnya pengguna harus menggunakan alat pihak ketiga atau menggali registri untuk menemukan kata sandi Wi-Fi mereka. 

Kata sandi WiFi dan jaringan yang terhubung dengan PC Windows 11 terdapat dalam properti perangkat nirkabel, yang dapat ditampilkan dalam tab keamanan.

Namun kini, pengguna dapat mengetahuinya dengan mengikuti langkah-langkah yang jauh lebih sederhana dengan build baru Windows 11.

Dilansir Gizchina, Selasa (30/5/2023), untuk melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat, pengguna dapat membuka aplikasi “Settings” atau Pengaturan, lalu buka “Network & Internet” atau “Jaringan & Internet” > “Wi-Fi”.

Setelah itu, pengguna dapat melihat daftar jaringan Wi-Fi yang pernah terkoneksi dengan PC di bawah bagian “Manage known networks section”.

Lalu, pengguna bisa melihat kata sandi jaringan dengan memilih salah satunya dan meng-klik tombol “View Wi-Fi security key”. Seketika, kata sandi akan ditampilkan dalam teks biasa. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aplikasi Android Akan Lebih Banyak Tersedia di Windows 11, Manfaatkan Amazon Appstore

Di sisi lain, Microsoft juga telah mengubah sejumlah batasan regulasi di Windows 11, sehingga memungkinkan lebih banyak aplikasi Android dapat berjalan di sistem operasi tersebut.

Kini, perusahaan telah mengizinkan setiap pengembang aplikasi mengirimkan aplikasinya ke Amazon Appstore di Windows 11.

Untuk diketahui, sebelumnya Amazon Appstore di Windows 11 diluncurkan dalam versi beta publik. Pada versi ini, pengguna hanya mendapatkan akses ke sekitar 50 aplikasi Android.

Kemudian, Microsoft meningkatkan jumlahnya menjadi lebih dari 20.000 aplikasi. Kini, Amazon Appstore dilaporkan telah memiliki lebih dari 50.000 aplikasi Android, tetapi tidak akan tersedia secara langsung.

3 dari 4 halaman

Microsoft Berikan Panduan Pembuatan Aplikasi

 

Kendati demikian, seperti mengutip informasi dari Gizchina, Sabtu (27/5/2023), pihak pengembang harus terlebih dahulu mengirimkan aplikasi untuk pengujian agar bisa hadir di Amazon Appstore.

Microsoft pun akan memberikan panduan tentang pembuatan aplikasi yang kompatibel dengan Windows Subsystem for Android (WSA). Panduan ini difokuskan untuk membantu pengembang menyesuaikan faktor-faktor berbeda yang ditetapkan WSA.

Ini merupakan langkah penting untuk membuat WSA dapat berfungsi sebagai lingkungan yang stabil bagi pengembang.

 

4 dari 4 halaman

Amazon App Store Belum Tersedia di Indonesia

Sebagian besar aplikasi Android yang menjalani pengujian di Amazon Appstore berjalan dengan lancar. Dengan aplikasi yang dikompilasi ulang untuk PC Windows 11, Amazon Appstore dapat menyediakan lebih banyak aplikasi untuk pengguna.

Perlu diingat, saat ini Amazon Appstore belum tersedia di Indonesia. Aplikasi ini baru beroperasi di 31 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Prancis, Spanyol, Kanada, Italia, dan lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat